Peringatan Hari Ulang Tahun Dan Sejarah ASEAN

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Indonesia bersama negara lainnya di Asia Tenggara yang juga tergabung dalam ASEAN atau ini akan merayakan hari jadinya yang ke-55

Indiffs – 8 Agustus 2022 ini, Indonesia bersama negara lainnya di Asia Tenggara yang juga tergabung dalam ASEAN atau (Association of South East Asian Nations) ini akan merayakan hari jadinya yang ke-55. Seperti yang diketahui bahwa setiap tahunnya di tanggal 8 Agustus akan ada perayaan Hari Ulang Tahun ASEAN dimana perayaan yang dilakukan tersebut juga memiliki tema yang berbeda-beda setiap tahunnya.

Namun, sudah pada tahu sejarah ini dijadikan hari ulang tahun ASEAN? Selengkapnya kami akan membahas sedikit di bawah ini ya!

Hari Ulang Tahun ASEAN

Dilansir dari detik.com, Hari Ulang Tahun ASEAN atau (Association of South East Asian Nations) ini yang jatuh pada 8 Agustus bertepatan dengan adanya deklarasi ASEAN. Tepat pada tanggal Pada tanggal 8 Agustus 1967, lima pemimpin negara yaitu Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand – duduk bersama di aula utama gedung Departemen Luar Negeri di Bangkok, Thailand.

Mereka menandatangani dokumen deklarasi ASEAN yang berisikan lahirnya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Lima Menteri Luar Negeri yang menandatangani deklarasi ASEAN tersebut antara lain:

  1. Adam Malik (Indonesia),
  2. Narciso R. Ramos (Filipina),
  3. Tun Abdul Razak (Malaysia),
  4. S. Rajaratnam (Singapura),
  5. Thanat Khoman (Thailand)

Dikutip dari laman resmi ASEAN, kelima tokoh itu selanjutnya disebut sebagai Bapak Pendiri atau lima negara itu menjadi organisasi yang menjembatani antar pemerintah di negara berkembang saat ini. Dalam deklarasi tersebut, berisikan 5 artikel yang mendeklarasikan pembentukan Asosiasi untuk Kerjasama Regional di antara negara Asia Tenggara kemudian dikenal sebagai Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia atau ASEAN.

Dilansir dari situs resmi Kedutaan Besar Jerman Jakarta atau Jakarta Diplo, ASEAN terdiri dari 10 negara anggota sebagai berikut:

  1. Brunei Darussalam
  2. Indonesia
  3. Kamboja
  4. Laos
  5. Malaysia
  6. Myanmar
  7. Filipina
  8. Singapura
  9. Thailand
  10. Vietnam

Serba Serbi Hari Ulang Tahun ASEAN 2022

Hari Ulang Tahun ASEAN 2022 akan jatuh pada Senin, 8 Agustus 2022. Dikutip dari laman resmi ASEAN, tahun ini Hari Ulang Tahun ASEAN mengangkat tema “ASEAN A.C.T.: Addressing Challenges Together”.

Dalam rangka merayakan Keketuaan ASEAN Kamboja 2022, ASEAN mendeklarasikan tahun 2022 sebagai tahun pemuda ASEAN. Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, di bawah kerangka Komunitas Sosial Budaya ASEAN bekerja sama dengan Sekretariat ASEAN dan dengan dukungan dari Pemerintah Republik Korea akan bersama-sama menyelenggarakan 1st ASEAN Youth Dialogue.

Acara tersebut mengangkat tema “Pemuda di Era IR 4.0: Peluang dan Tantangan dalam Pemulihan Pascapandemi” dan telah diselenggarakan pada 25-26 Juli 2022 lalu, di Sim Provinsi Reap.

Dialog Pemuda ASEAN ke-1 tersebut bertujuan untuk menyediakan platform bagi pemuda ASEAN dan pemuda dari Pemerintah Republik Korea untuk terlibat dalam wacana kebijakan dan membawa rekomendasi tentang kebijakan regional dan bertukar pandangan dalam bentuk dialog dengan Menteri Pemuda ASEAN-ROK dan mitra dialog utama.

Dialog akan fokus pada cara para pemangku kepentingan dapat berkolaborasi dengan kaum muda untuk menuai manfaat dan peluang yang muncul dari Revolusi Industri 4.0 dan untuk mengatasi tantangan pandemi global. Delegasi Pemuda akan dapat saling belajar dengan memanfaatkan peluang teknologi, ekonomi, dan sosial untuk memperkuat kerja sama antara ASEAN dan ROK.

Program tersebut akan menghasilkan rekomendasi kebijakan mengenai isu-isu umum yang akan diajukan ke ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY), ASEAN Senior Officials Meeting on Youth Plus Three (SOMY+3), dan ASEAN Ministerial Meeting on Youth (AMMY). untuk mendorong implementasi ASEAN Work Plan on Youth 2021-2025, ASEAN Plus Three Work Plan on Youth 2021-2025 dan ASEAN-ROK Action Plan 2021-2025. (Sumber dari detik.com).

Adapun Sejarah Awal Hari Ulang Tahun ASEAN

Melansir dari Akseleran, Terbentuknya ASEAN atau Association of South East Asian Nations dimulai adanya tekad dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara khususnya menjadi kawasan yang aman, damai, stabil serta sejahtera.

Pembentukan ASEAN sendiri awalnya dipicu dengan adanya pertentangan kedua negara superpower yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Pada perseteruan kedua negara tersebut, AS dan Soviet ini menjadikan negara-negara di kawasan Asia Tenggara tersebut menjadi area persaingan ideologi kedua negara itu dalam masa perang dingin.

Dari situasi tersebut yang dipenuhi oleh persaingan ideologi dan kekuatan militer akhirnya membuat sadar negara-negara di kawasan Asia Tenggara karena memiliki potensi untuk mengganggu stabilitas serta keamanan negara yang ada di kawasan tersebut. Dibentuknya organisasi ini diharapkan dapat melindungi serta mengayomi sekaligus mempersatukan negara-negara pada kawasan tersebut.

Namun sebelum ASEAN terbentuk sebenarnya sudah ada organisasi yang muncul terlebih dahulu seperti SEATO (South East Asia Treaty Organization) pada tahun 1954, ASA (Association of Southeast Asia) pada tahun 1961 serta Malaysia-Philipina-Indonesia (Maphilindo) pada tahun 1963. Sayangnya, ketiga organisasi tersebut kurang berkembang dikarenakan banyak perbedaan kepentingan dan ideologi dari anggotanya.

Tujuan Dibentuknya ASEAN

Yang dilansir dari akseleran.com, Nyatanya memang negara-negara di Asia Tenggara ini tentu memiliki banyak perbedaan di berbagai sisi termasuk budaya, latar belakang, perekonomian, agama, ideologi dan lainnya.

Tetapi, seiring tuntutan zaman dan upaya untuk menghindarkan pengaruh dari dua blok besar yang sedang perang dingin. Maka, beberapa pimpinan dari negara di Asia Tenggara sepakat untuk menyatukan perbedaan yang ada untuk membuat perhimpunan yang diharapkan bisa lebih solid dari upaya yang sebelumnya terjadi.

8 Agustus 1967 adalah awal mula terbentuknya ASEAN dimana negara-negara di Asia Tenggara berkumpul di Bangkok, Thailand. Setiap perwakilan dari negara Asia Tenggara tersebut melakukan penandatanganan Deklarasi Bangkok sebagai awal berdiri ASEAN yang mengusung misi “One Vision, One Identity, One Community”.

Untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN sendiri pertama kali diselenggarakan pada 1976 di Bali. KTT pertama tersebut juga membahas mengenai kesiapan ASEAN untuk mengembangkan hubungan bermanfaat serta kerjasama yang saling menguntungkan satu sama lain.

Kerjasama dimulai dari bidang ekonomi, politik, keamanan, pendidikan, kebudayaan, teknologi, penanganan bencana alam, ilmu pengetahuan, kesehatan dan lainnya.

Setelahnya muncul usulan terkait penyusunan piagam ASEAN yang bertujuan untuk mentransformasikan ASEAN dari asosiasi yang longgar menjadi organisasi internasional dengan dasar hukum serta struktur efektif dan efisien. Usulan itu akhirnya juga muncul pada KTT ASEAN ke 11 di Malaysia tahun 2005 lalu. Tetapi, munculnya piagam tersebut baru terwujud di tahun 2007 atau tepatnya di KTT ASEAN ke 14 di Singapura dan di tanggal 15 Desember 2008 atau satu setelahnya piagam tersebut diluncurkan di Jakarta.

Demikian Informasi mengenai hari ulang tahun ASEAN dari mulai serba serbi ulang tahun ASEAN hingga tujuan dibentuknya ASEAN. Selamat memperingati Hari Berdirinya ASEAN (Association of South East Asian Nations) 8 Agustus 2022.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru