Perut Anda Kembung? Lakukan 5 Cara Alami Ini Untuk Mengatasinya

Admin 0 Komentar

Perut kembung terjadi karena adanya penumpukan gas dalam perut, khususnya saluran pencernaan. Kondisi tersebut sangat mengganggu.

Indiffs – Perut kembung terjadi karena adanya penumpukan gas dalam perut, khususnya saluran pencernaan. Kondisi tersebut sangat mengganggu, oleh sebab itu Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi perut kembung.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perut kembung seperti makanan atau minuman yang dikonsumsi, sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Pada umumnya gejala ini akan hilang dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat apapun. Namun, hal tersebut tetap harus di waspadai jika Anda mengalami perut kembung dalam rentang waktu yang relatif lama.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala ini, simak cara berikut ini:

1. Makan dengan Lambat dan Mengunyah Makanan Sampai Halus

Penyebab gejala ini sering kali adalah makan yang salah, yakni makan terlalu cepat tanpa dikunyah dengan sempurna dan menelan banyak udara. Keadaan ini dapat diatasi dengan mengubah cara makan, yakni makan dengan lebih lambat dan mengunyah makanan sampai halus sebelum menelannya.

Selain itu jangan pula minum pada saat makan, tapi minum setelah makan untuk hindari perut kembung makin parah.

2. Hindari Makanan yang dapat Meningkatkan Gas di Lambung

Beberapa makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan produksi gas di dalam perut. Dengan begitu beberapa makanan , termasuk minuman berkarbonasi, alkohol, makanan tinggi pati, gula, atau serat yang menyebabkan gas perlu dihindari terlebih dahulu untuk mengatasi perut kembung.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat memicu gejala ini:

  • Kacang-kacangan
  • Brokoli
  • Kacang polong
  • Bawang
  • Kubis
  • Bunga kol
  • Pisang
  • Kismis
  • Roti gandum

3. Menghindari Makanan Berlemak

Menghindari makan lemak ini perlu dihindari untuk mengatasi gejala ini. Hal itu dikarenakan, konsumsi makanan hanya akan memperparah keadaan. Makanan berlemak memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat meningkatkan produksi gas di lambung.

4. Berhenti Merokok

Orang yang merokok menelan lebih banyak udara daripada mereka yang tidak. Semakin sering seseorang merokok, makin kian banyak udara yang ditelannya. Tentu saja ada banyak manfaat kesehatan lainnya untuk berhenti merokok.

Orang yang menggunakan rokok elektrik juga menelan lebih banyak udara daripada orang yang tidak, jadi menghindari rokok elektrik juga bisa membantu ketika seseorang memiliki kelebihan gas atau perut kembung.

5. Kompres dengan Air Hangat

Kompres hangat pada area perut dapat menjadi pilihan sebagai cara mengatasi perut kembung yang bisa di praktikan di rumah. Cara ini dapat membuat otot-otot di saluran pencernaan jadi lebih rileks dan dapat menekan rasa tidak nyaman akibat gejala ini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru