PayPal Diblokir Kominfo! Apa Itu Rekening PayPal? Simak Disini

Hani Hnsa 0 Komentar

Rekening PayPal merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online.

Indiffs – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memblokir sejumlah situs atau platform populer salah satu nya rekening PayPal. Dalam situs Kominfo, PayPal masuk dalam daftar sistem elektronik (SE) yang dihentikan sementara. Pemblokiran dilakukan mulai tanggal 29 Juli 2022 kemarin.

Pemutusan akses alias pemblokiran ini diterapkan sebagai sanksi administratif bagi 10 PSE besar yang belum mendaftarkan diri meski sudah dikirimi surat teguran. PSE itu diantaranya adalah PayPal, Yahoo, Steam, Epic Games dan Counter Strike.

Apa Itu PayPal?

PayPal merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online. PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara, di mana semua hal tersebut telah dilakukan dengan menggunakan surat elektronik secara online.

Metode yang digunakan PayPal sangat berbeda dengan metode sebelumnya, dimana pengiriman uang masih dilakukan dengan menggunakan kertas berupa cek dan wesel pos, yang pada umumnya akan membutuhkan sejumlah waktu yang terbilang cukup lama dalam pelaksanaan nya.

Hingga saat ini PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan oleh para marketer online, sebab transaksi menggunakan PayPal memiliki tingkat keamanan yang terbilang cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa. Berbeda dengan transaksi online banking lainnya yang hanya terbatas pada transaksi satu negara saja, PayPal memiliki jaringan luas dan bisa dilakukan antar negara sekalipun.

Manfaat PayPal

PayPal menjadi alat transaksi online yang paling banyak digunakan secara global. PayPal memiliki beragam manfaat seperti untuk mengirimkan sejumlah dana kepada sesama pengguna PayPal.

Selain mengirimkan dana, kamu juga bisa menerima sejumlah transfer dari seseorang yang memiliki rekening PayPal. Aplikasi ini dapat membantu menjaga kerahasiaan data diri ketika melakukan berbagai kegiatan belanja online.

Pembayaran melalui PayPal bisa dilakukan tanpa mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan yang biasanya akan tersimpan di dalam kartu kredit atau rekening pribadi yang lainnya.

Cara Daftar

  • Untuk Kepentingan Pribadi
    1. Buka laman resmi https://www.paypal.com/id/ pada browser.
    2. Klik menu Daftar. Pilih Rekening Pribadi.
    3. Klik Berikutnya.
    4. Pilih status rekening.
    5. Masukkan nomor handphone ke PayPal.
    6. Isi data diri.
    7. Klik tombol Buat Rekening.
    8. Tunggu verifikasi alamat email atau nomor handphone.
    9. Akun PayPal berhasil dibuat.
  • Untuk Kepentingan Bisnis
    1. Buka laman resmi https://www.paypal.com/id/ pada browser.
    2. Klik menu Daftar.
    3. Pilih Rekening Bisnis.
    4. Klik Berikutnya.
    5. Pilih Status Rekening.
    6. Masukkan nomor handphone ke PayPal.
    7. Isi data diri.
    8. Klik tombol Buat Rekening.
    9. Tunggu verifikasi alamat email atau nomor handphone.
    10. Akun PayPal berhasil dibuat.
  • Untuk yang Tidak Memiliki Kartu Kredit
    1. Buka menu Akun PayPal sendiri.
    2. Klik tab Bayar & Dapatkan Bayaran.
    3. Pilih Bank & Kartu.
    4. Pilih rekening bank atau kartu untuk verifikasi.
    5. Cek rekening bank atau aktivitas kartu kredit untuk deposit PayPal.
    6. Verifikasi akun menggunakan kode 4 digit di kartu.
    7. Selain itu ada pilihan rekening bank dengan jumlah setoran.

Keuntungan

Berikut adalah keuntungan menggunakan PayPal seperti dilansir dari laman Lifepal:

  • Biaya administrasi per transaksi nya terhitung murah. Untuk pengiriman uang antar sesama akun PayPal tidak dikenakan biaya administrasi.
  • Akun PayPal bisa digunakan untuk berbelanja di situs-situs e-Commerce di berbagai belahan dunia. Jadi lebih memudahkan berbelanja antar negara.
  • Kecepatan. Transfer menggunakan PayPal Indonesia ke sesama akun PayPal atau ke rekening pribadi bank di beda negara hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam.
  • Keamanan terjamin. Data-data dan informasi akun pembeli maupun penjual bakal dijamin
  • Membeli barang dengan aman. Jika Anda sudah melakukan pembayaran untuk produk yang dipesan, tapi pesanan tidak datang-datang, maka PayPal Indonesia bisa mengembalikan uang yang telah Anda transfer kan ke penjual.
  • Sering memberikan diskon-diskon menarik untuk setiap pembelanjaan di beberapa merek atau e-Commerce yang bekerja sama dengan PayPal, seperti Nike, HP, Wal-Mart, dan lain-lain.

Kekurangan

  • Sulitnya melakukan komplain. Sayangnya, untuk PayPal Indonesia belum ada layanan aduan nya. Kalau di situs yang tercantum adalah nomor PayPal di kantor Singapura.
  • Proses pembekuan yang berlangsung lama. Pembekuan akun dilakukan oleh PayPal apabila ditemukan indikasi penyalahgunaan. Pembekuan itu kadang berlangsung lama bahkan hingga berbulan-bulan.
  • Transaksi dari PayPal ke rekening non-PayPal bakal dikenakan biaya administrasi sekitar 3 persen dari jumlah transaksi ditambah 0,3 dollar AS.
  • Rentan disalahgunakan. PayPal memungkinkan kamu bertransaksi ke berbagai negara dengan cara yang sangat mudah. Keterbukaan inilah yang menyebabkannya jadi rentan terhadap penipuan atau tindak kriminal lainnya.
  • PayPal belum melayani transaksi dengan beberapa mata uang penting, seperti Rupee India.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru