NASA Temukan Planet Kedua Mirip dengan Bumi, Ada Sumber Air!

Dini NHaH 0 Komentar

Pesawat antariksa pemburu planet atau TESS NASA menemukan planet kedua yang menarik berukuran mirip dengan Bumi.

INDIFFS.COM – Pesawat antariksa pemburu planet atau Transiting Exoplanet Survey Satelite (TESS) NASA menemukan planet kedua yang berukuran mirip dengan Bumi. Kemungkinan, planet tersebut bisa menahan air dalam bentuk cair dan mengorbit pada bintang yang sama.

TESS diluncurkan April 2018 dan misi itu sejauh ini sudah berhasil menemukan 285 exoplanet dan lebih dari 6.000 kandidat. Salah satu planet paling menarik yaitu YOI 700 d, yang berukuran sebesar Bumi dan terletak di zona layak huni bintangnya.

Kini, para ilmuwan sudah menentukan planet itu memiliki tetangga yang sama uniknya, berkat peringatan Oktober 2021. Bahwa, teleskop yang mengorbit Bumi sudah melihat sesuatu yang menarik.

“Kami pertama kali melihatnya dan kami seperti, Apakah ini nyata?” ungkap Emily Gilbert, seorang astronom di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, dilansir laman Space.com, Kamis (12/1/2023).

Pesawat antariksa TESS menemukan planet dengan menatap bintang selama sebulan. Selain itu, sekaligus mencari penurunan kecil dalam kecerahan yang bisa mengindikasikan adanya planet yang melintas di antara bintang dan teleskop. Dari penurunan tersebut, para astronom bisa memperkirakan ukuran planet dan jam orbitnya.

Sekarang, Gilbert dan rekan-rekannya mengatakan bahwa TOI 700 d memiliki saudara ketiga yang lebih menarik. Planet ini, dijuluki TOI 700 e, tidak berada di wilayah yang biasa disebut oleh para astronom sebagai zona layak huni, tetapi definisi itu berubah-ubah.

Diperkirakan TOI 700 e berukuran sekitar 95% dari Bumi dan kemungkinan berbatu. Para peneliti masih terus meriset planet yang mirip bumi itu untuk mengetahui lebih dalam mengenai kondisinya.

“Kami punya usaha-usaha lain yang sedang dilakukan untuk lebih mengetahui tentang planet ini. Memang belum ada hasilnya, tapi hal-hal menarik akan berdatangan,” ujar tim periset, dikutip dari Space.com.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru