Penyebab Terjadi Asma Dan Cara Mengatasinya, Perlu Diketahui!

Admin 0 Komentar

Penyebab terjadinya asma ini bisa karena faktor lingkungan salah satunya, dan adapun cara mengatasi asma ialah dengan cara olah raga ringan.

Indiffs – Mungkin sebagian dari kalian sudah mengenal penyakit yang satu ini yang dimana sering ditandai dengan sesak nafas. Ya asma, merupakan penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak akibat peradangan dan penyempitan pada saluran napas. Memang hingga kini belum diketahui sebenarnya penyebab asma ini kenapa, dab bagaimana cara mengatasi nya tapi ada beberapa hal yang mungkin dapat memicu terjadinya asma.

Perlu diperhatikan dan di kenali pada diri anda khususnya agar tubuh anda selalu dalam keadaan sehat dan bisa terhindar dari penyakit pernafasan ini. Pemicu ini bisa sangat berbeda dari orang lain yang menderita asma. Ketahui penyebab dan cara mengatasi pada asma.

Penyebab Terjadi Asma:

Beberapa pemicu yang paling umum yang mungkin perlu di perhatikan dalam terjadinya asma:

1. Polusi Udara di Luar Ruangan

Polusi udara di luar ruangan ini jelas dapat memicu serangan pada asma. Polusi ini juga dapat berasal dari banyak sumber, termasuk pabrik, asap dari kendaraan, atau bisa jadi dari asap kebakaran. Menghirup terlalu banyak asap ini dapat memicu terjadinya yang menyebabkan serangan pada asma. Perlu diperhatikan perkiraan udara di wilayah kamu, apabila kamu ingin ber-aktivitas di luar ruangan yang mungkin cukup banyak berbagai pulosi udara yang kotor disana.

2. Asap Rokok

Pemicu selanjutnya yang menjadi penyebab asma ini karena asap tembakau atau rokok yang tidak sehat bagi semua orang, terutama penderita asma. Jika kamu menderita asma dan kamu merokok, sebaiknya berhentilah merokok, karena ini tidak baik bagi kesehatan pernafasan kamu. Bahaya asap rokok inilah yang dapat memicu serangan asma.

3. Tungau dan Debu

Siapa sangka ternyata hewan kecil yang satu ini dapat memicu terjadinya asma pada diri kamu, terutama bagi pengidap asma. Tungau debu ini adalah serangga mikroskopis yang ada bahkan banyak rumah. Jika kamu menderita asma dan alergi terhadap tungau debu, ini dapat memicu serangan asma. Maka dari itu untuk dapat mencegah serangan ini ini sebaiknya kamu melakukan hal berikut:

  • Gunakan kasur dan sarung bantal anti alergi untuk membuat penghalang antara tungau debu.
  • Cuci tempat tidur Anda setiap minggu dan keringkan sepenuhnya.
  • Bersihkan karpet yang ada di rumah, termasuk yang ada di kamar.
  • Jaga tingkat kelembapan pada rumah agar tetap rendah, sekitar 30-50%.

4. Hewan Peliharaan Berbulu

Hewan peliharaan yang berbulu dapat memicu terjadinya serangan asma jika kamu alergi terhadapnya. Hewan peliharaan ini dapat menyebabkan serangan pada asma, ini karena beberapa virus yang menempel pada hewan tersebut, maka dari itu kamu perlu memisahkan hewan peliharaan berbulu dengan kamu, jika tidak maka harus melakukan perawatan lebih terhadap hewan tersebut agar tidak memberikan virus.

5. Penyedot Debu dan Desinfeksi

Pemicu selanjutnya yang dapat mengakibatkan asma ialah karena dekat dengan penyedot debu dan desinpktan, terlihat sepele namun hal ini dapat memicu terjadinya hal tersebut. Orang yang memiliki asma ini harus mencoba untuk menjauh ketika pembersih atau disinfektan sedang digunakan dan setelah digunakan.

6. Emosi yang Terlalu Berlebih

Selain di atas, selanjutnya asma bisa di sebabkan karena emosi yang terlalu berlebih pada diri kamu. Peneliti mengatakan bahwa kondisi emosi yang berlebih ini akan memicu terjadinya asma, selain itu juga dapat mengganggu kondisi psikis seseorang.

7. Kegiatan Fisik yang Berlebihan

Kegiatan ini akan memicu timbulnya asma, karena pastinya akan merasa pernafasan terganggu pada saat lelah melakukan aktivitas terutama yang berat. Maka dari itu sebaiknya bagi pengidap asma aktivitas yang berat ini sebaiknya di hindari.

Cara Mengatasi Asma:

Hal berikut di lakukan agar tidak terjadi asma pada diri kamu

1. Memahami Penyakit Asma

Sebaiknya sebelum kamu mencoba mengetahui gejala asma ini. Dengan memahami dan mencatat gejala, ini dapat membantu kamu mengenali kapan kamu perlu melakukan penyesuaian pengobatan yang sesuai

2. Mempersiapkan Pencegahan Dimana Saja

Cara mengatasi asma selanjutnya yakni dengan mempersiapkan obat pencegah, ini dapat membangun perlindungan dari waktu ke waktu, ini juga dapat menghentikan saluran udara kamu agar tidak meradang, yang berarti kamu cenderung tidak bereaksi terhadap pemicu terjadi asma. Dan kamu bisa membawa inhaler dimana pun kamu berada. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa tetap bebas dari gejala, sehingga kamu dapat melanjutkan apa yang ingin kamu lakukan dalam kegiatan tanpa asma menghalangi.

3. Pergi untuk Melakukan Kontrol

Kontrol asma ini dilakukan sesuai jadwal dengan ini kamu dapat memastikan bahwa kamu meminum obat yang tepat dengan dosis yang tepat untuk mengendalikan gejala asma pada diri kamu. Ini sebaiknya dilakukan bahkan jika kamu merasa tidak sehat dengan asma kamu, sehingga kamu dapat memastikan bahwa kamu masih melakukan semua hal yang benar untuk mengurangi risiko serangan asma pada diri.

4. Jangan Merokok

Selanjutnya Asma bisa diatasi dengan cara menghindari rokok, Jika teman atau kerabat terdekat kamu merokok, sebaiknya kamu jangan berdiri di dekatnya saat mereka menyalakan nya karena asap rokok merupakan pemicu umum serangan asma.

5. Olah Raga Ringan

Cara mengatasi agar tidak terjadi asma ialah dengan tidak ber olah raga yang berat, tapi lakukanlah olahraga atau aktivitas ringan yang cocok untuk kamu. Beberapa olahraga ringan, seperti berenang dan baseball, itu cenderung tidak memicu serangan asma. Olahraga itu juga dapat meningkatkan mood kamu, dan itu sangat membantu saat kamu merasa frustrasi karena asma.

6. Kontrol Lingkungan

Pemicu lingkungan inilah yang akan menyebabkan terjadi asma pada diri kamu. Maka dari itu sebaiknya kamu memastikan serta mengontrol lingkungan sekitar sekiranya lingkungan tersebut tidak berbahaya maka kamu bisa mendatangi, tapi jika sebaliknya sebaiknya ini di hindari.

Itulah beberapa penyebab terjadinya asma, dan bagaimana cara mengatasi asma. Namun pastikan semua di lalukan dengan cara benar dan ini semua untuk menjaga serta mengantisipasi terjadinya asma. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru