Merinding! 8 Tsunami Terbesar di Dunia yang Tercatat Sejarah

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut ini adalah ulasan lengkap seputar 8 daftar tsunami terbesar di dunia yang pernah tercatat sejarah. Simak selangkapnya!

INDIFFS.COM – Tsunami memang menjadi salah satu bencana alam yang banyak menimbulkan korban jiwa dan kerugian besar. Kendati demikian, sejarah mencatat terdapat beberapa peristiwa bencana tsunami terbesar di dunia, yang mengakibatkan ratusan ribu jiwa melayang.

Bahkan gelombang yang terjadi merambat ke segala arah, yang membuat bertambahnya korban jiwa. Lebih dari itu, hantaman gelombang tsunami tersebut bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibir pantai.

Tsunami Terbesar di Dunia

Melansir dari berbagai sumber, dibawah ini telah kami rangkum sederet peristiwa Tsunami terdahsyat di sepanjang sejarah.

1. Teluk Lituya, 1958

Tepat pada tanggal 9 Juli tahun 1958, terjadi bencana longsor besar di wilayah Teluk Lituya, Alaska  memicu gelombang tsunami setinggi 524 meter. Ini menjadi salah satu megatsunami terbesar yang pernah terjadi di sepanjang sejarah.

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 10 lebih dari 15 menit. Tsunami tersebut diakibatkan oleh sebuah gempa bumi bermagnitudo 7,8 SR di pegunungan Fairweather. Akibat dari gempa tersebut yang kemudian memicu longsor bebatuan serta es dan menghantam di Teluk Lituya.

2. Unzen, 1972

Tsunami terdahsyat selanjutnya ialah terjadi di gunung Unzen atau Aso pada tahum 1972. Peristiwa ini terjadi karena gunung tersebut jatuh kelaut. Yang mana, memicu terjadinya tsunami setinggi 100 meter.

Lebih dari pada itu, akibat dari peristiwa tersebut menelan beberapa provinsi di daerahnya. Diantaranya, Provinsi Higo, Shimabara, dan juga Teluk Ariake. Adapun, korban jumlah korban jiwa akibat dari bencana tersebut sebanyak 15.000 orang dan menewaskan kurang lebih 5.000 jiwa.

3. Krakatau, 1883

Tepat pada 27 Agustus 1883, menjadi salah satu peristiwa paling menyeramkan yang tercatat oleh manusia. Letusan Gunung Krakatau, menjadi erupsi gunung terdahsyat yang memicu gelombang tsunami yang sanga besar.

Gelombang yang terjadi pada saat itu setinggi 37 meter. Akibat dari gelombang dahsyat Kota Anyer dan juga Merak menjadi hancur. tersebut, Kota Anyer dan juga Merak menjadi hancur. Adapun korban jiwa pada saat itu, tercatat sebanyak 40 ribu orang dan mengakibatkan kerugian besar.

4. Lisbon, 1755

Tsunami terdahyat selanjutnya ialah terjadi di Negara Portugal, tepatnya di Lisbon. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 1 November 1755, yang menghantam sejumlah kota yang ada di pesisir barat Portugal dan sebelah utara Spanyol.

Tak hanya kerugian secara material, akibat dari bencana tersebut juga menimbulkan jatuhnya ribuan korban. Bahkan tercatat kurang lebih sebanyak 70 ribu korban jiwa. Tentunya dari kejadian tersebut hanya menyisakan kesedihan yang sangat mendalam.

5. Aceh, 2004

Tepat di tahun 2004 desember, terjadi sebuah bencana besar yang menghantam Aceh, Indonesia. Dalam kejadian tersbut, telah menelan korban sebanyak 200 ribu jiwa. Bencana tersebut mengakibatkan kerusakan yang sangat besar dan kematian hingga ke pesisir timur afrika.

Peristiwa tersebut dikenal dengan nama tsunami Samudra Hindia. Gelombangnya yang sangat besar mampu menyebar ke berbagai negara, salah satunya adalah Peru.

6. Pantai Pasifik Utara, Jepang, 2011

Peristiwa tersebut terjadi karena gempa berkekuatan 9,0 SR dengan kedalaman 24,4 km. Tepat pada 11 Maret 2022, tsunami tersebut memiliki gelombang mencapai 10 meter.

Tak hanya itu, akibat dari gempa tersebut mengakibatkan pembangkit tenaga listrik nuklir mengeluarkan uap radioaktif. Selain itu, 452.000 orang dipindahkan tempat penampungan ketika terjadi tsunami.

7. Genroku, 1703

Tepat pada 31 desember 1703 terjadi gempa bumi terdahsyat di wilayah Kanto Selatan, Jepang. Akibat dari gempa tersebut memicu terjadinya gelombang besar yang berhasil menjangkau sekitar 400 km di garis pantai.

Dari gelombang besar tersebut, menyebabkan kematian sekitar 200 ribu orang. Tentu, dari kejadian tersebut membawa kesedihan yang sangat mendalam serta trauma, bagi orang-orang yang ditinggalkan.

8. Chili, 1960

Selanjutnya tsunami besar juga pernah menghantam wilayah chili, di Amerika selatan. Kejadian tersebut diawali oleh gempa bumi bermagnitudo 8,6. Tentu dari kejadian tersebut memicu tsunami yang menyapu pantai Chili.

Bahkan gelombang yang di hadirkan tersebut mencapai ketinggian 25 meter. Adapun korban dari kejadian tersebut sebanyak 1500 jiwa.

Nah itulah, beberapa kejadian bencana tsunami terbesar yang pernah terjadi di penjuru dunia dari tahun ke tahun dan tercatat dalam sejarah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru