Penyakit Celiac: Penyebab, Faktor, Gejala dan Cara Pengobatan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Penyakit ini biasanya muncul karena banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, akibatnya akan menyerang sistem pencernaan tubuh.

INDIFFS.COM – Penyakit Celiac ini mungkin kerap muncul serta dialami pada sebagian orang. Penyakit ini muncul karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gluten. Gluten sendiri merupakan protein yang ditemukan pada gandum dan biji-bijian tertentu.

Namun, tak hanya itu beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Bahkan bisa di tandai dengan adanya gejala-gejala awal yang di alami. Berikut beberapa penyebab, gejala serta cara mengobati penyakit celiac.

Penyakit Celiac

Penyakit ini merupakan reaksi sistem imun menyerang sistem pencernaan di mana tubuh salah mengenali senyawa yang terkandung di dalam gluten sebagai ancaman. Penyakit terjadi pada seseorang dengan kondisi genetik di mana konsumsi gluten menyebabkan kerusakan pada usus kecil. Namun, penyakit ini jarang ditemukan karena hanya 1 dari 100 orang, akan tetapi ini tetap perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan tubuh kamu.

Penyebab Celiac

Untuk penyebab penyakit ini terjadi memang belum di ketahui pasti, namun melansir dari berbagai sumber, bahwa penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi tidak normal terhadap gliadin, yaitu komponen protein yang terkandung di dalam gluten.

Tak hanya itu, penyakit ini memicu reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang akan merusak tonjolan kecil seperti rambut (vili) yang melapisi usus kecil. Vili yang rusak menyebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan penting dari makanan.

Faktor Risiko Penyakit Celiac

Selain penyebab di atas ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan penyakit ini muncul diantaranya:

  • Faktor Keturunan

Penyakit ini bisa ditimbulkan karena faktor genetik dari faktor keluarga, baik itu keluarga anak ataupun saudara.

  • Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan ini sangat mempengaruhi terhadap munculnya penyakit ini, hal ini di sebabkan karena turunnya kondisi imun pada tubuh.

  • Faktor Lingkungan

Faktor ini sering muncul biasanya pada anak-anak, ini terjadi karena infeksi yang dialami nya sehingga dapat berpengaruh dan menyebabkan penyakit ini muncul.

Gejala Penyakit

Adapun gejala umum yang akan di alami terhadap orang yang terkena penyakit ini ialah,

Bila penyakit ini tidak segera di obati mungkin ini akan menyebabkan gangguan pencernaan lainnya. 

Pengobatan Penyakit Celiac

Adapun cara utama untuk mengobati penyakit ini muncul ialah, menghindari makanan yang banyak mengandung gluten, karena gluten lah penyebab utama munculnya penyakit ini muncul. Dan selain itu beberapa cara lain diantaranya dengan, 

  • Minum Obat

Namun, perlu di pastikan obat yang diminum ialah dengan resep dokter, karena jika tidak mungkin ini akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh kamu. Sera memastikan obat yang dimakan ialah meliputi obat untuk radang usus, obat dermatitis herpetiformis, serta suplemen dan vitamin untuk mencegah kekurangan nutrisi.

  • Berkonsultasi dengan Dokter

Dengan melakukan konsultasi ke dokter kamu bisa mengetahui proses pemulihan tubuh kamu, tak hanya itu, jika kamu melakukan konsul dengan dokter, kamu akan mengalami pemeriksaan, hal ini bertujuan untuk melihat apakah peradangan usus sudah sembuh atau belum

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru