Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol, No. 6 Praktis Dilakukan

Dini NHaH 0 Komentar

Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol, kamu juga bisa melakukan beberapa jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol.

indiffs – Olahraga ternyata dapat jadi salah satu cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh.

Mengutip American Heart Association, melakukan olahraga 30 menit selama 5 hari dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Ada beberapa olahraga yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

1. Berlari

Jika dilakukan secara teratur, berlari bisa juga menurunkan kadar kolesterol. Selain menurunkan kolesterol, berlari juga dapat menurunkan berat badan sehingga risiko terkena serangan jantung pun berkurang.

2. Berenang

Walaupun kamu seperti tidak berkeringat ketika melakukannya, ternyata kalori tubuh yang terbakar terbilang sangat signifikan, sehingga baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Selain membantu menurunkan berat badan, berenang juga membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Itulah sebabnya, olahraga renang direkomendasikan untuk dilakukan oleh pengidap kolesterol.

3. Bersepeda

Kalori yang dibakar saat bersepeda tak berbeda jauh dengan olahraga yang lain. Bersepeda umumnya juga lebih mudah bagi sendi pinggul dan lutut ketimbang lari, terlebih bagi orang berusia lanjut. Jika punya gejala radang sendi, ada baiknya penderita kolesterol tinggi menjalankan olahraga bersepeda daripada lari.

4. Yoga

Apabila kamu tidak terlalu tertarik dengan olahraga kardio, kamu bisa memilih olahraga yang lain misalnya yoga. Selain menurunkan kadar kolesterol, yoga akan membantu melatih otot, menjaga kesehatan mental, sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Berbagai perbaikan tersebut perlahan-perlahan akan membentuk kebiasaan dan gaya hidup yang lebih baik untuk kesehatan, khususnya bagi kamu yang mengalami masalah tidur.

5. Latihan Ketahanan

Latihan ketahanan dikenal juga sebagai latihan beban. Untuk melakukan latihan beban, kamu dapat memulainya seperti dengan push up, angkat besi, dan sit up.

Berdasarjan jurnal Sports Medicine, seseorang dengan kondisi pramenopause yang sudah menjalani sesi latihan ketahanan mengalami penurunan kolesterol dalam tubuhnya kurang dari 14 minggu.

6. Joging

Pagi hari memang identik dengan udara yang masih segar dan bebas polusi. Selain bisa berinteraksi dengan alam lebih dekat dan menghirup udara segar lebih banyak, joging juga membantu mengoptimalkan kerja jantung dan melancarkan sirkulasi darah, serta membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Nah itulah beberapa jenis olahraga untuk menurunkan kolesterol, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru