Profil Lieus Sungkharisma, Aktivis Tionghoa yang Meninggal Dunia

Hani Hnsa 0 Komentar

Aktivis Tionghoa, Lieus Sungkharisma meninggal dunia akibat sakit jantung. Lantas, siapakah dia? Simak informasi profil Lieus Sungkharisma

INDIFFS.COM – Aktivis Tionghoa, Lieus Sungkharisma meninggal dunia akibat sakit jantung. Lantas, siapakah dia? Simak informasi profil Lieus Sungkharisma di artikel ini.

Lieus Sungkharisma dikabarkan meninggal dunia karena sakit jantung pada Selasa, 24 Januari 2023 pukul 21.00 WIB. Kabar meninggalnya aktivis sosial keturunan Tionghoa Lieus Sungkharisma disampaikan wakil ketua Umum DPP Gerindra Fadli Zon melalui akun twitternya @fadlizon.

“Selamat jalan Bro Lieun Sungkharisma, aktivis yang berani bicara dan bersikap. Sungguh sedih dan merasa kehilangan. Sy mengenalnya sejak 1992, ketika alm menjadi Ketum Gemabudhi. RIP Lies…” tulis Fadli Zon.

Biodata

  • Nama lengkap : Lieus Sungkharisma
  • Nama Tionghoa: Li Xue Xiung
  • Tempat lahir : Cianjur
  • Tanggal lahir : 11 Oktober 1959
  • Umur : 63 tahun
  • Meninggal : 24 Januari 2023
  • Keturunan : Tionghoa
  • Youtube : Lieus Sungkharisma Official

Profil Lieus Sungkharisma

Lieus Sungkharisma ini memiliki nama lain Li Xue Xiung. Mengutip dari buku Tokoh-tokoh etnis Tionghoa di Indonesia oleh Sam Setyautama, Lieus lahir pada 11 Oktober 1959.

Ia diketahui aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan. Lieus Sungkharisma pernah menjadi bendahara Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Ia juga merupakan kader partai Golkar dan aktif di Angkatan Mula Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Dalam perjalanan hidupnya, ia pernah menduduki berbagai jabatan strategis di organisasi meupun partai politik. Tercatat, ia pernah menjadi ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (Parti) dan Ketua Umum Generasi Muda Buddhis Indonesia (gemabuddhi) pada 1985.

Setahun berikutnya, ia menjadi Wakil Bendahara Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) periode 1986-1991 dan Ketua Perhimpunan Pengusaha Tionghoa DKI Jakarta.

Namanya mulai muncul pada Pilpres 2014 silam sebagai salah satu pendukung Jokowi yang cukup militan. Bahkan, saat itu ia pernah memuat lomba bertajuk ‘Surat untuk Jokowi’.

Beberapa tahun setelahnya, Lieus jadi sosok yang cukup keras mengkritik Ahok yang saat itu menjadi Gubernur DKI Jakarta mengganti Jokowi. Menurutnya, Ahok sama sekali tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pemimpin di DKI Jakarta.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru