Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton Saat Hari Santri Nasional

Admin 0 Komentar

Rekomendasi film dengan tema santri yang dapat ditonton dalam memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022.

INDIFFS.COM – Hari Santri Nasional 2022 akan diperingati pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober. Untuk merayakan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022, bisa diisi dengan menonton film dengan tema santri. Nah, berikut ini terdapat rekomendasi film dengan tema santri yang dapat kamu tonton dalam memperingati Hari Santri Nasional.

1. Perempuan Berkalung Sorban

Perempuan Berkalung Sorban

Perempuan Berkalung Sorban – Hotstar

Rekomendasi yang pertama yaitu film perempuan berkalung sorban. Film tahun 2009 ini menceritakan tentang seorang wanita yang memperjuangkan hak wanita yang memiliki kesetaraan dalam segala hal dengan laki-laki. Perempuan Berkalung Sorban juga menceritakan tentang kisah seorang wanita yang ingin merdeka dari tradisi Islam konservatif.

Melalui film “Perempuan Berkalung Sorban” ini, Revalina S. Temat memenangkan Indonesia Movie Awards kategori Pemeran Utama Wanita Ter-favorit dan Reza Rahadian memenangkan Piala Citra kategori Pemeran Pembantu Pria Terbaik.

2. Negeri 5 Menara

Film Santri Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara – Fimela.com

Film ini terlaris pada tahun 2012 yang diangkat dari novel karya Ahmad Fuadi. Berawal dari 5 anak pesantren menceritakan kisahnya dari berbagai asal daerah tempat tinggal mereka serta kehidupan di masa pesantren.

Selain itu juga, para 5 orang pesantren ini memiliki impiannya untuk dapat keluar negeri, yang disebut dengan 5 menara. Buat kamu yang belum nonton atau lupa dengan ceritanya. Coba tonton lagi deh, seru dan meng-inspirasi pastinya.

3. Sang Kiai

Film Sang Kiai

Sang Kiai – Hotstar

Film tahun 2013 ini mengambil latar perang dunia kedua saat Jepang menjajah Indonesia. Sang Kiai memperlihatkan perjuangan KH. Hasyim Asyari sebagai ulama besar di salah satu pesantren ternama di Indonesia, Tebuireng, yang turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, film ini memperlihatkan bahwa para santri juga turut berjuang dalam perang kemerdekaan Indonesia.

Harun yang diperankan oleh Adipati Dolken menunjukkan sisi santri yang turut berjuang dengan memegang teguh akidah agamanya dan betapa para santri sangat menghormati para ulama yang mereka cintai.

4. Pesantren Impian

Pesantren Impian

Pesantren Impian – CatchPlay

Film drama-psikologis horor seru Indonesia ini di rilis pada 3 Maret 2016. Pesantren Impian ini di bintangi oleh Prisia Nasution, Fachri Albar, Dinda Kanyadewi, dan Indah Permatasari. Menceritakan tentang sepuluh gadis mendapatkan undangan misterius untuk tinggal di Pesantren Impian.

Pondok pesantren terpencil itu didirikan Gus Budiman untuk memberi kesempatan kedua bagi mereka yang mempunyai masa lalu gelap. Sissy, seorang model, datang dengan sahabatnya, Inong, yang menyimpan masalah sendiri. Butet dengan kasus narkoba nya. Sri hadir dengan skandal pelacuran. Sementara Rini yang tampak lugu, ternyata hamil di luar nikah.

Selain mereka ada sederet nama lain dengan persoalan masing-masing. Termasuk Eni, polwan muda, cerdas dan ambisius, yang sedang mengusut kasus pembunuhan di Hotel Crystal, dan mendapat petunjuk tersangka nya berada di Pesantren Impian.

5. SARUNG

Film Sarung

Sarung

Film berjudul SARUNG (Santri Untuk Negeri) ini merupakan salah satu film karya sutradara muda asal Blitar, Grantika Pujianto. Film Sarung ini dirilis pada tanggal 31 Januari 2022 di kanal YouTube Rumah Kreatif Production dengan menceritakan kultur budaya, ciri khas pesantren, serta kehidupan di dalamnya.

Santri Untuk Negeri ini mengisahkan tentang seorang santri dan sahabatnya dalam Pengabdiannya di pondok pesantren dan di masyarakat. Di ceritakan sekelompok santri dengan berbagai macam karakter bisa menyatu dengan romantisme di sebuah pondok pesantren Salafiyah an-Nahdliyah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru