Resep Empanada Makanan Khas Spanyol yang Menggugah Selera

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Resep Empanada ini bisa kamu buat sebagai sajian hidangan untuk tamu, yang memiliki cita rasa ala Spanyol, dan dijamin menggugah selera.

INDIFFS.COM – Empanada merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Spanyol. Jika dilihat dari bentuknya, empanada ini hampir mirip seperti pastel, namun bedanya hanya dari cara masaknya. Empanada ini dipanggang, sedangkan pastel di masak dengan cara di goreng. Resep yang disajikan dalam Empanada ini sedikit berbeda dengan pastel.

Empanada ini biasanya berisikan daging ayam atau daging sapi dengan bumbu yang terdiri dari saus tomat, oregano, bawang bombai, dan menghadirkan cita rasa yang lezat dan berbeda. Penasaran bagaimana cara membuat makanan yang satu ini. Penasaran bagaimana cara membuat empanada? Berikut resep empanada yang bisa kamu buat:

Bahan-Bahan:

  • 180 gr tepung terigu protein sedang, misal merk segitiga biru atau bola salju
  • 1/4 sendok teh garam
  • 85 gr mentega atau bisa juga gunakan margarin
  • 1 butir telur ukuran kecil
  • 20-40 ml susu cair suhu ruang

Bahan Isian:

  • 1 kaleng tuna in brine berat 185gr, hancurkan potongan tuna dengan garpu
  • 150 gr sayuran beku campur, lihat cara membuat homemade frozen mixed vegetables
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran kecil
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 9-10 butir telur puyuh rebus, bagi 2 masing-masing

Bahan Olesan :

  • 1 buah kuning telur
  • 1/4 sendok teh madu

Cara Membuat :

Tahapan yang harus kamu lakukan dalam membuat empanada ini terbagi menjadi beberapa langkah.

Langkah Pertama Membuat Bahan Isian:

  1. Pertama tama kamu harus menumis bawang putih dan bawang bombai di atas wajan dengan ukuran api yang sedang. Lakukan masak ini hingga tercium bau harum
  2. Tambahkan sayuran serta tuna kaleng, merica bubuk, masak hingga matang dan jangan lupa untuk mengaduk nya. Jika sudah matang, tiris kan dan dingin kan sebentar.

Langkah Selanjutnya Membuat Adonan Kulit Empanada:

  1. Campurkan tepung terigu, garam, dan tambahkan mentega atau margarin, tambahkan telur, susu cair dan aduk hingga tercampur merata. Tambahkan bahan tersebut secara perlahan sampai didapatkan adonan yang lembut dan menyatu. Jangan lakukan penambahan bahan secara sekaligus.
  2. Setelah itu, bulatkan adonan tersebut dan bungkus dengan plastik wrap. Kemudian simpan di dalam kulkas selama 1 hingga 2 hari, atau kamu juga bisa digunakan secara langsung.
  3. Selanjutnya, ambil adonan sedikit sedikit dan bulatkan adonan tersebut, lalu gilas hingga setebal kurang lebih 2 mm.
  4. Sisihkan bagian adonan kulit berlebih untuk disatukan dengan kulit berlebih lainnya.
  5. Jika sudah kamu bisa memasukan bahan isian yang telah kamu buat sebelumnya. lalu tutup dengan adonan sisa dan lipat lalu rekatkan kemudian pilin seperti memilin pastel atau panada, bisa juga tekan dengan garpu.
  6. Lalu, Letakkan pada loyang yang sudah dioles minyak atau margarin. Lakukan hingga semua adonan kulit termasuk kulit berlebih sebelumnya habis.
  7. Sementara itu melakukan proses di atas, panaskan oven, dengan di suhu 180 derajat celcius. Kemudian, olesi permukaan empanada dengan campuran kuning telur dan madu.
  8. Setelah itu, panggang selama kurang lebih 15 hingga 20 menit sampai permukaan kuning. Jika sudah berwarna keemasan, keluarkan dari oven lalu dinginkan. Dan Empanada siap di sajikan.

Itulah resep Empanada yang mudah dan lezat. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru