Pertama Kali Hamil? Berikut 5 Tips Agar Tetap Sehat

Resa Azzahra 0 Komentar

Ibu Yang Pertama Kali Mengandung Sebaiknya Perhatikan Hal-Hal Apapun Itu Untuk Menjaga Kandungan Tetap Sehat, Dan Berikut Ini 5 Tips Nya

IndiffsKesehatan bumil atau ibu hamil sangat berpengaruh pada kondisi janin nya, ketika kesehatan sang ibu memburuk, janin akan mengalami hal serupa, hal ini mengharuskan para ibu yang mengandung untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Kondisi tubuh benar-benar mesti dijaga saat sedang mengandung, kesehatan ibu yang prima juga akan membuat janin menjadi sehat selama 9 bulan. Berikut tips menjaga kehamilan yang bisa kamu lakukan!.

1. Rutin Periksa ke Dokter

Salah satu cara mengetahui kesehatan janin adalah dengan memeriksa ke dokter. Dokter akan menjadwalkan kunjungan rutin untuk melihat kondisi ibu dan perkembangan janin. Kunjungan ini dapat membantu mencegah bayi lahir cacat atau prematur.

2. Memilih Makanan Bergizi

Cara ini wajib untuk dilakukan ibu hamil akan kandungan tetap terjaga akan kesehatannya. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan maupun sayuran, aturan ini akan diberikan oleh ahli kesehatan yang menangani ibu hamil.

Dari panduan awal dalam menjaga kehamilan, kamu bisa menanyakan makanan apa saja yang perlu dihindari. Para ahli akan melarang untuk mengkonsumsi ikan dengan kandungan tinggi merkuri yakni, ikan kembung, junk food dan tuna.

Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dikaitkan dengan perkembangan otak dan berat badan bayu yang sehat. Nutrisi yang sangat dibutuhkan selama kehamilan seperti terkandung vitamin C, kalsium, zat besi, adam folat dan protein.

3. Hindari Aktivitas Berat

Kebanyakan ibu akan merasa cepat lelah, karena kemungkinan besar kekurangan darah (anemia). Jika kamu merasakan hal yang sama, sebaiknya jangan memaksakan diri bekerja atau melakukan aktivitas yang terlalu berat pada saat hamil.

Ada yang bisa kamu lakukan dengan menghindari duduk serta berdiri terlalu lama agar sirkulasi darah di dalam tubuh dapat berjalan lancar. Jika merasa lelah cobalah beristirahat dengan berbaring.

4. Tidur yang Cukup

Untuk yang sedang hamil muda, sangat dianjurkan untuk menjaga pola tidur yang baik, selain dapat menunjang fungsi otak dalam sistem imun, tidur yang cukup bisa membuat pertumbuhan tingkat hormon akan lebih terkendali.

5. Mengendalikan Emosi yang Mengakibatkan Gejala Stres

Menjaga kandungan dari gejala stres maupun mengendalikan emosi saat hamil muda, memang lah sulit. Diawal kehamilan, banyak bumil yang mengalami prenatal depression. Jika kamu kewalahan hingga murung, sebaiknya mencari bantuan para ahli kesehatan adalah langkah yang sangat tepat.

Selain itu, kamu dapat mencoba untuk melakukan kegiatan lain yang menenangkan pikiran, menyenangkan hati dan menghindari kamu dari pemicu terjadinya stres.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru