Mental Health, Berikut 5 Olahraga Ringan Untuk Menjaganya

Resa Azzahra 0 Komentar

Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah agar terhindar dari gangguan mental health, adalah pola makan sehat seimbang dan olahraga

IndiffsMental health artinya adalah kesehatan mental. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah agar terhindar dari gangguan mental health. Selain pola makan seimbang dan sehat, olahraga juga menjadi salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Namun, tak hanya bagi fisik, olahraga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mental.

Manfaat olahraga untuk menjaga kesehatan mental  tidaklah main-main, ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dari kebiasaan baik ini, yakni:

  • Dapat mendongkang rasa percaya diri
  • Meningkatkan konsentrasi/ fokus
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Mampu memperbaiki suasana hati
  • Meredakan kecemasan

Manfaat olahraga ini sudah di buktikan oleh penelitian. Olahraga dapat mencegah timbulnya masalah seperti stres dan depresi. Kesehatan mental tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena mental sangat berpengaruh untuk kesejahteraan hidup kita.

Saat olahraga, tubuh juga akan melepaskan neurotransmitter dan hormon seperti endorfin, dopamin dan serotin. Hormon endorfin yang mirip dengan morfin dapat memberikan efek peredam nyeri alami dan membantu menimbulkan perasaan euforia. Dopamin berfungsi untuk meningkatkan mood dan serotin berdampak positif pada suasana hati, serta meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Berikut 5 gerakan olahraga ringan yang baik untuk kesehatan mental.

1. Yoga

downward facing dog

Downward facing dog – Superprof

Kamu bisa melakukan yoga dengan satu gerakan yang paling mudah dilakukan oleh pemula. Yoga ini dapat meregangkan otot-otot kaki belakang, memanjangkan tulang belakang serta menenangkan sistem saraf, mengatasi sakit kepala dan bahkan dapat melepaskan stress.

Kamu bisa melakukan pose yoga dowmward facing dog, kamu hanya lakukan plank lalu dorong tangan ke depan sembari mengangkat pinggul ke atas dan regang kan kaki ke belakang. Pastikan kaki lurus dan tumit mengarah ke lantai, tahan selama 30 detik.

2. Jalan santai

Jalan santai

Jalan santai – Alodokter

Kesehatan mental bisa dihilangkan dengan latihan yang paling sederhana adalah jalan santai, untuk kamu yang memang malas untuk lari, kamu bisa menggunakan olahraga ini di luar rumah dimanapun dan kapan pun. Lakukan selama 10 menit sangat bermanfaat untuk kesehatan mental.

3. Olahraga sepeda

Bersepedah

Bersepeda – Rupa-Rupa

Bersepeda bisa menjadi olahraga alternatif. Karena gak ada yang lebih menyenangkan dibanding mengendarai sepeda dengan bebas, merasakan angin yang menghembus sampai ke rambut. Dengan bersepeda membuat kita menjadi fokus pada hal yang kita rasakan, sehingga dapat membuat kita rilex.

4.Berenang

Renang

Renang – Orami

Berenang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang hampir disenangi oleh semua orang. Dengan melakukan aktivitas ini tak bisa meninggikan badan. Namun, sangat baik untuk kesehatan mental kita, karena ketenangan di dalam air cukup bagus untuk kesehatannya dan melepaskan tegangan otot atau sendi, sehingga badan akan merasa lebih fit dan bugar kembali.

5. Jogging

Jooging

Jooging – Kompas.com

Jogging atau berlari dapat membuat sel otak baru dan meningkatkan kinerja otak, dengan melakukan olahraga jooging setiap hari dapat mengurangi perasaan stres dan meningkatkan suasana hati. Sehingga dengan berolahraga membuat badan sehat dan mental akan selalu terjaga.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru