Resep Membuat Kue Lapis Pandan yang Mudah, Dijamin Enak dan Lezat!

Admin 0 Komentar

Kue lapis merupakan kuliner tradisional khas Indonesia yang masih lestari hingga saat ini, kue lapis yang enak juga cukup mudah dibuat .

indiffs – Kue lapis merupakan salah satu jenis kue jajanan pasar yang banyak digemari, juga memiliki rasa yang manis dan tampilannya yang warna warni membuat kue tradisional yang satu ini cocok disuguhkan pada saat acara keluarga atau sekedar camilan di sore hari.

Kue basah yang terbuat dari campuran beberapa bahan, terutama tepung beras dan tepung kanji. Selain itu, kue ini juga merupakan kue khas dari Indonesia yang telah benyak mengalami variasi dan modifikasi.

Berikut resep membuat kue lapis pandan yang enak dan lezat, yuk simak!

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung kanji/tapioka
  • 25 gram tepung terigu segitiga
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 800 ml air santan dari 1/2 buah kelapa parut
  • 5 lembar daun pandan. ikat sampul
  • 2 lembar daun jeruk purut

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung kanji, tepung terigu dan vanili bubuk. Kemudian aduk sampai tercampur rata, lalu sisihkan.
  2. Masak air santan, gula pasir, garam, daun pandan, daun jeruk dengan api kecil sambil di aduk-aduk sampai mendidih. Kemudian angkat dan tunggu sampai hangat, lalu tuangkan ke dalam tepung yang telah dicampur tadi, dan aduk sampai tercampur rata lalu di saring.
  3. Ambil adonan sebanyak 100 ml lalu tambahkan pewarna makanan cair warna orange kurang lebih 3-5 tetes, lalu aduk-aduk dan sisihkan.
  4. Sisa adonannya di bagi dua sama rata, satu bagian biarkan putih polos, lalu satu bagian lagi tambahkan 2 sendok makan air endapan sari pandan dan 3 tetes pewarna makanan cair warna hijau muda. Aduk-aduk sampai rata dan sisihkan.
  5. Panaskan terlebih dahulu alat kukusannya, lalu siapkan loyang persegi ukuran 16 x 16 cm, kemudiam olesi dengan minyak tipis-tipis, setelah itu panaskan terlebih dahulu loyangnya.
  6. Tuangkan adonan warna putih sebanyak 100 ml ke dalam loyang, kemudian kukus selama kurang lebih 5 menit, lalu buka tutup kukusannya, dan tuangkan adonan warna hijau sebanyak 100 ml ke atas lapisan warna putih tadi.
  7. Kemudian kukus kembali selama kurang lebih 5 menit, lalu tuangkan adonan warna putih di atas lapisan hijau tadi, lalu kukus selama kurang lebih 5 menit dan tunggu sampai benar-benar dingin.
  8. Setelah itu, potong-potong dengan pisau plastik.
  9. Kue kukus pandan siap di sajikan.

Nah itu dia resep membuat kue lapis pandan yang enak dan lezat dan pasti nya mudah untuk dibuat, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru