Profil Nadia Hawasyi, Qoriah Viral yang Disawer Bak Biduan!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Viral akibat disawer saat mengaji, inilah profil qariah Nadia Hawasyi yang muncul di berbagai media sosial beberapa waktu lalu.

INDIFFS.COM – Baru-baru ini beredar viral video seorang ustadzah yang tengah membaca Al-Quran mendapatkan saweran dari jamaah. Ternyata setelah diselidiki, nama dari ustadzah tersebut adalah Nadia Hawasyi.

Nadia Hawasyi merupakan seorang qoriah dan menjadi salah satu yang terbaik di Tanah Air. Bahkan, ia telah menjadi qoriah internasional dengan beberapa kali ke luar negeri dan melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dengan suaranya yang indah.

Profil Nadia Hawasyi

Memiliki nama lengkap Nadia Hawasyi, ia lahir di Tangerang pada bulan Agustus tahun 2000 lalu. Tahun 2023 ini, usianya akan menjadi 23 tahun. Saat ini, ia fokus pada aktivitasnya sebagai qoriah atau pembaca ayat-ayat suci Al-Quran.

Selain itu, ia juga telah menikah dengan seorang pria bernama Firmansyah. Dimana ia dan suaminya bertunangan pada 12 April 2021 dan melangsungkan pernikahan pada 29 Agustus 2021 silam.

Adapun latar belakang sendiri ialah seorang putri dari pimpinan pondok pesantren An-Nawawiyah, almarhum KH Hawasyi Nawawi.

  • Nama lengkap: Nadia Hawasyi
  • Tempat, tanggal lahir: Banten, Agustus 2022
  • Profesi: Qoriah
  • Nama Suami: Firmansyah
  • Kanal YouTube: Nadia Hawasyi real
  • Akun Instagram: @nadia_hawasyi605

Prestasi

Melansir dari berbagai sumber, Nadia merupakan seorang qoriah atau seorang pembaca ayat suci Al Quran yang berasal dari Tangerang, Banten.

Ia juga termasuk qoriah berpertasi yang pernah meraih juara dua ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) cabang mujawwad remaja tahun 2019 silam.

Kemudian, pada tahun 2021, Nadia meraih penghargaan terbaik pertama pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Banten, cabang mujawwad remaja.

Atas prestasinya, Nadia mendapatkan anugerah penghargaan sebagai qariah muda inspiratif dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Deputi Pengembangan Pemuda H Asrorun Niam Sholeh kepadanya.

Klarifikasi Nadia dari Video yang Tengah Viral

Usai kejadian video viral yang memperlihatkan ia mendapatkan saweran disaat membaca ayat suci Al Qur’an, Nadia angkat bicara melalui media sosial.

Terus terang, ia sendiri geram dan merasa tidak dihargai terlebih posisinya tengah membaca kitab suci. Di sisi lain, dia menjelaskan tidak dapat langsung melontarkan teguran lantaran ada adab yang harus ditunaikan saat melafalkan ayat suci.

Hal itu yang membuat Nadia hanya bisa menanggalkan uang saweran dari kepalanya dan melanjutkan tilawah.

Assalamualaikum ustd, saya juga merasa tidak dihargai ustd, karena saya merasa tidak dihargai ustd, karna saya posisinya lagi ngaji, tidak mungkin mau marah-marah, di atas panggung, karena itu salah satu adab membaca Al-Qur’an. Saya tidak mungkin langsung marah pada saat saya sedang ngaji. Makanya saya cuma cabut uang yang ada di kerudung saya. Setelah saya turun panggung baru saya tegur panitianya,” ucap dia.

Qariah internasional itu juga menegaskan bila dirinya tidak tahu menahu akan disawer oleh panitia dalam acara tersebut. 

Meski demikian, Nadia mengatakan bila dirinya telah menegur para panitia agar kejadian serupa tak kembali terulang di kemudian hari. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru