Mudah! Cara Install Ulang Windows 8 Menggunakan Fitur Bawaan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk install ulang windows 8 pada perangkat PC kamu menggunakan fitur-fitur bawaan.

INDIFFS.COM – Hampir semua pengguna Windows termasuk windows 8 melakukan cara untuk install ulang perangkatnya. Hal ini dilakukan untuk memperbarui sistem operasi, menghilangkan Virus dan mempercepat kinerja pada perangkat laptop atau komputer.

Sebenarnya, cara untuk menginstall Windows 8 ini tidak jauh beda dengan cara install windows 10. Karena, versi Windows 8 dan Windows 10 ini secara pengalaman pengguna hampir sama.

Kendati demikian, ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Seperti navigation properties, fitur pencarian, dan ukuran file yang mempunyai ciri khas masing-masing.

Syarat-Syarat Install Ulang Windows 8

Pada saat ini pengguna Windows 8 tak perlu mempersiapkan banyak hal untuk melakukan Install ulang. Namun, bagi kamu pengguna laptop, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, yakni:

  • Koneksi yang memadai dan sistem Windows dengan lisensi resmi.
  • Laptop harus selalu terhubung dengan charger.
  • Jangan matikan laptop hingga seluruh prosesnya sudah selesai.
  • Pastikan juga kestabilan koneksi internetmu saat melakukan instalasi.
  • Jangan sampai internet mati di tengah-tengah proses install ulang. Karena jika hal itu terjadi, kamu harus memulainya kembali dari awal proses.

Cara Install Ulang Windows 8

Dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa meng-install ulang windows 8 mu. Yaitu dengan menggunakan fitur bawaan diantaranya Reset PC dan Refresh PC. Fitur ini hadir bila mana kamu merupakan pemilik laptop dengan windows terbaru.

Fitur Reset PC ini mirip dengan fitur “Reset to Default” atau “Restore Factory Settings” yang ada pada smartphone atau tablet. Dengan fitur ini kamu dapat menghapus segalanya dari perangkat komputer atau laptop kamu dan menginstall Windows dari awal. Sehingga, jika kamu menggunakan fitur ini, pastikan terlebih dahulu untuk membuat cadangan atau backup data dan dokumen penting.

Namun, jika kamu tidak ingin me-reset semua Windows dari awal dan hanya ingin memperbaiki Windows, Refresh PC ini dapat kamu gunakan. Yang mana, Refresh PC ini tidak menghapus semuanya dari komputer Windows, melainkan akan menginstall ulang Windows. Terlebih dokumen, setting, dan metro apps kamu tidak akan dihapus sehingga kamu tidak akan kehilangan data-data.

Install Ulang Menggunakan Reset PC

Install ulang windows pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan mereset windows 8 mu, menggunakan fitur reset PC.

Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan ialah sebagai berikut:

  • Pertama arahkan kursor mouse kamu ke pojok kanan bagian atas untuk membuka Charms Bar. Atau, kamu dapat menekan tombol Win + C bersama-sama untuk mengaksesnya.
  • Lalu klik “Settings” dan klik pilihan “Change PC Settings”.
  • Langkah diatas akan membuka jendela “Metro Control Panel”.
  • Bagi kamu pengguna Windows 8, Klik “General” lalu klik bagian panel kanan, dan kamu akan melihat pilihan “Remove everything and reinstall Windows”.
  • Bagi kamu pengguna Windows 8.1, Klik pada “Update and recovery” lalu klik “Recovery”. Pada panel sebelah kanan, kamu akan melihat pilihan “Remove everything and reinstall Windows”.
  • Setelah itu, klik “Get started” tombol dan Windows akan menampilkan Reset PC wizard.
  • Kemudian, cukup ikuti petunjuk yang diberikan pada layar dan komputer mu, dan Windows akan mereset ke pengaturan default atau menginstall Windows dari awal.

Apabila kamu memiliki lebih dari satu partisi, Reset PC akan menanyakan apakah kamu akan menghapus hanya pada partisi C atau semua partisi.

Install Ulang Menggunakan Refresh PC

Selanjutnya, jika kamu ingin menggunakan refresh PC ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Sama seperti “Reset PC”, Refresh PC juga hadir pada layar metro control panel baru. Jadi untuk cara pertama, ikuti 3 langkah sama seperti diatas.
  • Nah, jika sudah, pada sisi kanan cari pilihan “Refresh your PC without affecting your files“.
  • Kemudian, klik tombol “Get started” dan Windows akan membuka wizard Refresh PC.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan pada layar dan Windows akan diperbaiki tanpa menghapus file kamu, pengaturan dan aplikasi.

Sebagai catatan, Opsi Refresh PC akan menyimpan file HTML dengan nama “Removed Apps.html” pada Desktop Windows, yang berisi daftar semua program perangkat lunak pihak ke-3 dihapus oleh Refresh PC.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan fitur bawaan pada laptop atau komputer. Bagaimana mudah bukan?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru