Penyebab dan Cara Mengobati Abses Gigi, Jangan Disepelekan!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut penyebab dan cara mengobati abses gigi, dimana abses gigi disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga muncul benjolan yang berisi nanah di area gusi.

INDIFFS.COMAbses gigi merupakan benjolan kecil yang berisi nanah, kondisi ini biasanya terjadi di sekitar akar gigi atau gusi. Abses gigi juga di sebabkan karena infeksi bakteri, ini akan menyebabkan rasa sakit sedang hingga berat. Terkadang, rasa sakit ini juga dapat menyebar hingga ke telinga atau leher. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat berubah menjadi kondisi yang lebih serius. Maka dari itu, perlu di perhatikan beberapa penyebab yang perlu di waspadai serta mengetahui cara mengobati abses gigi yang telah terjadi.

Penyebab Abses Gigi

Berikut beberapa penyebab terjadinya abses pada gigi:

1. Gigi yang Kurang Bersih

Menjaga kebersihan gigi ini sangat penting untuk dijaga, hal ini dilakukan agar bakteri sisa sisa makanan tidak menumpuk pada gigi. Jika dibiarkan ini akan menyebabkan plak, sehingga mudah untuk perkembangbiakan bakteri dan akan mengakibatkan abses gigi.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Kandungan gula yang tinggi akan menyebabkan gigi mudah berlubang. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula juga akan mendorong pertumbuhan bakteri dan plak pada gigi. Maka dari itu sebaiknya hal ini, di kurangi.

3. Mulut yang Kering

Mulut kering juga akan memicu pertumbuhan bakteri pada gigi, sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi. Mulut kering juga dapat mengganggu kesehatan gigi hingga menimbulkan infeksi dan abses gigi.

4. Mengalami Cedera Pada Gigi

Gigi yang cedera serta gigi yang pernah mengalami tindakan medis akan memudahkan bakteri untuk masuk dan berkembang, sehingga hal ini juga akan menyebabkan abses gigi.

Cara Mengobati Abses Gigi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengobati abses gigi:

1. Mencabut Gigi

Cara utama yang dilakukan ialah mencabut gigi di daerah gusi yang terkena abses. Jika gigi yang terkena abses tidak bisa diselamatkan, dokter akan mencabut gigi tersebut. Setelah itu, nanah akan dikeluarkan untuk menghilangkan infeksi. Jika sudah melakukan cara ini diperlukan perawatan khusus dalam tahap penyembuhan. Biasanya pasien akan dianjurkan untuk berkumur kumur dengan air garam atau mengonsumsi obat pereda.

2. Mengeluarkan Nanah atau Drainase Abses

Untuk bisa mengobati ini dokter biasanya mengeluarkan nanah dengan cara membuat sayatan kecil agar nanah bisa keluar. Setelah itu, dokter akan membersihkan nya dengan menggunakan air garam.

3. Menggunakan Obat Antibiotik

Antibiotik ini biasanya di berikan ketika sudah melakukan pengeluaran nanah, lalu dokter akan memberikan obat antibiotik sebagai mengurangi penyebaran abses gigi. Dokter merekomendasikan ini jika kamu memiliki sistem kekebalan yang lemah.

4. Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan ini dilakukan untuk menghilangkan infeksi yang terjadi pada gigi. Pada saat ini dokter akan mengebor ke dalam gigi, untuk mengangkat jaringan lunak yang menjadi pusat infeksi dan mengalirkan nanah.

Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengobati abses gigi, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru