Penyebab Wajah Berminyak Disaat Bangun Tidur

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kulit berminyak pada wajah saat bangun tidur itu mungkin kerap terjadi pada sebagian orang. Namun ternyata ini ada penyebabnya. Simak yu!

IndiffsWajah berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

Dilansir dari hellosehat, minyak yang terlalu banyak justru dapat memicu masalah baru, terutama jerawat. Ini disebabkan karena kotoran lebih mudah menempel pada kulit hingga akhirnya menyumbat pori.

Selain itu, sel-sel kulit mati pada orang dengan kondisi kulit ini biasanya sulit luruh dan terlepas. Akibatnya, sel-sel kulit mati yang seharusnya rontok dengan sendirinya malah menyumbat pori-pori kulit wajah.

Selain itu juga ada beberapa penyebab muka berminyak pada saat bangun tidur, berikut penyebabnya:

Kadar hormon yang meningkat di malam hari

Penyebab wajah berminyak disaat bangun tidur ialah kadar hormon yang meningkat pada malam hari. Secara alami minyak akan diproduksi setiap saat supaya kulit tidak kekeringan dan mencegah infeksi bakteri. Nah, pada saat tidurlah terjadi hormon yang membuat produksi minyak berlebih.

Terlalu sering mencuci muka

Terlalu sering mencuci muka juga termasuk salah satu penyebab wajah berminyak pada saat bangun tidur. Terlalu sering mencuci muka juga dapat memicu wajah jadi sering berminyak. Tujuan membersihkan wajah yaitu untuk membersihkan minyak, namun ketika terlalu sering membersihkannya kamu akan membuang terlalu banyak minyak dari kulit.

Hal itu mempengaruhi keluarnya sabum (zat berminyak yang dikeluarkan dan dihasilkan oleh kelenjar minyak dikulit)

Kondisi kulit yang kering

Wajah berminyak saat bangun tidur juga bisa disebabkan karena kondisi kulit kering. Jadi, ketika kulit wajah kamu kering di malam hari terlalu kering, selama semalaman minyak akan diproduksi supaya kulit tidak makin kering.

Suhu yang Panas

Suhu yang panas ini juga sangat mempengaruhi nantinya pada wajah kamu disaat bangun tidur. Usahakan tidur sekitar suhu 18-20 derajat karena suhu tubuh yang diperlukan sebelum memerlukan suhu yang sejuk. Apabila tidur dalam kondisi suhu panas itu akan membuat kamu merasa gerah dan berkeringat. Berkeringat inilah yang keluar dan nantinya kelenjar minyak pun akan ikut keluar.

Salah memilih pelembab

Ternyata salah memilih pelembab juga berpegaruh pada wajah kita disaat bangun tidur loh. Ya, kondisi ini bisa juga disebabkan karena kamu menggunakan pelembab yang salah. Ada dua kemungkinan kenapa pelembabmu salah yaitu kamu menggunakan pelembab yang kurang menjaga kelembaban kulit sehingga produksi minyak masih terjadi. Selain itu bisa juga karena kamu menggunakan pelembab yang strukturnya heavy atau berat sehingga kulitmu malah tak bisa bernafas dan menghasilkan minyak yang banyak.

Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat

Melansir dari sehatQ, Penyebab wajah berminyak juga dapat dipicu oleh penggunaan produk skincare yang tidak tepat. Misalnya, Anda memiliki kulit berminyak, tetapi justru menggunakan produk perawatan kulit yang ditujukan untuk kulit kering.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru