Resep Kue Red Velvet dengan Cream Cheese Frosting Lezat

Resa Azzahra 0 Komentar

Resep kue red velvet menjadi kue favorit setiap kalangan. Tak heran sih, karena rasanya lezat dan lembut. Gimana mau coba? Simak ulasannya!

INDIFFS.COM – Resep Kue Red Velvet merupakan resep kue yang banyak di cari. Sebab, red velvet cake sering ditemukan dalam beberapa cafe dan toko kue. Tak heran dengan rasanya yang lezat, varian kue ini cepat ludes.

Menjadi salah satu makanan manis yang memiliki banyak penggemar adalah red velvet cake. Ya, kue berwarna merah ini mempunyai tekstur yang lembut dan vantuk dengan tampilan merahnya.

Jika kamu ingin membuat kue bolu sendiri dirumah. Berikut ini resep kue terkenal dan lezat yang dapat kamu coba. Dijamin bakal ketagihan!

Bahan

Untuk membuatnya jangan lupa perhatikan bahan berikut ini yaa!

  • 3 cangkir tepung kue (sendok & diratakan)
  • 1 sendok teh soda kue
  • 2 sendok makan bubuk kakao alami tanpa pemanis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 cangkir mentega tawar, lunak kan sampai suhu kamar
  • 2 cangkir gula pasir
  • 1 cangkir minyak sayur
  • 4 telur besar, suhu kamar dan dipisahkan
  • 1 sendok makan ekstrak vanilla murni
  • 1 sendok teh cuka putih suling
  • pewarna makanan cair atau gel berwarna merah
  • 1 cangkir buttermilk, pada suhu kamar

Krim Kue

  • 16 ons keju krim blok penuh lemak, lunakkan hingga suhu kamar
  • 3/4 cangkir mentega tawar, lunakkan sampai suhu kamar
  • 5 dan 1/2 cangkir gula manisan
  • 1 dan 1/2 sendok teh ekstrak vanila murni
  • Sejumput garam, secukupnya

Cara Membuat Kue Red Velvet

  1. Memanaskan lebih dulu oven ke 177° C. Olesi dua loyang kue berukuran 9 inci, lapisi dengan kertas roti bundar, lalu olesi kertas roti. Kertas perkamen membantu kue terlepas dengan mulus dari loyang.
  2. Untuk membuat kue, kocok tepung, soda kue, bubuk kakao, dan garam bersama dalam mangkuk besar. Sisihkan.
  3. Gunakan mixer untuk kocok mentega dan gula bersama-sama dengan kecepatan sedang-tinggi hingga tercampur, sekitar 1 menit. Gosok sisi dan bagian bawah mangkuk dengan spatula karet sesuai kebutuhan.
  4. Tambahkan minyak, kuning telur, ekstrak vanila, dan cuka, lalu kocok dengan kecepatan tinggi selama 2 menit. (Sisihkan putih telur.) Gosok sisi dan bagian bawah mangkuk dengan spatula karet sesuai kebutuhan.
  5. Pakai mixer dengan kecepatan rendah, tambahkan bahan kering dalam 2-3 tambahan bergantian dengan buttermilk. Kocok dalam jumlah pewarna makanan yang di inginkan sampai tercampur.
  6. Kocok 4 putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang sekitar 3 menit. Lipat dengan lembut ke dalam adonan kue. Adonan akan menjadi halus dan sedikit kental.
  7. Bagi adonan di antara loyang kue. Panggang selama 30-32 menit atau sampai bagian atas kue muncul kembali saat disentuh dengan lembut dan tusuk gigi yang dimasukkan di tengah keluar bersih. Jika kue membutuhkan waktu lebih lama seperti yang ditentukan oleh remah-remah basah pada tusuk gigi, panggang lebih lama. Namun, hati-hati jangan sampai overbaking karena kue bisa mengering.
  8. Jika sudah, keluarkan kue dari oven dan dinginkan sepenuhnya di dalam panci yang diletakkan di rak kawat. Kue harus benar-benar dingin sebelum dibekukan dan dirakit.
  9. Buat Frosting. kocok krim keju dan mentega bersama-sama dengan kecepatan sedang-tinggi hingga halus, sekitar 2 menit.
  10. Tambahkan gula manisan, ekstrak vanila, dan sedikit garam. Kocok dengan kecepatan rendah selama 30 detik, lalu tingkatkan ke kecepatan tinggi dan kocok selama 3 menit hingga benar-benar tercampur dan lembut.
  11. Tambahkan lebih banyak gula manisan jika frosting terlalu encer atau sedikit garam jika frosting terlalu manis. Frosting harus lunak, tetapi tidak encer.
  12. Rakit dan membekukan: Gunakan pisau bergerigi besar, potong lapisan tipis dari bagian atas kue untuk membuat permukaan yang rata. Buang hancurkan kue yang sudah jadi. Tempat 1 lapisan kue di dudu kan kue atau piring saji.
  13. Tutup bagian atasnya dengan fresting secara merata. Taburi dengan lapisan ke-2 dan sebarkan sisa frosting ke seluruh bagian atas dan samping.
  14. Setelah itu, dinginkan kue selama 30-60 menit sebelum mengiris. Ini membantu kue menahan bentuknya saat dipotong.
  15. Tutupi sisa kue dengan rapat dan simpan di lemari es selama 5 hari. Frosted cake atau unfrosted cake layer bisa dibekukan hingga 2-3 bulan.
  16. Lelehkan semalaman di lemari es dan bawa ke suhu kamar sebelum mendekorasi atau menyajikan.

Demikianlah cara dan bahan membuat kue red velvet super enak dan lezat, dijamin kamu akan ketagihan. Selamat mencoba yaa!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru