Menggemparkan! Ini 7 Letusan Gunung Berapi Terbesar di Dunia

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut sedereret ulasan lengkap seputar 7 daftar letusan gunung berapi terbesar di dunia yang pernah tercatat sejarah. Simak selengkapnya!

INDIFFS.COM –  Letusan gunung api memang menjadi salah satu bencana yang sangat merugikan manusia. Akibatnya, dapat membakar dan merusak bangunan, hutan, hingga kematian. Kendati demikian, sejarah mencatat terdapat beberapa letusan gunung berapi terbesar di dunia yang menewaskan ratusan ribu jiwa.

Bahkan, sejarah mencatat bahwa ada banyak letusan gunung api yang memiliki dampak kehancuran yang tinggi, hingga seluruh penjuru Bumi. Terlebih, letusan gunung api tersebut jauh lebih besar di bandingkan bom atom dan ledakan Tras Bomba sebagai ledakan nuklir terbesar.

Letusan Gunung Berapi Terbesar di Dunia

Melansir dari berbagai sumber, dibawah ini telah kami rangkum sederet peristiwa gunung api meletus terdahsyat di sepanjang sejarah.

1. Gunung Tambora, Indonesia (1851)

Terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Gunung Tambora ini dinyatakan sebagai gunung api yang mengeluarkan letusan api terdahsyat. Bahkan, menurut data dari laporan Oregon State University, peristiwa tersebut dinilai paling mematikan sepanjang sejarah.

Bagaimana tidak, kejadian tersebut menewaskan lebih dari ratusan ribu jiwa dan diklasifikasikan dalam skala 7 VEI (Volcanic Explosivity Index). Akibatnya, menimbulkan kaldera dengan diameter 7 km dan sedalam 1,1 km menjadikannya sebagai kaldera terdalam di dunia.

Bahkan, dampaknya pun tak main-main, diperkirakan ada lebih dari 92.000 nyawa melayang akibat letusan yang terjadi April 1815. Maka tak heran, letusan Tambora tercatat sebagai letusan terdahsyat yang terekam di zaman modern.

2. Gunung Krakatau, Indonesia (1883)

Letusan gunung api terdahsyat selanjutnya masih berada di Indonesia. Ya, Gunung Krakatau, terletak di antara Pulau Jawa dan Sumatra memiliki daya ledak setara 30 ribu bom atom seperti peristiwa Perang Dunia ke-II.

Tak hanya itu, setelah letusan Krakatau, dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat abu vulkanik yang menutupi atmosfer. Debu vulkanik yang mengambang di atmosfer mengakibatkan bulan terlihat berwarna kebiru-biruan.

Bahkan, bunyi letusannya terdengar sampai Alice Springs, Australia serta Pulau Rodrigues, Afrika, yang berjarak 4.653 kilometer. Lebih dari itu, letusan tersebut mengakibatkan gelombang tsunami timbul mencapai 70.000 kilometer.

3. Gunung Mont Pelee, Karibia (1902)

Gunung Mont Pelee ini merupakan salah satu gunung di Perancis Fran’s yang meletus dan menghancurkan Kota St. Pierre. Letusan gunung tersebut tercatat dalam sejarah sebagai letusan terdahsyat di dunia.

Saat peristiwa terjadi, 18 kapal yang tengah berlabuh di dermaga ikut hancur lengkap beserta dengan para kru yang berada di dalamnya. Dari perkiraan 30.000 korban jiwa, konon ada dua orang yang selamat. Mereka adalah seorang pembuat sepatu dan seorang tahanan.

Sebelumnya gunung ini sempat dinyatakan sudah tidak aktif, tetapi masih menunjukkan aktivitas seismik. Hingga akhirnya, pada April 1902, gunung tersebut memberi tanda-tanda dengan mengeluarkan aktivitas alam seperti gempa ringan hingga keluarnya zat sulfur.

Namun saat ini St. Pierre yang merupakan sebuah desa di Pulau Martinique telah berubah menjadi daerah pariwisata.

4. Gunung Nevado Del Ruiz, Kolombia (1985)

Gunung berapi Nevado del Ruiz di Kolombia meletus pada 13 November 1985 atau 36 tahun lalu. Terletak sekitar 130 kilometer dari Bogota, ibu kota Kolombia itu meletus pada pukul 21.00 waktu setempat.

Letusan tersebut tercatat sebagai letusan terdahsyat di sepanjang sejarah. Bahkan, sedikitnya 23.000 orang dilaporkan meninggal dunia akibat letusan gunung api tersebut.

Letusannya yang berapa di skala 3 VEI, termasuk dalam kategori stratovolcano karena mampu menghancurkan tumpukan salju dan es pada lapisan puncak gunung.

5. Gunung Unzen, Jepang (1792)

Berada di bagian barat Kyushu, Jepang, letusan gunung Unzen tersebut merupakan bencana paling mematikan di Jepang. Bahkan, ledakannya mampu meruntuhkan bagian kubah gunung berapi tersebut hingga jatuh ke laut dan memicu longsor besar.

Bahkan, sedikitnya 15.000 korban jiwa tewas akibat bencana tersebut dan menenggelamkan kota Shimabara serta tsunami setinggi 57 meter. Dari kejadian tersebut diklaim sebagai tsunami terparah yang melanda Jepang.

6. Gunung Api Santa Maria, Guatemala (1902)

Letusan gunung santa maria pada tahun 1902 silam menjadi salah satu letusan terdahsyat abad ke-20. Bahkan letusannya menyisakan kawah besar sekitar 1,5 kilometer di sisi barat daya gunung. Selain itu, akibatnya santa maria memuntahkan aliran piroklastik yang merenggut sekitar 5000.

7. Gunung Novarupta, Semenanjung Alaska (1912)

Letusan gunung api terdahsyat selanjutnya terjadi di Semenanjung Alaska, Amerika serikat pada tahun 1912 sila. Letusan sepanjang 60 jam itu mengeluarkan 3,1 hingga 3,6 kubik mil abu.

Selama letusan, sejumlah magma besar meletus dari bawah area gunung Katmai yang menghasilkan pembentukan lubang corong selebar 2 KM. Meski tercatat sebagai letusan terbesar, nyatanya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Nah itulah, beberapa peristiwa letusan gunung berapi terbesar yang pernah terjadi di penjuru dunia dari tahun ke tahun dan tercatat dalam sejarah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru