Ngeri! Gunung Berapi Terbesar di Dunia, Mauna Loa Meletus!

Hani Hnsa 0 Komentar

Gunung api terbesar di dunia, Mauna Loa di Hawaii, meletus untuk pertama kali nya sejak 1984 silam, pada Senin (28/11) waktu setempat.

INDIFFS.COM – Gunung api terbesar di dunia, Mauna Loa meletus untuk pertama kalinya dalam hampir empat dekade, mengeluarkan abu dan bebatuan vulkanik.

Gunung Mauna Loa meletus pukul 23:30 waktu setempat pada Minggu (09:30 GMT Senin) di Moku’weoweo, kaldera puncak gunung berapi. Kaldera adalah cekungan besar yang terbentuk tak lama setelah pengosongan ruang dapur magma dalam erupsi eksplosif gunung berapi.

United States Geological Survey (USGS) mengeluarkan peringatan ‘Awas’ dengan kode merah, status kewaspadaan tinggi. Melansir BBC Indonesia, aliran lahar sebagian besar masih terkandung di dalam puncak gunung, namun warga telah bersiaga.

Aliran lahar masih banyak tertahan di kaldera besar di puncaknya, tetapi letusan ini dapat mengancam penduduk setempat jika kondisinya berubah. Namun, USGS telah memperingatkan kepada 200 ribu warga di Big Island Hawaii bahwa “Erupsi yang terjadi sangat dinamis dan lokasi aliran laharnya bisa berubah dengan cepat”.

Para ahli juga memperingatkan bahwa angin dapat membawa gas vulkanik dan Pele’s Hair ke area bawah. Pele’s Hair merupakan sebutan untuk butiran halus yang terbentuk ketika lava membeku dengan cepat di udara.

Sementara itu, Layanan Cuaca Nasional di Honolulu memperingatkan bahwa abu ini mungkin dapat berakumulasi di beberapa daerah di pulau itu.

Peringatan hujan abu dikeluarkan mengikuti arah angin dari Mauna Loa. Dengan akumulasi abu tipis perkirakan menuju kapal-kapal di perairan laut di sepanjang tenggara Big Island Hawaii.

Sebagai gunung berapi terbesar di Bumi berdasarkan volume, Mauna Loa yang namanya berarti “Gunung Panjang”, mencakup separuh Hawaii dan lebih besar dari gabungan pulau-pulau Hawaii lainnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru