Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Total Dana Hingga Miliaran

Dini NHaH 0 Komentar

Kini tengah diperbincangan ratusan mahasiswa IPB terjerat pinjol. Jika ditotal hutang pinjol dari ratusan mahasiswa ini mencapai miliaran.

INDIFFS.COM – Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) diduga terjerat pinjaman online (pinjol) untuk usaha penjualan online. Rektor IPB Arif Satria menyampaikan IPB telah mempelajari kasus ini dan mengambil langkah cepat untuk menanganinya.

Kasus ini terbongkar bermula dari adanya aduan orang tua mahasiswa. Kepala Biro Komunikasi IPB University Yatri Indah Kusumastuti menyebut peristiwa ini seperti fenomena gunung es.

Polresta Bogor telah menerima dua laporan resmi dan 29 laporan pengaduan dari 311 mahasiswa IPB mengaku terjerat pinjaman online akibat ingin investasi di salah satu toko akun online dengan iming-iming keuntungan 10 persen namun tidak menerimanya sesuai janji.

Dalam kasus ini, sejumlah korban didatangi penagih utang ke rumahnya. Penagih utangnya itu berkisar Rp3 juta – Rp13 juta. Sementara, penjualan online itu nyatanya tidak menguntungkan.

Dampak dari berhutang ke pinjol ini menyebabkan para mahasiswa ditagih debt collector. Selain mengganggu fokus belajar, ini juga berdampak pada kesehatan mental para mahasiswa. Mirisnya debt collector tersebut mengejar-ngejar mereka untuk segera membayar uang yang telah dipinjam.

Rektor IPB, Arif juga menyebut telah mengambil sejumlah langkah untuk menangani kasus pinjol yang menjerat para mahasiswa. Mulai dari membuka posko pengaduan, memilah-milah tipe kasus yang ada, mempersiapkan bantuan hukum, hingga melakukan upaya literasi keuangan untuk para mahasiswa.

Lebih lanjut Arif megatakan IPB sedang berkomunikasi dengan para mahasiswa yang diduga terjerat kasus pinjol tersebut. Yatri menyatakan sangat prihatin mendapati berita tersebut.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru