Polisi Tangkap Pelaku Penipuan Mahasiswa IPB, Hanya Tertunduk!

Admin 0 Komentar

Kepolisian Resor Bogor akhirnya menangkap pelaku penipuan dengan modus transaksi pinjaman online yang menjerat ratusan mahasiswa IPB.

INDIFFS.COM – Kepolisian Resor Bogor akhirnya menangkap pelaku penipuan dengan modus transaksi pinjaman online yang menjerat ratusan mahasiswa IPB, pelaku tersebut berinisial SAN. SAN ditangkap di kawasan Bogor, masih terus diperiksa intensif oleh Satreskrim Polres Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin memimpin konferensi pers pengungkapan kasus dugaan penipuan yang dilakukan SAN. SAN ditampilkan ke publik dengan mengenakan baju tahanan Polres Bogor berwarna biru.

Jumlah korban aksi penipuan tersangka SAN mencapai 317 orang, dengan 116 korban merupakan mahasiswa IPB University. Adapun total kerugiannya mencapai Rp2,3 miliar. Atas perbuatannya, tersangka SAN terancam hukuman empat tahun penjara.

“Kami sudah mengamankan terduga pelaku dari penipuan yang korban 116 mahasiswa IPB sebagaimana yang dilaporkan di Polres Bogor,” kata Iman di Mapolres Bogor, Cibinong, Kamis (17/11/2022).

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin mengatakan setelah penyidik mencari informasi, ternyata toko yang digunakan pelaku itu milik orang lain. Pelaku juga mengimingi pemilik toko keuntungan 10 hingga 15 persen atas tiap transaksi yang dilakukan korban.

SAN terancam hukuman 4 tahun penjara karena dijerat Pasal 378 dan 378 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) yang berbunyi:
“Barangsiapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi utang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun.”

Menurut pengakuan tersangka, pelaku menilap uang para mahasiswa di Bogor untuk menutupi sejumlah utang. Namun polisi belum mengetahui persis jumlah utang yang dimiliki SAN.

“Pengakuannya banyak utang, kebutuhan pribadi hingga cicilan mobil,” kata Iman.

Polisi masih mendalami penipuan yang dilakukan SAN. Dia menduga SAN terlilit utang pinjol.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru