Resep Gyudon, Japanese Beef Rice Bowl yang Menggiurakan!

Admin 0 Komentar

Ingin mengetahui apa sih resep dari makanan khas jepang gyudon ini? Penasaran yaa, yuk simak saja langsung penjelasan dan cara membuatnya disini!

INDIFFS.COM  – Pada dasarnya Gyudon merupakan hidangan daging sapi berlemak yang diiris tipis yang berasal dari negara Jepang, banyak pencinta kuliner yang penasaran akan rasa dan gurihnya makanan yang satu ini. Sehingga, banyak orang yang ingin mengetahui resep gyudon

Gyudon ini adalah hidangan sapi berlemak dan dimasak dengan campuran mirin dan kecap manis yang disajikan dia atas nasi. Sake juga terkadang ditambahkan untuk menambah citra rasa. Irisan tipis daging sapi dan bawang bombai yang dimasak dengan saus manis gurih, Gyudon atau Japanese Beef Rice Bowl, identik dengan kenyamanan. Ini telah menjadi makanan pokok dalam masakan jepang selama dari 150 tahun! dan menjadi makanan cepat saji yang sempurna untuk hari kerja yang sibuk bagi orang jepang.

Gyudin di Jepang ini dikenal sebagai makanan cepat saji yang enak dan juga murah. Makanan ini sangat terkenal dikalangan pembisnis dan pemuda. Jika penasaran dengan rasanya, yuk simak bahan-bahan dan cara membuat makanan khas Jepang dibawah ini!

Bahan-bahan:

  • Minyak netral (seperti minyak sayur atau minyak canola)
  • 2 bawang bombay sedang (iris sangat tipis)
  • 1 pon daging sapi yang diiris sangat tipis (450 gram, chuck daging sapi berlemak atau ribeye)
  • 2 sendok teh gula
  • 2 sendok makan mirin
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 cup kaldu dashi (bisa juga diganti kaldu sapi atau ayam)
  • 4 butir telur
  • 4 cangkir nasi putih matang (lebih disukai biji-bijian pendek atau biji-bijian sedang)
  • 1 daun bawang (cincang)
  • 2 sendok teh biji wijen panggang (opsional)

Cara Membuat Gyudon:

  1. Pertama-tama panaskan 2 sendok makan minyak dalam wajan besar di atas api sedang, lalu masak irisan bawang selama sekitar 10 menit sambil diaduk.
  2. Tambahkan daging sapi dan gula pasir, kemudian masak hingga daging sapi agak kecoklatan.
  3. Tambahkan mirin, kecap asin, dan kaldu. Kemudian didihkan, dan masak selama sekitar 10-15 menit untuk mengurangi kaldu menjadi saus tipis. Cicipi bumbunya, dan tambahkan sedikit kecap asin jika perlu. Setelah itu, panaskan lagi beberapa sendok makan minyak dalam wajan besi atau wajan anti lengket. Kemudian masak telur dengan sisi cerah. Anda bisa memasaknya dalam batch jika diperlukan dan kuning telur harus tetap cair!
  4. Saat daging sapi sudah matang, bagi nasi ( nasi putih berbutir pendek atau sedang adalah yang terbaik untuk ini) di antara 4 mangkuk, dan taburi dengan daging sapi dan telur untuk setiap mangkuk. Hiasi dengan daun bawang cincang dan biji wijen panggang, jika menggunakan.

Tak hanya enak, makanan ini memiliki sejarah yang dikenal berasal dari hidangan hot pot daging sapi yang disebut “gyunabe”  selama Era Meiji di Jepang (1868-1912). Sampai saat ini, orang Jepang sangat dilarang makan daging sapi karena alasan agama dan praktis. Mengkonsumsi daging bertentangan dengan filosofi Buddhis, dan memakan hewan ternak yang berguna untuk pekerjaan sebagian besar tidak dianjurkan.

Itulah resep bahan dan cara membuat gyudon khas jepang yang bisa kamu ikutin dan kamu ketahui. Selamat Mencoba!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru