Resep Membuat Seekh Kabab Ala Pakistan, Mudah dan Lezat!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ingin membuat seekh kabab tapi bingung gimana sih caranya? Jangan khawatir disini ada resep nya dijamin lezat dan praktis loh, coba di rumah yuk!

Indiffs – Seekh kabab adalah makanan Asia Selatan yang sering ditemui di daerah Pakistan. Jenis Kebab ini merupakan hasil olahan dari daging giling yang di lilitkan pada tusuk sate dan di panggang atau di bakar. Seekh kebab ini mempunyai cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Maka tak heran juga jika banyak pencinta kuliner yang mencari resep seekh kabab.

Kebab merupakan makanan pembuka daging yang lezat. Penuh dengan daging giling yang dibumbui, serta dimasak di atas panggangan atau di dalam oven tanah liat. Asal usulnya sulit ditentukan, karena banyak masakan di sekitarnya memiliki beberapa versi kebab, tetapi dagingnya selalu memiliki banyak bumbu dan rempah yang akan dimasak dengan sempurna.

Seekh Kebab biasanya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, jahe, cabai hijau, rempah-rempah, dan rempah-rempah. Kebab Seekh Pakistan ini sering dibuat dengan daging sapi giling, namun bisa juga dibuat dengan daging domba atau ayam giling.

Resep Seekh Kabab

Jika penasaran ingin merasakan masakan kuliner yang satu ini, Anda bisa mencobanya dengan membuat sendiri dirumah dengan bahan dan cara di bawah ini ya.

Bahan-Bahan

  • 500 gram daging domba giling ( bisa pake daging ayam atau sapi)
  • 1/2 cangkir bawang bombai cincang halus (sekitar 1 bawang bombay sedang)
  • 1/2 cangkir ketumbar segar , cincang
  • 1 sendok makan yogurt tawar tanpa pemanis
  • 2 sendok teh jus lemon
  • 2 sendok teh bawang putih cincang
  • 2 sendok teh jahe cincang
  • 1 1/2 sendok teh garam halal
  • 1 sendok teh garam masala
  • 2 sendok teh cabai hijau cincang halus , secukupnya, opsional
  • Minyak sayur , untuk panggangan
  • 1 bawang besar , potong cincin tipis

Cara Membuat Seekh Kabab

  1. Pertama-tama kumpulkan semua bahan, jangan sampai ada yang ketinggalan.
  2. Campurkan semua bahan seekh kebab kecuali untuk minyak.
  3. Gunakan tangan atau sendok untuk mengaduk bahan secara menyeluruh hingga adonan tercampur rata. Tutup dan dinginkan selama 2 jam atau hingga adonan mengeras.
  4. Bagi adonan daging menjadi 4 bagian yang sama. Kemudian ambil setiap porsi dan bentuk menjadi kebab panjang seperti sosis sambil menekan tusuk sate logam datar. Lakukan ini sampai adonan menempel kuat pada tusuk sate.
  5. Gunakan sedikit air di tangan untuk mencegah daging menempel di tanga, ulangi proses dengan setiap porsi.
  6. Tempatkan kebab yang ditusuk di atas piring atau loyang kecil. Jika tidak langsung dimasak, tutup dengan cling film dan simpan di lemari es.
  7. Panaskan panggangan sampai matang sedang. Kemudian olesi panggangan dengan minyak agar tidak lengket. Panggang kebab sekitar 5 menit per sisi menggunakan spatula untuk membaliknya dengan hati-hati, sampai matang dengan bagian luar yang berkerak. Suhu aman minimum untuk konsumsi domba adalah 145 F—jika memungkinkan, periksa dengan termometer baca instan .
  8. Tempatkan cincin bawang mentah di piring saji, pindahkan kebab yang sudah dimasak ke piring dan sajikan.

Tips Membuat Seekh Kabab

  • Untuk kebab daging giling, tusuk sate logam persegi panjang datar bekerja lebih baik daripada tusuk sate logam bulat tipis atau bambu. Daging akan lebih mudah menempel dan terbentuk di sekitar tusuk sate jenis ini dan tidak akan berputar saat dibolak-balik di atas panggangan.
  • Jika tidak langsung memanggang kebab, dinginkan kebab mentah yang ditusuk untuk menjaganya pada suhu yang aman untuk makanan, serta agar tetap kokoh dan kecil kemungkinannya untuk hancur di atas panggangan.

Nah itulah cara membuat seekh kabab yang bisa Anda coba praktikkan di rumah, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru