Resep Pastry Cream Yang Lembut dan Kental Ala Rumahan

Resa Azzahra 0 Komentar

Ingin membuat Pastry Cream tapi gatau bagaimana caranya? Jangan khawatir, untuk kamu yang masih belajar simak resep Pastry Cream berikut ini

INDIFFS.COM – Resep sederhana namun lezat untuk Pastry Cream yang kaya dan lembut, digunakan dalam banyak jenis makanan penutup! Resep ini bebas gluten, dan juga bebas susu. Jika kamu sedang mencari cara membuat Pastry Cream, kamu dapat menemukan resepnya di sini.

Krim Pastry atau Creme Patissiere adalah bagian klasik dari pembuatan kue, jadi ini adalah keterampilan penting untuk dipelajari jika kamu hobi dan suka membuat kue, kue kering, dan hidangan penutup. Creme patissiere pada dasarnya adalah custard yang lezat, kaya krim yang dikentalkan dengan pati dan telur. Ini adalah komponen penting untuk banyak makanan penutup.

Pastry Cream ini biasanya digunakan untuk mengisi profiterole klasik dan terkadang krim puff, mengisi kue sus coklat, sebagai isian kue, seperti pai krim Boston, isi untuk tart buah, Untuk membuat mille feuille dan puding vanilla atau puding coklat.

Bahan-Bahan Pastry Cream

  • 2 cangkir susu murni
  • 1 biji vanili, belah dan kerok 
  • 4 ons gula pasir, polos atau panggang
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 1/4 sendok teh garam halal kristal berlian, untuk garam meja, gunakan setengah volume
  • 4 kuning telur telur besar, langsung dari lemari es 
  • 2 sendok makan mentega tawar, potong dadu 1/2 inci

Cara Membuat

  1. Dalam cawan stainless steel 2 liter, gabungkan susu dan biji vanili yang dikikis bersama dengan bijinya. Bawa dan didihkan di atas api sedang. Angkat dari api, tutup untuk mencegah penguapan dan biarkan curam selama 30 menit.
  2. Dalam mangkuk besar, siapkan penangas es dengan mengisinya sebagian dengan kombinasi air dingin dan es, sisihkan.
  3. Dalam mangkuk pencampur tahan panas sedang yang diletakkan di atas handuk basah (ini berfungsi sebagai alas yang stabil), aduk gula, tepung maizena, dan garam. Kocok kuning telur sampai campuran kuning pucat, halus, dan mengembang, sekitar 1 menit.
  4. Buka susu infus dan keluarkan vanilla bean. Sambil terus dikocok, tuang perlahan susu ke dalam adonan kuning telur sedikit demi sedikit sampai tercampur semua.
  5. Kembalikan campuran ke piring yang sama. Masak dengan api sedang, aduk terus hingga krim pastry mulai mengental, sekitar 5 menit. Setelah mengental, lanjutkan mengocok, jeda setiap beberapa detik untuk memeriksa gelembung, sekitar 1 menit. Saat mulai menggelembung, atur timer dan lanjutkan mengocok selama 1 menit. Langkah ini penting untuk menetralkan protein pelarut pati yang ditemukan dalam kuning telur.
  6. Matikan api, kocok mentega sampai meleleh dan tercampur rata. Saring krim pastry melalui saringan halus yang dipasang di atas mangkuk sedang yang tahan panas. Segera letakkan bungkus plastik atau kertas roti yang diolesi mentega langsung pada permukaan krim untuk mencegah pembentukan kulit. Pindahkan mangkuk ke penangas es yang sudah disiapkan untuk mendinginkan selama 30 menit, lalu dinginkan hingga dingin, sekitar 2 jam.
  7. Saat krim pastry siap digunakan, aduk hingga rata.

Dan itulah resep dari bahan dan cara membuat pastry cream yang bisa kamu buat sendiri dirumah!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru