Minuman Pembersih Paru-Paru yang Jarang Diketahui Orang

Hani Hnsa 0 Komentar

Selain air putih, masih ada lagi minuman pembersih paru-paru yang mungkin belum kamu ketahui. Apa saja? Yuk, cari tahu!

Indiffs – Menjaga paru-paru tetap sehat penting dilakukan oleh semua orang. Selain olahraga secara rutin, ini minuman pembersih paru-paru yang mudah kamu dibuat sendiri di rumah. Paru-paru salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem pernafasan.

Paru-paru mengatur udara yang kaya akan oksigen dan membuang karbondioksida keluar tubuh. Polusi udara yang terus terjadi memberikan dampak negatif untuk sistem pernafasan. Masker menjadi salah satu alat bantu untuk menyaring udara sebelum masih ke dalam paru-paru.

Minuman Pembersih Paru-Paru

Menurut World Health Organization (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Parahnya lagi, Centers for Disease Control and Prevention juga menyebutkan bahwa merokok adalah penyebab kematian 1 dari setiap 5 orang di Amerika Serikat.

Setelah paru-paru terpapar polusi atau asap rokok, dada mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Jika ini terjadi, konsumsi minuman pembersih paru-paru adalah salah satu solusinya.

Lantas, apa saja daftar minuman untuk membersihkan organ pernapasan ini?

1. Teh Hijau

Teh Hijau

Teh Hijau – Bola.com

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Dilansir dari laman Medical News Today, anioksidan dalam teh hijau dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya akibat menghirup asap.

Sebuah studi dilakukan kepada lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea untuk membuktikan hal ini. Hasilnya, orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau setiap hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibanding mereka yang tak minum sama sekali.

Menyiapkan nya pun terbilang mudah. kamu tinggal menyeduh nya dengan air panas, sebanyak 2-3 cangkir teh hijau setiap hari. Namun, sebaiknya di pagi hari dan setelah makan malam.

2. Minuman Jahe Kunyit

Minuman Jahe Kunyit

Minuman Jahe Kunyit – Tribun

Kunyit merupakan salah satu elemen paling sehat yang dapat dijumpai dengan mudah di dapur. Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-kanker, serta anti-toksik. Mencampurkan kunyit dengan jahe dapat menghilangkan racun berbahaya dari tubuh, sekaligus melindungi organ dari kerusakan polusi udara.

3. Air Perasan Lemon

Air Perasan Lemon

Air Perasan Lemon – Tribun

Selain minuman jahe dan kunyit, jus untuk paru-paru ini juga bermanfaat dan telah lama terkenal khasiat nya.

Lemon mengandung vitamin C yang penuh dengan antioksidan di dalamnya. Ini akan membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Air perasan lemon yang diminium juga akan meredakan gejala batuk, bronkitis, dan juga sesak napas. Karena rasanya cukup asam, hindari minum air lemon secara berlebihan. Tambahkan madu untuk rasa yang lebih manis.

4. Teh Akar Licorice

Teh Akar Licorice

Teh Akar Licorice – Orami

Rebusan daun pembersih paru-paru ini juga bisa dicoba, lho. Akar licorice sering dipakai untuk membersihkan paru-paru bagi perokok aktif, serta penderita gangguan pernapasan.

Tak perlu repot, ini bisa diminum sebagai teh herbal yang diambil dari ekstrak herbal akar ini. Rasanya mungkin agak sedikit pahit, tapi ini akan menghilangkan lendir di paru-paru dengan cepat.

Pastikan untuk mengonsumsi nya dalam keadaan hangat agar terasa lebih rileks.

5. Jus Nanas

Minuman Pembersih Paru-Paru

Jus Nanas – DetikFood

Ingin jus buah dengan rasa yang nikmat? Nanas bisa diolah menjadi jus untuk paru-paru lebih sehat.

Nanas yang mengandung antioksidan tinggi, ini mampu mengurangi produksi radikal bebas dalam tubuh. Jus buah ini juga bantu redakan dahak, sehingga membuat kamu lebih mudah untuk bernapas.

Selain itu, nanas mengandung enzim bromelin yang membantu paru-paru membuang kotoran dan detoksifikasi secara alami.

6. Air Kelapa Hijau

Minuman Pembersih Paru-Paru

Air Kelapa Hijau – Orami

Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi air kelapa hijau setiap harinya. Manfaat air kelapa hijau untuk membersihkan paru-paru terbilang cukup baik dan manjur.

Ketika terkena polusi udara, kadar kalium dalam tubuh menjadi sangat rendah. Inilah yang menyebabkan tubuh kesulitan bernapas. Dalam situasi seperti ini, air kelapa hijau bisa bantu redakan sesak napas karena kandungan kalium yang tinggi.

Itulah 6 minuman pembersih paru-paru yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru