Resep Praktis Frittata Telur Dadar, Hidangan Khas Ala-Ala Italia!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Frittata ialah hidangan khas Italia yang sekilas mirip dengan telur dadar, namun bedanya dilengkapi dengan daging, sayur, kentang dan pasta.

INDIFFS.COM –  Baru-baru ini tengah ramai diperbincangkan masyarakat terkait resep makanan khas Italia ‘Frittata‘. Hal ini karena pada Minggu (22/1/2023), seluruh peserta MasterChef Indonesia season 10 membuat hidangan itu dalam tantangan stop and go.

Meski sekilas terlihat mirip dengan telur dadar, nyatanya hidangan khas Italia yang satu ini punya ciri khas yang berbeda pada hasilnya. Bahkan hasilnya yang cenderung tebal dengan isian sayur serta kentang yang melimpah.

Meski berasal dari Italia, makanan yang satu ini juga nyatanya terkenal di Spanyol. Yang mana, umumnya dibuat dengan menggunakan banyak potongan kentang.

Resep Frittata

Bagi kamu yang belum tau apa itu Frittata, yaitu merupakan makanan berbasis telur. Hampir mirip dengan pie asin atau quiche.

Namun bedanya hidangan yang satu ini crustless alias tak ada adonan. Jadi, kurang lebih makanan ini seperti omelet tapi sudah dimodifikasi dan ditambah dengan bahan-bahan lainnya.

Bahan-bahan

  • 3 sdm minyak sayur/butter/minyak zaitun
  • 1-2 buah kentang, potong bulat/dadu
  • 1 butir bawang bombai/5 butir bawang merah
  • 1 buah paprika merah
  • 6 butir telur ukuran besar
  • 100 gram keju (parut)
  • 1 sdm seledri cincang
  • Lada dan garam

Cara Membuat

  1. Panggang atau bakar paprika merah di atas teflon hingga permukaannya berwarna hitam.
  2. Setelah itu, bungkus dalam plastik saat itu juga. Buang kulit paprika dan potong paprika memanjang.
  3. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celsius.
  4. Campurkan telur, seledri, keju parut, garam, dan lada.
  5. Di atas penggorengan atau teflon, beri sedikit minyak dan masak kentang, bawang bombai hingga matang. Beri sedikit garam.
  6. Matikan api, masukkan campuran telur.
  7. Beri paprika di atas permukaan telur dan taburi dengan sisa keju.
  8. Kemudian panggang selama 20 menit.

Cara Membuat Frittata Agar Tidak Gosong

Tak sedikit ditemukan seseorang yang mencoba memasak hidangan khas Italia namun hasilnya gosong. Nah, agar tidak terjadi hal serupa kamu bisa ikuti sejumlah cara berikut ini.

1. Menggunakan Produk Susu

Walaupun tidak wajib dipakai, namun susu akan membuat makanan satu ini terasa lebih lembut dan creamy saat disantap.

Adapun jenis susu yang dipakai bisa beragam, mulai dari susu murni, yogurt, maupun krim asam sebagai campurannya. Tak perlu menggunakan susu atau krim dalam jumlah banyak. Kamu hanya bisa mencampurnya sedikit dan menyesuaikan tekstur adonannya.

2. Menyesuaikan Jumlah Telur dan Susunya

Telur dan susu termasuk salah satu bahan cair. Untuk itu, hati-hati dalam menggunakan takaran kedua bahan makanan ini saat membuat makanan satu ini.

Pasalnya, memakai lebih banyak susu akan membuat adonan menjadi lebih cair. Begitu juga sebaliknya. Dengan itu, kamu bisa memakai 122 mililiter susu untuk satu lusin atau 12 buah telur yang akan dimasak.

3. Menggunakan Wajan yang Tepat

Cara selanjutnya yang harus kamu perhatikan ialah wajan atau pan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegosongan. Untuk itu pilihlah wajan atau pan yang dapat menahan panas dengan baik agar kematangannya merata. Sesuaikan juga ukuran wajan dengan adonan yang dibuat.

4. Masak Bahan Pelengkap Terlebih Dahulu

Makanan yang stau ini tak hanya terbuat dari telur. Bahkan kamu juga memerlukan bawang cincang, irisan daun bawang, serta pelengkap seperti tobat, jamur, bahkan zukini.

Untuk itu, hindari mencampur semua bahan dalam keadaan mentah ke dalam kocokan telur. Hal ini bisa menghambat pemasakan frittata yang sempurna.

Sebaiknya, masak atau tumis terlebih dulu semua bumbu dan pelengkap yang akan digunakan, kemudian campur ke dalam kocokan telur agar terasa lebih lembut.

5. Hindari Memanggang Terlalu Lama

Dalam Proses pemanggangan harap perhatikan suhu dan durasinya. Jangan sampai overbake atau terlalu lama dipanggang.

Karena pasalnya, memanggang terlalu lama akan menyebabkan masakan gosong dan bagian bawahnya akan kecoklatan. Setidaknya atur suhu oven 176 derajat celcius dan masak selama 20-30 menit dan sesuaikan pula dengan ketebalannya.

Bagaimana nih setelah mengetahui resep dan cara masak Frittata, tertarik untuk mencobanya?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru