Perbedaan HTTP dan HTTPS di Internet yang Perlu Kamu Ketahui

Dini NHaH 0 Komentar

Sebuah URL atau website memiliki perbedaan apabila diakses dengan kunci enkripsi, HTTP dan HTTPS memiliki ciri dasar yang penting pada URL.

INDIFFS.COMHTTP dan HTTPS merupakan protokol standar yang mengatur bagaimana data ditransmisikan di World Wide Web (WWW). Saat Anda menjelajah di internet, sebenarnya sedang bertukar data dengan web server. Namun, antara HTTP dan HTTPS memiliki perbedaan yang harus kalian ketahui.

HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yakni protokol yang digunakan untuk mengirimkan data berupa hypertext melalui web dalam format teks biasa. HTTP menggunakan Transmission Control Protocol/TCP sehingga memungkinkan pengiriman dan penerimaan paket data melalui World Wide Web (www).

Sementara itu, HTTPS adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure, versi lengkap dari HTTP yang lebih maju dan aman. HTTPS menggunakan port 443 untuk transfer data dan komunikasi.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Meski kedua protocol ini hanya berbeda satu huruf di belakang saja namun keduanya memiliki perbedaan. Manfaat bagi client dan penjelajah dunia maya juga berbeda, meski perbedaannya hanya melalui pengembangan keamanan pada sistem protokol jaringan. Berikut beberapa perbedaan lainnya dari HTTP dan HTTPS.

1. Keamanan Data

Data yang ditransmisikan melalui protokol HTTP tidak menjamin keamanan antara client dengan server. Hal ini yang menyebabkan banyaknya isu kejahatan berupa hacker data. Resiko menyebarnya data kepada subjek yang tidak dikenal sangat tinggi. Sedangkan HTTPS memiliki protokol kolaboratif berupa keamanan data yang ditransmisikan. Fasilitas ini yang membuat HTTPS banyak digunakan oleh web developer.

2. Penggunaan Port

Dimana jika HTTP menggunakan port jenis 80 yang akan menghasilkan komunikasi data masih menggunakan teks biasa, otomatis rentan akan terjadinya peretasan.

Berbeda halnya dengan HTTPS yang sudah menggunakan jenis port 443. Port 443 ini bekerja dengan lebih aman, dimana setiap komunikasi yang dihasilkan data sudah terenkripsi, otomatis hal itu tidak mudah dibaca oleh pihak lain yang akan merugikan.

3. Pengiriman Pesan

Hal yang paling penting dari perbedaan kedua protocol ini adalah dari pengiriman datanya. Untuk HTTP, pengiriman pesan melalui teks biasa dan mengakibatkan siapapun yang memiliki pengetahuan tentang perintah dan sintax protocol dapat membaca dan memahaminya. Hal ini sangat membahayakan karena ketika pengguna mengirimkan formulir berisi data pribadi yang sensitif, akan mudah untuk diretas oleh pelaku jahat yang ingin menemukan informasi itu. Sedangkan HTTPS menggunakan pesan yang ditransmisikan dengan keamanan data sehingga data lebih aman.

4. SSL

Secara garis besar, protokol komunikasi antara client dengan server selalu menggunakan konsep HTTP. Jika ingin menerapkan protokol HTTPS, maka dibutuhkan sertifikat berupa SSL (Secure Socket Layers). Terdapat 6 jenis SSL yang dapat dibeli oleh web developer. Penggunaan ini akan memunculkan tanda gembok pada bilah alamat URL website. Sehingga pengunjung akan mempercayai website tersebut aman digunakan untuk pemberian informasi atau transaksi yang tergolong sensitif. SSL sangat berguna untuk merahasiakan informasi penting seperti password e-banking, e-money, identitas dan sebagainya.

5. Segi Pengguna

Dalam segi pengguna akan berkaitan dengan keamanan data, dimana data pengunjung yang sudah menggunakan HTTPS akan lebih aman website yang menggunakan HTTPS. Hal itu akan berpengaruh juga pada kepercayaan pengunjung, serta profesional pengguna website dalam mengelola website tersebut terutama pada website bisnis yang harus sudah menggunakan protokol keamanan HTTPS.

Nah, itulah perbedaan antara HTTP dan HTTPS jangan keliru lagi ya. Semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru