2 Resep Nugget Tahu dan Vegan, Bisa Jadi Camilan Sehat!

Resa Azzahra 0 Komentar

Nugget adalah salah satu makanan kesukaan anak-anak. Untuk itu berikut resep nugget tahu dan vegan yang lezat, jadi camilan sehat keluarga!

INDIFFS.COM – Tahu dan sayuran merupakan bahan masakan yang sangat mudah untuk ditemukan serta dapat diolah menjadi berbagai masakan menu rumahan. Salah satu cara untuk membuat olahan nya menjadi lebih nikmat yakni dengan membuat resep nugget tahu atau sayuran yang kekinian.

Karena berbahan dasar tahu, tentunya tidak butuh waktu lama untuk membuat meni yang satu ini. Perpaduan renyah dari tepung roti serta lembutnya tahu, akan membuatmu terus ketagihan. Menu ini juga cocok banget buat kamu yang vegetarian loh. Simak beberapa resep dibawah ini:

1. Resep Nugget Tahu

Nugget Tahu

Nugget Tahu – Masakan Kita

Nugget umumnya dibuat dari beragam protein hewani, seperti ayam, ikan atau daging sapi. Namun, kali ini dengan beberapa bahan dan cara di bawah ini. Yuk coba!

Bahan-Bahan

  • 500 gram tahu putih
  • 1 buah wortel, serut
  • 1 butir telur
  • 1 daun bawang
  • 1 sdm lada utuh
  • 1 sdm saus tiram
  • Garam secukupnya
  • Bumbu Halus: 7 siung bawang merah, 3 putih dan 1/2 bawang bombai
  • Bahan pelapis: 1 butir telur, 100 gram tepung serbaguna dan 250 gram tepung roti

Cara Membuat Nugget Tahu 

  1. Siapkan wadah yang cukup besar, lalu masukkan tahu dan hancurkan menggunakan sendok maupun garpuh. Pastikan tahu hingga benar-benar halus, lulus sisihkan.
  2. Langkah ke dua yakni bersihkan wortel dengan air mengalir terlebih dahulu lalu ambil parut wortel hingga habis, sisihkan ke dalam wadah.
  3. Haluskan bumbu halus menggunakan blender dengan memasukkan bawang merah, putih dab bombai ke dalam blender. Haluskan sampai benar-benar halus dan sisihkan.
  4. Jika  sudah. Campurkan bumbu halus dan wortel parut ke dalam wadah tahu. Tambahkan juga irisan daun bawang, lada, telur, garam dan saus tiram. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Siapkan loyang persegi dan masukkan adonan tahu ke dalam loyang, lalu ratakan. Kukus adonan kurang lebih selama 15 menit. Setelah matang, potong-potong adonan tahu.
  6. Jangan lupa siapkan tiga wadah. Wadah pertama untuk tepung terigu, wadah kedua berisi telur yang sudah dikocok, sedangkan wadah ketiga berisi tepung roti.
  7. Balur kan adonan yang sudah dipotong-potong ke dalam wadah pertama, lalu ke wadah kedua dan terakhir baluri dengan tepung roti sambil sedikit ditekan-tekan.
  8. Selanjutnya, letakkan wajan di atas kompor dan beri minyak untuk menggoreng. Goreng nugget tahu dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Angkat dan sajikan. 

2. Resep Nugget Vegan

Nugget Vegan

Nugget Vegan – Istimewa

Nugget vegan ini dibuat dari campuran aneka jenis sayur, yaitu wortel, kentang, jamur, dan batang brokoli serta bahan ramah vegan, seperti susu kedelai dan minyak wijen. Sajian yang disarankan digoreng dengan sedikit minyak ini cocok dijadikan sebagai bekal sekolah atau kantor yang murah dan sehat. 

Bahan-Bahan

  • 1 cangkir wortel parut
  • 3 cangkir kuntum brokoli
  • 1 siung bawang putih
  • 2 telur telur ayam 
  • 1 cangkir remah roti yang sudah dibumbui, dibagi
  • 3/4 cangkir keju cheddar parut
  • 1/2 sendok teh bubuk bawang bombai
  • 1/2 sendok teh lada hitam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Nugget Vegan

  1. Parut atau iris wortel kecil-kecil.
  2. Kukus brokoli dalam microwave selama dua menit atau sampai empuk. Tempatkan wortel parut, brokoli kukus, bawang putih, telur, 1 cangkir remah roti, keju, bubuk bawang merah, dan lada hitam dalam food processor selama 15 detik atau sampai tercampur rata.
  3. Campuran harus mudah dibentuk menjadi bola. Jika terlalu rapuh, tambahkan air satu sendok teh setiap kali sampai terasa sudah pas.
  4. Bentuk campuran menjadi bola-bola, masing-masing sekitar satu sendok makan. Ratakan sedikit ke dalam wadah bundar setebal 1/2 inci.
  5. Tempatkan sisa 1/4 cangkir remah roti di piring dangkal. Lapisi setiap nugget sayuran dengan remah roti.
  6. Panaskan minyak untuk memasak nugget.
  7. Atur nugget dalam wajan dan masak sekitar 4 menit setiap sisinya, atau sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah.  Sajikan dengan saus mustard madu, saus tomat, atau saus favorit lainnya.

Itulah resep nugget tahu dan vegan yang dapat dibuat sebagai camilan atau teman makan yang sehat dan lezat. Selamat mencoba!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru