Menu Sarapan Pagi Orang Indonesia, Mudah Dan Mengenyangkan!

Fitri 0 Komentar

Menu Sarapan pagi adalah aktivitas konsumsi makanan di pagi hari sebelum memulai aktivitas, agar memiliki energi yang cukup.

INDIFFS.COM – Menu sarapan pagi adalah aktivitas konsumsi makanan di pagi hari sebelum memulai aktivitas, agar memiliki energi yang cukup.

Menu sarapan yang sehat juga memengaruhi kinerja kita, lo. Makan dengan baik dapat membantu kita lebih fokus dan dapat bekerja maksimal di pagi hari.

Menu sarapan pagi juga memang sedikit berbeda dengan menu makan siang dan malam. Makanan untuk sarapan pagi harus mampu menjaga energi kita agar kuat menjalani aktivitas seharian.

Ada berbagai menu sarapan pagi Indonesia yang bisa menjadi pilihan santapan sebelum memulai aktivitas. Anda bisa memasak menu makanan pagi khas Indonesia secara mudah atau membelinya dengan harga terjangkau. Jika masih bingung untuk memilih, berikut kamu merangkum beberapa inspirasi sarapan pagi Indonesia yang mudah dan mengenyangkan. Yuk simak!

Menu Sarapan Orang Indonesia

Berikut ada beberapa pilihan menu sarapan pagi Indonesia yang bisa dibuat atau didapatkan secara mudah.

Sarapan pagi: Bubur Ayam

Menu sarapan pagi Indonesia yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat adalah bubur ayam dengan cita rasa gurih manis serta memiliki tekstur lembut.

Ada berbagai topping yang diberikan pada semangkuk bubur ayam, seperti ayam suwir, kacang, seledri, bawang goreng, kerupuk, dan sambal. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan topping lainnya seperti, telur puyuh, sate usus, dan lainnya yang akan membuat lebih kenyang.

Nasi Uduk

Nasi uduk adalah menu sarapan pagi Indonesia selanjutnya yang cukup mudah ditemukan di pagi hari. Keunikan dari menu yang satu ini adalah nasinya yang diolah dengan santan dan daun pandan, sehingga rasanya menjadi gurih.

Selain itu, makanan khas Betawi ini memiliki berbagai macam lauk seperti bihun, tempe orek, telur balado, serundeng, serta gorengan yang bisa membuat perut kenyang.

Nasi Pecel

Nasi pecel adalah makanan khas Jawa yang umumnya disajikan dengan sayur untuk sarapan pagi dan dikombinasikan dengan bumbu sambal kacang. Selain sayuran dan bumbu kacang, nasi pecel biasanya juga disantap bersama rempeyek, tempe goreng, telur pindang, hingga ayam goreng.

Nasi Goreng

Menu sarapan pagi ini sangat populer di Asia, khususnya di Indonesia. Bahkan kelezatan nasi goreng Indonesia sangat populer di mancanegara.

Anda hanya perlu menghaluskan bumbu-bumbu dasar dan menggorengnya bersama nasi serta topping pilihan. Meskipun simple, namun kenikmatan dari nasi goreng tidak bisa diragukan lagi dan pastinya bisa membuat perut kenyang.

Nasi Kuning

Menu sarapan pagi Indonesia yang banyak digemari lainnya adalah nasi kuning. Selain warnanya menarik, makanan ini diolah dengan campuran rempah khas sehingga memiliki cita rasa nikmat.

Tidak jauh berbeda dengan nasi uduk, menu sarapan ini biasanya juga disajikan dengan orek tempe, irisan telur dadar, serundeng, bihun, serta pilihan lauk lainnya.

Selain digunakan sebagai menu sarapan, nasi kuning juga seringkali dihidangkan saat acara spesial seperti syukuran atau pesta ulang tahun.

Nasi Gudeg

Rekomendasi menu makan pagi yang selanjutnya adalah nasi gudeg. Makanan khas Jogja ini bisa kamu jadikan sebagai menu makan pagi yang mengenyangkan dan menyehatkan.

Kamu bisa makan menu gudeg komplet dengan telur atau ayam goreng. Selain itu, tambahan tahu atau tempe bacem juga bisa membuat nasi ini menjadi lebih enak. Jangan lupa untuk minum teh hangat agar makan pagimu semakin lengkap dan nikmat.

Sarapan Pagi: Soto

Seperti yang kita tahu, soto adalah menu sarapan khas Indonesia berupa sup dengan kuah berwarna kuning yang berasal dari kunyit dan disantap bersama nasi atau lontong. Ada beberapa jenis sajian soto yang sering dijumpai di Indonesia, seperti soto ayam, soto daging, soto babat, dan lainnya.

Selain isian daging atau ayam, soto biasanya disajikan bersama irisan kentang, telur rebus, bihun, daun seledri, sambal, jeruk nipis, koya, dan bawang goreng.

Lontong Sayur

Menu yang satu ini sangat mengenyangkan dan cocok untuk kamu yang akan menjalankan aktivitas seharian. Lontong sayur adalah salah satu menu sarapan yang menjadi favorit orang Indonesia. Isian sayur untuk sarapan pagi satu ini cukup beragam tergantung wilayahnya.

Misalnya, lontong sayur Padang biasanya disajikan dengan gulai nangka dan rendang, sedangkan di Betawi, makanan ini disantap menggunakan sayur labu siam serta semur tahu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru