Nafas 3 Kali, Begini Adab Minum yang Di Contohkan Rasulullah!

Hannii 0 Komentar

Melalui Nabi Muhammad SAW, umat umat Muslim dapat meniru ajarannya mengenai adab minum sesuai syariat Islam.

Indiffs – Allah SWT telah mengatur makanan dan minuman apa saja yang diperbolehkan untuk dikonsumsi. Melalui Nabi Muhammad SAW, umat Muslim dapat meniru ajarannya mengenai adab minum sesuai syariat Islam.

Mengutip dari buku Adab Ikhtilaf Para Sahabat oleh Syaikh Saad bin As-Sayyid Quthb Asy-Syal, adab adalah sebuah aturan yang mengikuti al-kitab dan as-sunnah dengan benar, baik secara ucapan maupun perbuatan. Aturan tersebut ditetapkan oleh Allah untuk memastikan manusia melakukan hal yang bermanfaat bagi tubuh termasuk minuman yang akan dikonsumsi.

Ada berbagai jenis minuman yang biasa diminum seseorang seperti air putih, susu, teh, kopi, jus dan masih banyak lagi. Saat mengkonsumsi nya, sudah sepatutnya umat Muslim mematuhi adab minum sesuai ajaran rasulullah. Apa sajakah itu?

Niat

Niat dipanjatkan agar apa yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkah. Apabila telah terbesit dalam hati akan niat, air minum dapat menjadi sebuah obat. Berikut bacaan niat sebelum minum:

Alhamdulillahilladzi ath ‘amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberikan kami makan dan minum. Dan Menjadikan kami orang Islam.”

Pakai Gelas yang Bersih

Saat minum air, Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk tidak meminum langsung dari wadah. Misalnya seperti teko, kendi atau termos. Adab yang baik adalah menuangkan ke dalam gelas.

“Jangan minum langsung dari kendi air (atau wadah air apapun,” (HR. Bukhori).

Karenanya pilihlah gelas yang bersih dan tuangkan air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa penting untuk tidak minum air terlalu banyak bahkan saat kamu sangat saus.

Hal tersebut telah dibuktikan secara ilmiah. Ada sebuah studi yang membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat.

Kondisi itu bisa menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkannya dengan cukup cepat dan darah menjadi tergenang air. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Porsi yang ideal untuk minum air putih dalam sehari adalah 1,5 hingga 2 liter.

Mengucapkan Bismillah

Adab yang baik ketika minum air adalah mengucapkan ‘Bismillah hir-Rahman nir-Rahim;. Artinya adalah ‘Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Penyayang’.

Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Ketika mulai minum air pertama membaca bismillah,” (Hadits Tirmidzi).

Maksud dari itu adalah kita sebagai umat Muslim benar-benar memuji Allah SWT yang memberi kami air minum. Karena tanpa Allah SWT tidak ada yang bisa bertahan hidup di bumi.

Minumlah Sesuatu yang Halal

Seorang Muslim wajib hukumnya untuk minum sesuatu yang halal seperti air putih, susu, teh, dan kopi. Dilarang bagi seorang Muslim meminum sesuatu yang memabukkan seperti khamr.

Minum Air dengan Tangan Kanan

Seperti halnya semua kegiatan yang akan sangat baik jika dikerjakan dengan menggunakan tangan kanan. Begitu juga ketika minum air. Hal ini sudah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

Jangan pernah makan dan minum dengan tangan kiri, karena setan makan dengan tangan kiri, (Hadits Muslim)

Duduk

Selain menggunakan tangan kanan, adab yang baik ketika minum air dalam Islam adalah sambil duduk. Dalam sebuah hadits Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, “Duduk dan minum,”.

Janganlah salah satu dari kalian minum sambil berdiri, dan jika ada yang lupa dia harus muntah,

Minum sambil berdiri dapat membahayakan dan hal itu sudah dibuktikan secara ilmiah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minum air sambil berdiri atau berjalan dapat menyebabkan kerusakan saluran Saluran Gastrointestinal.

Bukan hanya itu, tetapi juga menyebabkan kerusakan ginjal, radang sendi, ketegangan saraf dan gangguan lainnya.

Minum Satu Tegukan Dalam 3 Kali Bernafas

Minumlah air dalam satu tegukan sambil mengambil tiga kali bernafas. Nabi Muhammad SAW melarang meminum air dalam satu teguk sambil bernafas satu kali.

Jangan minum air hanya dalam satu nafas, tetapi minum dalam dua atau tiga nafas, (HR Bukhori).

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ada banyak efek berbahaya saat minum air dalam satu tegukan. Dampaknya dapat menyebabkan tersedak, melemahkan otot, saraf dan adanya gangguan pada hati dan perut, lapor Scientific American.

Tidak Minum Secara Berlebihan

Allah SWT berfirman, yang artinya “Makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah memerintahkan umatnya untuk tidak melakukan segala sesuatu secara berlebihan termasuk minum. Dari segi kesehatan hal tersebut juga membahayakan karena dapat menyebabkan overhidrasi, keracunan air bahkan gangguan fungsi otak.

Dilarang Minum Langsung dari Mulut Teko

Dari Abu Hurairah, beliau berkata:

نَهَى رَسُول اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم أَن يُشْرَبَ مِنْ فِيِّ السِّقاءِ أَو القِرْبةِ

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang minum dari mulut siqa’ atau qirbah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Terkait hukum minum langsung dari mulut teko, para ulama masih berbeda pendapat. Ada yang mengatakan haram. Ada pula yang mengatakan makruh. Namun, mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh. Untuk itulah, sebaik-baik orang yang hendak minum, tuangkan lah terlebih dahulu ke dalam gelas. Kecuali, dalam keadaan terpaksa.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru