Mengerikan! 7 Kejadian Gempa Bumi Terbesar Sepanjang Sejarah

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut sederet gempa bumi terbesar yang terjadi di berbagai penjuru Dunia termasuk Indonesia yang mematikan di sepanjang sejarah.

INDIFFS.COM – Gempa bumi memang menjadi salah satu bencana yang paling banyak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan besar. Kendati demikian, sejarah mencatat terdapat beberapa peristiwa bencana gempa bumi terbesar di Dunia, yang mengakibatkan ratusan ribu nyawa melayang.

Adapun menurut sejarah, gempa terdahsyat ini pernah terjadi di Negara Chili pada tahun 1950 silam. Gempa tersebut berkekuatan 9,5 skala richter dan merenggut ribuan korban jiwa.

Bahkan, di Indonesia sendiri sempat terjadi gempa bumi disertai dengan tsunami yang terjadi beberapa tahun yang lalu, dan menjadi sebagai gempa terdahsyat di Dunia.

Gempa Bumi Terbesar di Dunia

Melansir dari berbagai sumber, berikut peristiwa bencana alam gempa terparah di sepanjang sejarah dunia hingga tahun ini.

1. Valdivia, Chili Tahun 1960

Pada 21 Mei 1960, guncangan pertama dari serangkaian gempa menghantam Valdivia, Chili. Gempa ini bermagnitudo sebesar 9,5 Skla richter (SR) dan menjadi gempa paling besar di sepanjang sejarah.

Terjadi pada 22 mei tahun 1960 pukul 15.11 waktu setempat, gempa ini berlangsung selama 10 menit lamanya. Sejajar dengan lepas pantai chili dan berjarak sekitar 100 mil (160), gempa ini juga memicu tsunami dengan gelombang setinggi 25 meter.

Gelombang tsunami tersebut bergerak ratusan mil ke wilayah barat menuju Hawaii, Filipina, dan Jepang. Adapun jumlah korban jiwa yang tewas akibat gempa tersebut mencapai 1.000.6000. Selain itu, diperkirakan 3000 orang mengalami luka-luka.

2. Aceh, Sumatra, Indonesia Tahun 2004

Wilayah bagian barat Indonesia dikejutkan dengan gempa bermagnitudo 9,3 skala richter (SR) pada tahun 2004 silam. Guncangan ini berpusat di Samudera Hindia, sehingga sering disebut sebagai gempa bumi Samudera Hindia 2004.

Gempa ini melulu hantarkan wilayah aceh dan memicu gelombang tsunami setinggi 30 meter. Kejadian ini berlangsung antara 8,3 hingga 10 menit lamanya dan menyebabkan seluruh planet bergetar sebanyak satu sentimeter.

Dari kejadian ini, setidaknya mencapai lebih dari 200 juta korban jiwa melayang. Tak hanya itu, 14 negara lainnya turut berdampak peristiwa akibat kejadian tersebut.

3. Prince William Sound, Alaska Tahun 1964

Berselang 4 tahun setelah kejadian di Chili, di Alaska tepatnya di Prince William Sound terjadi guncangan yang dahsyat. Magnitudo guncangan ini diketahui sebesar 9,2 Skala Ritcher (SR).

Tercatat secara instrumental di seluruh dunia, gempa ini mengguncang Alaska selatan selama 4 sampai 5 menit. Selain itu, Tsunami setinggi 8,2 meter muncul akibat bencana alam besar ini.

Dari kejadian tersebut, setidaknya mencapai 139 korban jiwa melayang dan menelan kerugian sebesar 311 juta dolar atau setara dengan Rp4,8 triliun kala itu.

4. Tohoku, Jepang Tahun 2011

Terjadi pada 11 maret 2011 pukul 14.46, goncangan gempa bermagnitudo 9,1 skala ricther (SR) menghantam Negeri Matahari Terbit. Tepatnya di Kota Tohoko, kejadian ini disebut sebagai peristiwa terdahsyat yang terjadi di timur laut Jepang.

Akibat dari kejadian ini ialah terjadinya serangkaian gempa besar lainnya dan gelombang tsunami setinggi 10 meter. Dari kejadian ini, setidaknya memakan 10.000 korban jiwa dan 450.000 orang harus kehilangan tempat tinggal mereka.

5. Kamchatka, Tahun 1952

Peristiwa ini merupakan salah satu kejadian gempa bumi terdahsyat yang pernah melanda Eropa, khususnya di Negara Rusia. Goncangan gempa yang terjadi pada tahun 1952 ini bermagnitudo 9,0 Skala Ricther (SR).

Selain itu, kejadian tersebut mengakibatkan tsunami dahsyat. Yang mana, tsunami tersebut terjadi hingga Selandia Baru, Chile, hingga Peru. Dari kejadian ini setidaknya memakan sekitar 10.000 hingga 15.000 orang meninggal dunia.

6. Lepas Pantai Ekuador, Tahun 1906

Kejadian gempa bumi terdahsyat selanjutnya ialah terjadi di Pantai Ekuador pada 31 Januari 1906. Selain itu, kejadian ini juga telah menewaskan sekitar 500 hingga 1500 korban jiwa.

Goncangan Gempa yang terjadi pada tahun 10906 ini bermagnitudo 8,8 Skala Richter (SR). Akibat dari kejadian tersebut ialah tsunami yang meluas hingga bagian Utara San Fransisco di Pantai Barat Amerika Serikat. Tak hanya itu, tsunami tersebut juga menyebar ke bagian barat di Hawaii dan Negara Jepang.

7.  Pulau Rat, Alaska Tahun 1965

Peristiwa gempa bumi terparah selanjutnya terjadi di Kepulauan Rat, Alaska Pada 2 April 1965 silam. Gempa ini bermagnitudo sebesar 8,7 Skla Richter (SR) dan menjadi gempa paling besar di sepanjang sejarah.

Goncangan tersebut menyebabkan Tsunami 10 meter yang mengakibatkan kerusakan di wilayah tersebut. Selain itu, Tsunami tersebut juga menyebabkan banjir di Pulau Amchitka, dan mengakibatkan kerusakan properti senilai 10.000 dollar AS. Belum diketahui pasti terkait berapa jumlah korban jiwa atau luka-luka.

Nah itulah, beberapa kejadian bencana gempa bumi terbesar yang terjadi di penjuru dunia dari tahun ke tahun dan tercatat dalam magnitudo.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru