Resep Kimchi Sawi Putih, Makanan Otentik Khas Negara Korea

Admin 0 Komentar

Berikut resep kimchi makanan tradisional khas korea yang bisa kamu buat dengan cara sederhana mudah, dan praktis ala rumahan.

INDIFFS.COM – Siapa nih disini yang suka makanan khas korea? Resep kimchi bisa menjadi rekomendasi nya lho. Kimchi merupakan salah satu makanan tradisional khas korea dimana terbuat dari asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Tentu cita rasa yang disajikan nya pun menggugah selera, dan rasanya lah yang menjadi kegemaran masyarakat.

Kimchi ini juga memiliki cita rasa yang asam, dan berwarna kemerahan karena dalam pembuatan nya menggunakan cabai. Kimchi ini bisa dikonsumsi secara langsung sebagai pendamping makanan ataupun bisa diolah terlebih dahulu.

Bukan sekedar memiliki manfaat karena berbahan sayuran, kimchi juga sangat mudah untuk di buat bahkan kamu bisa membuatnya. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini resep kimchi makanan khas korea.

Resep Kimchi Sawi Putih

Mau mencoba buat kimchi yang enak dirumah? Selengkapnya, simak yuk!

Bahan-bahan:

  • 500 gram sawi putih
  • 1 buah wortel (potong seukuran korek api)
  • 2 batang daun bawang (iris)

Bahan Bumbu:

  • 1/2 butir buah pir
  • 5 butir bawang bombai
  • 25 ml kecap ikan teri korea
  • 2 sendok makan madu
  • 50 gram bubuk cabai korea
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 1/4 sendok makan kaldu jamur
  • 100 ml air
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat kimchi adalah dengan mencuci sawi putih yang telah disediakan, lalu belah menjadi 3 bagian dan simpan pada wadah bersih.
  2. Selanjutnya, campur kan sawi tersebut dengan air garam dan rendam selama 30 menit lamanya.
  3. Kemudian, jika sudah di rendam selama 30 menit, angkat dan tiris kan. Jika sudah beri kembali garam halus secara menyeluruh hingga permukaan nya dan diamkan selama 2 jam sampai batang sawi tersebut layu.
  4. Jika sudah, peras lembut sawi hingga airnya hilang, dan cuci bersih sebanyak 2 kali dengan air mentah dan satu kali dengan air matang. Lalu, peras kembali hingga air hilang dan tiris kan.
  5. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam membuat kimchi ini ialah membuat adonan tepung. Yakni dengan cara, campur kan air dengan tepung beras pada panci lalu panaskan sambil di aduk secara rata.
  6. Setelah itu, tambahkan kaldu atau bumbu penyedap dan gula. Masak hingga mengental dengan api ukuran sedang.
  7. Kemudian, jika sudah mengental matikan api dan biarkan adonan tersebut menjadi dingin. Lalu, campur kan semua bahan bumbu yang telah di sediakan serta, adonan tepung beras, sayur dan sawi.
  8. Selanjutnya biarkan kimchi tersebut di dalam wadah yang tertutup dan simpan selama 2 hari lamanya agar terfermentasi. Dan simpan di dalam kulkas atau lemari pendingin.
  9. Jika sudah di simpan selam 2 hari lamanya, kamu bisa menghangat kan kimchi tersebut dan menyajikan nya didalam wadah. Lalu, kimchi siap di sajikan dan dinikmati.

Itulah cara membuat kimchi yang bisa kamu lakukan dirumah dengan muda dan praktis. Bagaimana tertarik mencobanya?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru