Penyebab Banjir Bandang di Jeddah, Hingga Telan Korban Jiwa

Dini NHaH 0 Komentar

Kota pesisir Jeddah di Arab Saudi dilanda banjir bandang pada Kamis (24/11/2022) waktu setempat yang menewaskan dua orang.

INDIFFS.COM – Kota pesisir Jeddah di Arab Saudi dilanda banjir bandang pada Kamis (24/11/2022) waktu setempat. Banjir bandang yang melanda kota tersebut memberikan dampak yang luar biasa. Seperti yang dilihat dari video postingan di Twitter, terlihat hampir cukup ruas jalan dialiri air dengan arus yang cukup deras.

Dua warga dinyatakan tewas akibat banjir di Kota Jeddah, kata juru bicara pertahanan sipil Arab Saudi melalui Twitter.

Sementara itu, Badan Meteorologi Arab Saudi menyebut banjir di Jeddah disebabkan oleh hujan lebat yang melanda kota itu sejak Kamis pagi.

Badan Meteorologi Arab mencatat curah hujan 179 milimeter di kota Jeddah antara pukul 08.00 dan 14.00 pada hari Kamis. Ini merupakan angka tertinggi yang pernah dilaporkan setelah tahun 2009, dengan menewaskan 123 orang.

Hal ini juga membuat kewaspadaan tinggi yang dilakukan pemerintah Arab Saudi, karena curah hujan yang tinggi.

Banjir juga menyebabkan penundaan penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz, menutup sekolah dan memblokir jalan menuju Mekkah, kota suci umat Islam.

Tetapi, sekolah-sekolah telah diliburkan secara nasional pada Rabu (23/11/2022) setelah Raja Salman mengumumkan hari libur menyusul kemenangan mengejutkan Arab Saudi atas Argentina di Piala Dunia 2022.

Perlu diketahui, Jeddah terletak dekat dengan Laut Merah. Wilayah ini sering disebut sebagai pintu gerbang ke Mekkah, tempat jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahun.

Hujan badai musim dingin dan banjir terjadi hampir setiap tahun di Jeddah, dan penduduk sudah lama mengeluhkan buruknya infrastruktur.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru