Mobil Listrik Tesla: Model, Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Admin 0 Komentar

Mobil listrik semakin punya tempat di tengah masyarakat Indonesia. Sebelumnya mobil Tesla telah dipasarkan oleh IU Prestige Image Motorcars.

INDIFFS.COMMobil listrik semakin punya tempat di tengah masyarakat Indonesia. Belakangan, promosi kendaraan listrik memang semakin gencar dilakukan seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk menjaga lingkungan. Salah satu pabrikan mobil listrik yang sudah punya nama besar adalah Tesla.

Produsen mobil asal Amerika ini menguasai pasar mobil listrik di dunia. Meskipun di Indonesia sendiri masih belum banyak yang menggunakan mobil listrik, tetap saja mobil listrik Tesla banyak yang mengincar nya.

Mobil Listrik Tesla

Sebelumnya mobil listrik Tesla telah dipasarkan oleh importir umum (IU) Prestige Image Motorcars. Perusahaan ini dikenal sebagai satu-satunya penyuplai mobil Tesla di Indonesia, dengan lini model lengkap dari model termurah hingga termahal.

Melansir dari berbagai sumber, berikut daftar mobil listrik Tesla harga dan tipe terbarunya:

1. Mobil Tesla Model S

Tesla Model S

Tesla Model S – Tempo.com

Pertama adalah Tesla Model S. Sedan premium berbasis listrik ini merupakan salah satu model pertama Tesla yang dijual secara massal. Versi terbarunya adalah Model S Plaid yang diperkenalkan tahun lalu.

Varian Model S ini diberikan serangkaian uprade, terutama dari sisi performa. Tesla meningkatkan output Model S menjadi 1.020 hp dan torsi 1.420 Nm yang disalurkan ke setiap rodanya (AWD).

Hasil pengetesan akselerasi 0-97 km/jam dari jurnalis Motor Trend di Amerika Serikat mencatat angka 2.07 detik, membuatnya sebagai salah satu mobil terkencang di dunia. Jarak tempuh mobil ini diklaim mencapai sekitar 560 km dalam sekali pengecasan.

Tesla Model S Plaid dijual pada rentang harga Rp 4 miliaran.

2. Tesla Model 3

Tesla Model 3

Tesla Model 3 – Motor1.com

Model 3 yang hadir di Indonesia hadir dalam tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance.

Spesifikasi mobil listrik Teslaa Model 3 pun cukup canggih, salah satunya adanya mode autopilot. Pabrikan menyediakan layar LCD 15 inch di tengah console dashboard untuk mengatur berbagai fitur.

Tesla Model 3 varian Range Plus bahkan diklaim mampu menempuh jarak 386 kilometer dengan baterai terisi penuh. Harga Tesla Model 3 diperkirakan mulai Rp1,5 miliar (on the road).

Bukan hanya harga mobilnya yang fantastis, baterai mobil listrik Teslaa model ini juga mempunyai harga yang tinggi. Melansir dari media online, harga baterai mobil listrik Tesla Long Range mencapai USD13.500 atau sekitar Rp189 juta.

3. Tesla Model X

Model X

Tesla Model X – Okezone Otomotif

Ketiga adalah Tesla Model X. Mobil ini merupakan satu-satunya mobil SUV Tesla, sekaligus menjadi paling praktis di antara model lainnya. Layaknya mobil keluarga, Tesla Model X bisa diisi hingga 7 penumpang.

Tidak hanya itu, Teslaa Model X juga mempunyai party piece di mana pintu baris kedua ini dibuka secara gullwing atau seperti burung mengepakkan sayapnya. Pintu tersebut juga mempunyai mekanisme canggih yang membuat pembukaan pintu di tempat sempit lebih mudah.

SUV bongsor ini juga mempunyai performa beringas, terutama varian Plaid yang bisa melejit dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,7 detik saja. Sementara jarak tempuh mobil ini diklaim mencapai lebih dari 500 km.

Prestige Image Motorcars menawarkan Teslaa Model X Long Range di angka Rp 3 miliar atau Rp 4,4 miliar untuk Model X Plaid. Harga tersebut belum termasuk opsi tambahan.

4. Tesla Model Y

 Model Y

Tesla Model Y – Kompas Otomotif

Mobil listrik Tesla Model Y bisa jadi menjadi jenis termurah yang ditawarkan pabrikan asal Amerika Serikat ini.

Kendati begitu, fitur canggih tetap melekat seperti supercharging dengan akselerasi mobil dari nol km/jam menjadi 100 km/jam dicapai dalam 3,5 detik. Harga Tesla Model Y diperkirakan mulai Rp593 juta.

Ternyata mobil Teslaa Model Y ini dibekali oleh mesin HyperHybrid. Mobil ini dibekali motor elektrik, baterai, dan mesin range extender. Dengan kata lain, kehadiran mesin di mobil listrik Teslaa model ini juga menurunkan kapasitas baterai dan motor elektrik.

5. Mobil Tesla Cybertruck

Mobil Listrik Cybertruck

Tesla Cybertruck – Teslarati

Terakhir adalah Tesla Cybertruck. Truk bongsor bertampilkan unik ini masih dalam tahap pengetesan dan belum diproduksi secara masal. Dummy mobil ini pernah di pajang pada booth Prestige Image Motorcars di IIMS.

Kendati demikian, IU tersebut telah membuka keran pemesanan. Mobil listrik bongsor berukuran Mercedes-Benz Unimog ini menanti kaum “sultan” di Indonesia dengan uang muka sebesar Rp 100 juta dan diimpor langsung dari Amerika Serikat.

“Bentuknya besar seperti Unimog tapi dia punya kemampuannya seperti sportcars, sangat kuat. Yang di IIMS ini adalah dummy-nya. Kita sudah buka pemesanan sekarang dengan uang muka Rp 100 juta,” ujar Rudi Salim, Presiden Direktur Prestige Motorcars kala itu.

Itulah daftar mobil listrik Tesla. Selain itu, mobil Tesla juga sudah dilengkapi dengan fitur autopilot dengan kecanggihan navigasi yang dimilikinya. Mobil listrik pun tidak menghasilkan suara yang bising saat dikendarai, sehingga pengemudi bisa nyaman saat mengendarai mobil Tesla di jalanan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru