Penyebab Ibu Rumah Tangga Rentan Alami Stres, Perlu Ketahui!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Menjadi ibu bukan berarti terbebas dari segala tekanan. Terdapat beberapa penyebab mengapa seorang ibu rumah tangga rentan alami stres.

INDIFFS.COM – Seorang ibu merupakan salah satu peran yang sangat penting di dalam rumah. Menjadi ibu bukan berarti terbebas dari segala tekanan. Beban dan tanggung jawabnya dalam mengurus keluarga kerap membuat ibu rentan mengalami stres atau bahkan depresi. Terdapat beberapa penyebab mengapa seorang ibu rentan alami stres.

Penyebab Ibu Rentan Stres

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini penyebab-penyebab seorang ibu rumah tangga rentan mengalami stres:

1. Kurang Waktu untuk Dirinya Sendiri

Ibu rumah tangga terkadang memiliki konflik, perasaan, dan kerumitan psikologisnya saat ada masalah yang menimpanya. Dibalik itu semua ia tetap harus memenuhi kewajiban keluarga, mengasuh anak, dan/atau orang lanjut usia.

Saat tuntutan meningkat untuk memenuhi semua peran ini, perempuan bisa merasa terbebani dengan tekanan waktu dan kewajiban. Perasaan gagal karena tidak mampu memenuhi ekspektasi mereka sendiri dan orang lain kerap menghinggapi.

Seringkali ibu rumah tangga menghabiskan lebih banyak waktu memenuhi kebutuhan orang lain daripada dirinya sendiri. Inilah yang menyebabkan stres ibu rumah tangga semakin meningkat.

2. Melakukan Pekerjaan Fisik Terus Menerus

Beberapa kegiatan atau pekerjaan fisik yang di lakukan seorang ibu rumah tangga sehari-harinya seperti memasak, belanja, membersihkan rumah, mengurus suami, dan mengurus anak. Terkadang pekerjaan tersebut dilakukan dalam waktu bersamaan seperti memasak sembari menggendong anak dan belanja sembari mengasuh anak.

Ibu rumah tangga diharuskan untuk tetap siaga sepanjang hari apabila terjadi situasi yang tak terduga, seperti anak menangis atau kondisi lainnya.

Hal tersebut dapat membuatnya kelelahan dan bisa menyebabkan stres. Membagi pekerjaan rumah dan menyadari bahwa pekerjaan rumah tangga adalah tugas suami dan istri, tentu sangat berarti untuk kesehatan mental seorang ibu rumah tangga.

3. Mengerjakan Aktivitas Mental

Apabila berpikir ibu rumah tangga hanya mengerjakan pekerjaan fisik, itu salah besar. Seorang ibu rumah tangga juga perlu berpikir dalam melaksanakan pekerjaannya.

Sang ibu tentu harus memutar otak saat menghitung pengeluaran dan pemasukan rumah tangga, mengatasi masalah yang di alami anak, atau memikirkan menu masakan anak dan keluarga setiap harinya. Hal-hal tersebut pun bisa semakin buruk bila memiliki masalah finansial dalam keluarga.

Aktivitas mental tersebut pun bisa menyebabkan seorang ibu rumah tangga kelelahan. Kondisi ini akan mengurangi konsentrasi seorang ibu rumah tangga dan berpengaruh pada ketidakstabilan emosinya atau stres.

4. Kondisi Keuangan yang Tidak Stabil

Penyebab stres lainnya yakni keadaan keuangan rumah tangga yang pas-pasan serta tidak menentu. Di sisi lain, seorang ibu harus mengatur berbagai kebutuhan untuk suami, anak, dan dirimu sendiri agar cukup. Untuk masalah satu ini, seharusnya seorang ibu tidak harus mengatasinya sendiri. Hendaknya ia mengomunikasikan persoalan tersebut ke suami supaya bisa sama-sama mencari solusi, misalnya mencari penghasilan tambahan atau merintis sebuah usaha.

Nah, itu dia beberapa penyebab mengapa seorang ibu rumah tangga mengalami stres. Jadi jangan heran ya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru