Penting! Ini Alasan Kenapa Umat Muslim Wajib Puasa Ramadhan

Admin 0 Komentar

Alasan mengapa umat muslim wajib puasa di bulan Ramadhan ini merujuk sejumlah dalil baik dari Al-Quran, hadist dan konsensus ulama atau ijmak.

INDIFFS.COM – Banyak berkah, rahmat, ampunan dan juga manfaat kesehatan bila berpuasa di bulan Ramadhan. Itulah kenapa alasan umat muslim wajib melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan.

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Menahan diri dari rasa lapar, haus serta hawa nafsu dari dini hari hingga matahari terbenam bukan hanya berbuah pahala saja. Namun, juga akan berdampak kepada pribadi masing-masing jika lakukan dengan baik dan benar.

Alasan Muslim Wajib Puasa Ramadhan

Alasan mengapa umat muslim wajib puasa di bulan Ramadhan ini merujuk sejumlah dalil baik dari Al-Quran, hadist dan konsensus ulama atau ijmak. Artinya, perintah puasa Ramadhan secara dasar hukum sangat kuat sebab dilandasi oleh tiga aspek penting dalam hukum Islam.

Berikut beberapa alasan umat Islam wajib melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan:

1. Rukun Islam

Puasa adalah salah satu rukun Islam. Keislaman seorang Muslim tidak akan sempurna tanpa menjalankan puasa Ramadhan. Dari Ibnu umar Radhiallahu Anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

بني الإسلام على خمس شهادة أن لا إله إلا الله و أن محمدا رسول الله و إقاق الصلاة و إيتاء الزكاة و صوم رمضان و الحج و صوم رمضان

( Islam dibangun diatas lima ( pondasi ) : Syahadat laa ilaaha illallah wa anna Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan ibadah haji ( bagi yang mampu ), dan berpuasa di bulan Ramadhan ) (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Melaksanakan Perintah Allah SWT

Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk berpuasa sesuai dengan firmanNya yang tertuang dalam QS Al Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

3. Bentuk Ketaqwaan kepada Allah SWT

Puasa bulan Ramadan wajibkan bukan hanya bagi umat nabi terakhir, Nabi Muhammad SAW saja, melainkan atas umat-umat yang terdahulu. Dalil puasa Ramadan berdasarkan nash atau teks Alquran surat QS Al Baqarah 183, yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Yaa ayyuhallaziina aamanụ kutiba ‘alaikumus-siyaamu kamaa kutiba ‘alallaziina ming qablikum la’allakum tattaquun.

Artinya: Hai, orang-orang yang beriman, wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Melalui ayat tersebut, dapat terjelas bahwa puasa memiliki hukum fardhu atau wajib bagi orang yang beriman. Dari ayat ini pula diketahui bahwa Allah menjanjikan ketakwaan bagi orang yang berpuasa.

4. Ramadhan Bulan Penuh Ampunan

Dalam satu tahun, Ramadhan hanya terjadi satu kali saja dan merupakan bulan yang penuh ampunan. Apalagi untuk mereka yang menjalankan ibadah puasa, maka ia akan mendapatkan pahala dan ampunan atas segala dosa yang lakukan.

Rasulullah sendiri pernah bersabda dalam salah satu hadisnya, umat Islam yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan ikhlas, penuh iman, dan hanya mengharapkan pahala dari Allah, maka ia terampuni dari dosa masa lalu yang telah ia lakukan.

Ini merupakan salah satu alasan penting mengapa kita harus berpuasa pada bulan Ramadhan. Berkah dan ampunan tersebut tidak akan Anda dapatkan jika berpuasa di bulan lain selain bulan Ramadhan.

5. Menjalani Tali Silaturahmi

Bulan Ramadhan juga menjadi momen untuk menjalin kembali tali silaturahmi. Para keluarga berkumpul di meja makan bersama setiap waktu berbuka puas. Sebagai umat muslim, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan orang yang sudah lama tidak kita temui.

Demikian penjelasan terkait apa saja alasan umat muslim wajib berpuasa di bulan suci Ramadhan dan dalilnya, semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru