Resep Nastar Nanas Lembut dan Enak, Cemilan Khas Lebaran!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kue nastar yang diisi dengan selai buah nanas ini memiliki tekstur yang meleleh dimulut. Ingin membuatnya? Intip resep nastar nanas disini!

INDIFFS.COM – Resep kue nanas atau nastar nanas adalah makanan tradisional Indonesia. Kue ini bagian luarnya renyah manis dengan isian selai nanas yang asam manis. Variasi bentuk dan paduan adonannya sangat beragam. Ada yang digulung, dibentuk keranjang, daun, nanas atau ketupat.

Popularitas kue nanas tidak bisa dikalahkan oleh stik keju (kastengel) yang renyah ini . Keduanya adalah kue lebaran yang biasanya ada di rumah orang Indonesia saat Natal, Tahun Baru Imlek, dan Ramadhan. Jika Anda mencari kue manis buah, disarankan mencoba nastar karena tidak akan mengecewakan.

Bahan-bahan

Untuk membuat nya perhatikan bahan-bahan berikut ini:

Selai nanas:

  • 500 gram nanas tanpa kulit
  • 3 gram cengkeh utuh *opsional atau sesuaikan selera
  • 1 batang kayu manis *opsional atau sesuaikan selera
  • 150 gram gula pasir

Adonan Kue:

  • 37 gram mentega tawar
  • 37 gram margarin
  • 30 gram gula icing
  • 1 kuning telur besar
  • 15 gram custard powder *bisa diganti tepung maizena
  • 120 gram tepung serbaguna

Bahan Olesan Kue:

  • 1 kuning telur besar
  • 15 ml (1 sendok makan) minyak sayur
  • 5 ml (1 sendok teh) susu kental manis

Cara Membuat Nastar Nanas 

Untuk cara nastar nanas yang lembut dan enak, coba ikuti langkah berikut ini ya.

Selai nanas:

  1. Parut nanas atau haluskan dengan food processor. Pindahkan nanas parut dan jusnya bersama dengan batang kayu manis dan cengkeh ke dalam panci bagian bawah yang berat. Masak dengan api sedang dan aduk sesekali sampai cairannya habis.
  2. Tambahkan gula dan lanjutkan memasak sampai konsistensi selai kental tetapi tanpa cairan. Aduk terus sampai akhir agar tidak gosong.
  3. Keluarkan dari panci dan dinginkan hingga suhu kamar. Tutup dan dinginkan setidaknya selama 30 menit (hingga seminggu). Ini akan menjadi lebih mudah untuk menangani dan kurang lengket.
  4. Bagi selai nanas secara merata menjadi 32 bagian (masing-masing 6g). Secara kasar gulung masing-masing menjadi bola. Dingin kan sampai dibutuhkan.

Adonan Kue:

  1. Menggunakan mixer listrik, kocok mentega dan margarin bersama selama 1 menit dengan kecepatan sedang. Tambahkan gula dan kocok selama satu menit lagi hanya untuk menggabungkan.
  2. Tambahkan kuning telur dan aduk sebentar selama 10 detik. Kemudian saring bubuk custard dan tepung ke dalam mangkuk. Aduk hingga membentuk adonan yang seragam. Jika adonan terasa lengket, tambahkan sedikit tepung lagi (1 sendok teh sekaligus). Tambahkan mentega jika sudah kering. Itu harus mudah dibentuk menjadi bola tanpa remuk atau lengket.
  3. Bagi adonan menjadi 32 bagian (masing-masing 8g). Bentuk masing-masing menjadi bola.
  4. Tekan bola di antara telapak tangan Anda untuk membuat cakram tipis. Letakkan 1 buah selai nanas di tengahnya. Bungkus dan jepit ujungnya hingga tertutup. Gulung kembali menjadi bola dan letakkan di atas loyang yang dilapisi dengan kertas roti. Ulangi sisanya sampai habis.
  5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 300° F (150 ° C) selama 30 menit. Biarkan dingin sepenuhnya di rak kawat sebelum mengoleskan cuci telur untuk panggangan kedua.

Adonan Olesan Kue:

  1. Kocok bersama semua bahan untuk menggabungkan sepenuhnya.
  2. Olesi masing-masing kue dengan kocokan telur. Setelah lapisan pertama mengeras, aplikasikan lapisan kedua. Lapisan ganda ini akan menyembunyikan retakan yang terlihat dan menciptakan kerak kuning mengkilap.
  3. Masukkan kembali ke dalam oven pada suhu 325 ° F (160 ° C) dan panggang selama 10-15 menit sampai sedikit berwarna cokelat. Biarkan dingin lalu nikmati!

Nah itulah resep dan bahan yang bisa Anda coba dirumah dengan beberapa cara diatas, semoga berhasil.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru