Penyebab Ghost Touch pada Layar Smartphone yang Jarang Diketahui

Dini NHaH 0 Komentar

Masalah pada layar Handphone adalah mengeluarkan gerakan sendiri tanpa disentuh atau disebut dengan "Ghost Touch" dengan beberapa penyebab.

indiffs – Penyebab ghost touch pada layar ponsel dapat terjadi akibat berbagai faktor, semua tergantung seberapa parah hal itu terjadi. Pada beberapa kasus android terdapat beberapa kejadian layar yang tiba-tiba bergerak sendiri.

Kejadian tersebut dikenal dengan istilah ghost touch. Apabila, ghost touch yang terjadi tidak mengganggu pemakaian, mungkin bukan sebuah masalah. Akan tetapi, pada beberapa kejadian pada Android ini mengakibatkan beberapa sistem eror.

Sehingga Android tidak dapat mengatur berbagai aktivitas yang akan kita lakukan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan.

Mengingat tengah ada aliran listrik yang masuk. Selama kejadian masih terbatas, ponsel dapat dikatakan aman. Berikut merupakan penyebab ghost touch yang perlu anda ketahui.

1. Terdapat Cairan atau Debu

Cairan atau debu yang menempel di permukaan layar Handphone bisa membuat sensitivitas sentuhannya terganggu. Alhasil, gerakan layar bisa tidak sesuai dengan arah semestinya. Bahkan, layar Handphone bisa gerak sendiri.

2. Kerusakan Layar atau LCD

Ghost touch pada layar smartphone android juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada layar atau LCD smartphone tersebut. Dalam hal ini bisa saja layar smartphone tersebut rusak karena terkena air yang bisa merembes dan masuk kedalam.

Nah jika keadaan ini terjadi pada smartphone android kamu maka yang harus kamu lakukan adalah segera mengganti layar atau LCD smartphone android kamu tersebut. Hal ini dilakukan karena agar air  yang masuk kedalam LCD tersebut tidak masuk dan merusak hardware lainnya yang bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal pada smartphone android tersebut.

3. Kerusakan pada Charger

Sat mengecas ponsel dan layarnya bergerak sendiri, mungkin terjadi kerusakan pada charger yang kamu pakai. Segera cek keadaan charger kamu agar tidak merusak ponsel jika terus menerus digunakan. Setiap membeli charger yang baru, usahakan beli charger yang original karena memang sesuai dengan kebutuhan ponsel kamu.

Setiap membeli sebuah charger, maka kamu harus mengusahakan bahwa membeli charger yang original. Karena charger merupakan kebutuhan pokok bagi ponsel kamu.

4. Bug pada Aplikasi

Aplikasi yang terinstall di Handphone tidak selamanya dapat dijalankan dengan lancar, kadang bisa juga terdapat sejumlah bug. Saat menjalankan aplikasi yang terdapat bug, beberapa fungsi dari Handphone mungkin bakal terganggu, termasuk pada sensitivitas layarnya.

5. Kondisi Layar yang Sedang Panas

Layar touchscreen memiliki batas toleransi panas agar bekerja secara normal, biasanya di luar ponsel terasa agak panas, tetapi perangkat di dalam ponsel akan lebih panas. Hal ini juga yang terkadang menyebabkan terjadinya ghost touch pada ponsel android kamu.

6. Penggunaan Screen Guard

Screen guard di satu sisi berguna untuk memberikan perlindungan pada layar. Namun, di sisi lain penggunaan screen guard kadang kala dapat mengganggu sensitivitas layar lantaran terdapat debu-debu yang terselip.

Demikianlah beberapa penyebab Ghost Touch yang jarang diketahui, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru