Naskah Doa Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Hani Hnsa 0 Komentar

Naskah doa upacara hari sumpah pemuda HSP ke-94 Tahun 2022 ini tercantum dalam Pedoman Upacara Hari Sumpah Pemuda HSP ke-94 Tahun 2022.

INDIFFS.COM – Naskah doa upacara hari sumpah pemuda HSP ke-94 Tahun 2022 ini tercantum dalam Pedoman Upacara Hari Sumpah Pemuda HSP ke-94 Tahun 2022.

Pembacaan doa sangatlah penting saat peringatan atau perayaan momen tertentu, salah satunya saat perayaan Hari Sumpah Pemuda 2022 yang diperingati pada 28 Oktober. Setiap 28 Oktober 2022, Hari Sumpah Pemuda diperingati dalam upacara bendera di lapangan, baik instansi daerah ataupun pusat.

Doa Upacara Sumpah Pemuda

Salah satu bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pemuda pada 28 Oktober 1928 yakni dengan mengikuti upacara peringatan Sumpah Pemuda.

Dalam upacara tersebut disertakan doa. Berikut teks doa peringatan Hari Sumpah Pemuda:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil’aalamin, washalatu wassalamu ‘alaa sayyidil mursaliin, wa’ alaa aalihi washohbihi ajma’iin.

Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, segala puji serta syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang telah Engkau berikan. Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, pada saat berbahagia nan khidmat ini kami berhimpun dalam memperingati hari bersejarah dalam rangkaian panjang perjuangan bangsa kami, Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun 2022 seraya berdoa berserah diri kepada-Mu.

Ya Allah yang Maha Agung lagi Maha Penyayang.

Berikanlah kepada pemimpin kami petunjuk-Mu yang nyata, ketajaman mata hati, kesabaran yang membaja, kerendahan hati, keikhlasan serta rasa syukur yang tinggi dalam mengabdi serta berkarya sehingga masing-masing kami dapat menunaikan peran serta arah dengan benar. Taatkan kesabaran kami, kekokohan kesungguhan kami, bersihkan hati kami agar kami tetap mampu berupaya keluar dari lilitan persoalan sulit kami pecahkan, agar kami bersikap bijak atas kekurangan, kesedihan, harapan serta perjuangan yang belum selesai.

Ya Allah yang Maha Kuasa, jadikanlah Pemuda Indonesia Pemuda ini Mandiri, serta Kreatif demi memajukan kemajuan Bangsa serta Negara, jadikanlah pemuda Indonesia menjadi pemimpin-pemimpin dunia, berilah kekuatan dan bimbinganMu ya Allah yang Maha Perkasa.

Ya Allah yang Maha Bijaksana eratkan tali persaudaraan kami hingga menghasilkan kekuatan dahsyat untuk membangun kemaslahatan bangsa serta dunia. Limpahkan hikmahmu agar perbedaan yang ada mampu kami rajutkan menjadi mozaik kekuatan membangun kejayaan bangsa Indonesia. Jauhkan kami dari sifat yang iri, dengki serta mementingkan diri sendiri dan perangai yang tidak terpuji.

Ya Allah yang Maha Mengabulkan Do’a, bimbinglah pemuda dan pemudi harapan bangsa. Jadikanlah pemuda pemudi kami menjadi pemuda yang Tangguh dalam berkarya, kuat dalam berpendirian dan selalu menegakkan kejujuran serta keadilan, dan senantiasa berlomba dalam kebaikan. Jadikanlah para pemuda-pemudi kami ini menjadi pelopor perubahan yang bermartabat, menjunjung tinggi etika serta moral dan mengedepankan semangat nasionalisme. Jauhkanlah sifat tamak, iri hingga dengki, dan segala perilaku yang menjadi larangan agama dan negara.

Karena itu Ya Allah, tujukanlah kepada kami jalan benar, sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan serta bukan jalannya orang-orang yang Engkau hinakan. Karena itu hanya Kepada-Mu kami memohon dan kepada-Mu lah kami berserah diri.

Ya Allah, Engkau pemilik waktu. Sebelum ajal kepastian-Mu itu menjemput kami. Perkenankan kami untuk melihat generasi kami, sebagai anak-anak bangsa yang beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, mencintai tanah air, serta berprestasi pada tingkat dunia. Jadikanlah mereka pejuang-pejuang yang rela berkorban demi kejayaan bangsa serta negara. jadikanlah mereka pemuda dan pemudi yang lebih suka memberi dari pada meminta, selalu menjunjung tinggi nilai-nilai serta pengorbanan para pendahulu mereka. Sehingga Negara kami ini menjadi negara yang baltadatun thoyyibatun wa robbun ghofuur.

Robbana atina fiddunnya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina adzabannaar.

Wa shollallohu ‘alaa sayyidna Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa salim,

Subhana robbika robbil ‘izzati ‘amma yashifuun, wa salamun ‘alal mursalin, Walhamdulillahi robbil alamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Demikianlah naskah doa upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda HSP ke-94 Tahun 2022. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru