Penyebab Kantung Mata Bengkak Dan Cara Mengatasinya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Kantung mata yang membengkak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penyebab kantung mata bengkak dan cara mengatasinya.

Indiffs – Kantung mata yang bengkak membuat sebagian orang merasa mengganggu kondisi penampilan. Selain itu, kondisi kantung mata yang membengkak juga bisa memberi rasa tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas seharian. Ada beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi mata bengkak. Namun, sebelum mengatasinya perlu untuk mengetahui penyebab kantung mata bengkak ini. Berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab dan cara mengatasi kantung mata bengkak yang dirangkum dari beberapa sumber. 

Penyebab Kantung Mata Bengkak

Pembengkakan ringan atau bengkak di bawah mata umum terjadi seiring bertambahnya usia. Karena, ketika usia bertambah jaringan di sekitar mata termasuk beberapa otot yang menopang kelopak mata akan melemah. Meski berkaitan dengan bertambahnya usia, nyatanya kantung mata tidak hanya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Kondisi ini juga bisa terjadi pada orang dewasa yang berusia 20-an.

Ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kantung mata bengkak yaitu kelelahan, kurang tidur, hingga menangis. Selain itu, munculnya kantung mata juga bisa terjadi karena terlalu banyak konsumsi garam atau natrium, alergi, kerusakan pembuluh darah, terlalu banyak mengonsumsi kafein dan tembakau, hingga faktor keturunan. Wanita yang sedang hamil juga rentan mengalami mata bengkak.

Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara mengatasi kantung mata yang bengkak:

1. Kompres

Kompres dengan air dingin atau es dapat mengurangi kantung mata yang bengkak akibat penyumbatan pembuluh darah. Cara melakukannya mudah cukup kompres mata selama 15 menit menggunakan handuk berbahan lembut. Pastikan posisi tidur benar-benar di atas bantal supaya mencegah bengkak.

2. Tidur yang Cukup

Kurang tidur di malam hari merupakan salah satu pemicu kantung mata bengkak dan muncul lingkar hitam di bawah mata. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi kantung mata yang bengkak yaitu dengan tidur yang cukup.

Bagi orang dewasa yang memiliki aktivitas normal membutuhkan tidur malam setidaknya 7 hingga 9 jam. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kulit dan tampilan mata yang terbaik, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tidur tersebut setiap hari.

3. Minum Air Putih

Banyak minum air putih ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah pada kantung mata. Saat tubuh mengalami dehidrasi ringan, karena kurang minum air putih, sejumlah bagian tubuh akan menahan air, sehingga memicu terjadinya bengkak di beberapa tempat, termasuk mata.

Pastikan untuk mencukupi asupan air putih yaitu 8 gelas atau setara dengan 2 liter air dalam satu hati. Hal itu bertujuan untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembap, termasuk kulit di sekitar mata.

4. Menggunakan Eye Cream

Ada banyak produk eye cream di pasaran yang dapat menghilangkan kantung mata bengkak. Utamakan eye cream yang menggunakan bahan-bahan seperti kamomil, mentimun dan arnica, karena dapat mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

5. Kurangi Stres

Stres dapat mengganggu keseimbangan kandungan garam di dalam tubuh, yang kemudian bisa menyebabkan retensi cairan. Retensi cairan kemudian akan menyebabkan kantung mata semakin membengkak di pagi hari. Anda dapat meredakan stres dengan cara yang sehat seperti olahraga sebelum tidur. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru