Resep Mango Sticky Rice Ala Thailand, Bisa Jadi Ide Bisnis

Dini NHaH 0 Komentar

Secara visual, mango sticky rice memiliki warna campuran antara putih dari beras ketan dan vla serta warna orange dari buah mangga yang menyegarkan dengan resep yang sederhana.

indiffs – Desert atau camilan manis khas Thailand ini sangat populer. Sesuai namanya, dibuah dari ketan yang dikukus dan isian mangga segar yang manis juicy. Yuk simak resep mango sticky rice ini dan bisa di praktikkan di rumah.

Di Thailand bagian utara dan selatan sajian dari ketan dan mangga ini sangat populer. Meskipun dapat dengan mudah ditemui di penjaja makanan kaki lima. Di sana disebut khao neow mamuang, khao neow artinya ketan dan mamuang berarti mangga. Kedua bahan ini sangat melimpah di Thailand.

Rahasia kelezatan mango sticky rice terletak pada beras ketan yang dikukus hingga lembut pulen. Sementara buah mangga yang masak dengan rasa  manis juicy menjadi paduan yang istimewa. Siraman saus santan dan taburan biji wijwn atau biji kacang hijau sangrai menambah lezat sajian ini.

Tidak sulit membuat mango sticky rice, asalkan memakai ketan yang pulen legit dan mangga jenis manis juicy sajian ini bisa puas kamu nikmati. Berikut ini resep untuk membuat mango sticky juicy yang lembut:

Bahan-bahan:

  • 1 1/2 cup (250 gram) beras ketan putih
  • 2 cup (500 ml) air bersih
  • 1 1/2 cup (375 ml) santan
  • 1 cup (225 gram) gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 cup (125 ml) santan
  • 1 sendok makan gula putih
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • 3 buah mangga matang ukuran sedang, kupas dan iris-iris
  • 1 sendok makan biji wijen

Cara Membuat:

  1. Campurkan beras ketan putih dan air dalam panci, kemudian masak sampai mendidih. Setelah mendidih, tutupi panci dan kecilkan api. Rebus hingga air terserap, sekitar kurang lebih 20 menit.
  2. Sementara nasi ketan dimasak, campurkan 1 1/2 cangkir santan, 1 cangkir gula, dan 1/2 sendok teh garam dalam panci. Masak dengan api sedang sampai mendidih sambil diaduk.
  3. Angkat dari api dan sisihkan. Aduk nasi ketan ke dalam campuran santan. Lalu tutup dan biarkan dingin selama satu jam.
  4. Buat saus dengan mencampurkan 1/2 cangkir santan, 1 sendok makan gula, 1/4 sendok teh garam, dan tepung tapioka di dalam panci. Masak sampai mendidih sambil diaduk.
  5. Letallam letan di atas piring saji. Tata mangga di atas ketan. Tuang saus di atas mangga dan ketan. Lalu taburi dengan biji wijen.
  6. Mango sticky rice siap disajikan.

Nah, itulah resep mango sticky rice yang dapat di praktikkan di rumah menjadi ide bisnis teman-teman. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru