Posisi Tidur yang Baik dan Perlu Dihindari, Untuk Ibu Hamil!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Dengan melakukan posisi tidur yang baik bagi ibu hamil, ini dapat membantu dan menjaga pertumbuhan serta perkembangan janin yang dikandung.

Indiffs – Waktu dan kualitas tidur yang baik sangat diperlukan bagi ibu hamil, itu di perlukan karena berpengaruh bagi kesehatan pada janin. Tak hanya itu posisi tidur yang benar pun harus diperhatikan bagi ibu yang sedang hamil, tentunya ini juga berpengaruh bagi pertumbuhan janin serta memberikan kenyamanan bagi ibu yang sedang mengandung. Lantas bagaimana posisi tidur yang baik dan benar untuk ibu hamil?

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Penting diperhatikan untuk melakukan posisi tidur yang baik agar nyaman bagi ibu hamil.

1. Berbaring ke Kiri

Memang terdengar remeh, namun ini sangat penting di ketahui bagi ibu yang sedang hamil. Dan posisi ini juga direkomendasikan oleh para ahli. Ini meningkatkan sirkulasi, memberikan darah yang penuh nutrisi rute yang lebih mudah dari jantung kamu ke plasenta untuk memberi makan janin. Berbaring di sisi kiri juga menjaga berat badan kamu yang bertambah.

2. Posisi Tiga Perempat

Dengan cara mempertahankan satu kaki di tekuk dan satu kaki terentang dengan bantal atau bantalan di antara paha kita. Yang dimana hal ini memungkinkan aliran darah yang tepat dan mengurangi ketegangan otot dan persendian kita. Dan posisi ini juga membuat kamu terasa nyaman serta dapat membantu posisi yang tepat jika sedang menyusui nanti.

Tak hanya itu kerap sekali orang yang sedang hamil merasa sesak nafas dan mulas. Berikut ada beberapa tips posisi untuk ibu hamil yang dapat memberikan rasa nyaman dan melindungi bayi selama kehamilan:

Berikan Penyangga Perut dan Punggung

Letakkan bantal di bawah perut dan di antara lutut, dengan memposisikan bantal di bawah perut antara lutut dapat membantu menjaga tubuh tetap miring dan mencegah berguling ke perut atau punggung.

Untuk Mencegah Sesak Nafas dan Mulas

Letakkan bantal di bawah sisi tubuh kamu untuk mengangkat dada yang dapat mencegah sesak nafas. Dan Sangga kepala tempat tidur dengan bantal ini dapat membantu dan menjaga asam di perut kamu dari rasa mulas.

Posisi Tidur yang Perlu Dihindari

Pada usia tiga bulan pertama mungkin tidur terlentang boleh-boleh saja untuk dilakukan, akan tetapi pada bulan selanjutnya tidur dengan posisi terlentang itu tidak baik dan ini sangat tidak di sarankan ini karena dapat menimbulkan tekanan pada pembuluh darah besar dan berisiko menghambat alirah darah pada janin.

Tak hanya itu, tidur dalam posisi terlentang juga berisiko menurunkan aliran darah balik pada ibu yang sedang hamil, yang dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti pusing, sesak napas, dan jantung berdetak lebih cepat. Maka dari pada itu posisi terlentang ini perlu di hindari.

Itulah bagaimana posisi tidur yang baik dilakukan bagi ibu yang sedang hamil agar kesehatan dan pertumbuhan janin tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru