Resep Taiyaki Khas Jepang, Makanan Unik Berbentuk Ikan

Wiwin Indriani 0 Komentar

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat taiyaki sederhana. Ikuti resep Taiyaki berikut ini yang dapat kamu coba buat dirumah!

INDIFFS.COMTaiyaki merupakan kue/camilan asal Jepang berbentuk wafel yang diisi dengan pasta kacang merah manis (anko). Jika dilihat sekilas, camilan ini hampir serupa dengan bungeoppang makanan yang berasal dari Korea.

Namun, yang dapat membedakannya adalah taiyaki memiliki isian yang beragam, seperti di isi dengan pasta kacang merah, custard, cokelat, atau keju. Sedangkan bungeoppang hanya diisi dengan kacang merah.

Makanan klasik ini biasanya ada di pameran, festival, toko-toko yang ada di Jepang. Sebelum taiyaki terbentuk, kue ini dulunya adalah imagawayaki yaitu kue berbentuk bulat hangat yang diisi dengan pasta kacang merah manis.

Selama era Meiji(1868 – 1912), tai (ikan air tawar) dianggap sebagai ikan yang sangat berharga dan hanya dimakan untuk perayaan khusus. Ikan menjadi simbol keberuntungan dalam cara hidup dan budaya Jepang.

Beberapa pembuat kue yang giat memutuskan untuk memodifikasi imagawayaki dengan menata ulang kue berbentuk bulat menjadi tampilan ikan air tawar yang benar-benar baru. Dengan itu, taiyaki lahir dan menjadi makanan populer.

Resep Taiyaki

Untuk membuat Taiyaki ini tidak sulit kok, hanya dengan bahan-bahan yang sederhana. Nah, berikut resep Taiyaki yang dapat kamu coba buat dirumah.

Bahan-bahan:

  • Tepung terigu (150 g)
  • Baking powder & soda kue (1 sdt)
  • Telur (1 butir)
  • Susu cair (180 ml)
  • Gula pasir (40 g)
  • Minyak atau margarin untuk olesan

Bahan Isian:

Untuk isiannya, tergantung selera kamu. Biasanya isi yang ada dalam Taiyaki adalah pasta kacang merah (anko) atau lainnya seperti Nutella, coklat, custard, dll)

  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh tepung maizena
  • Air secukupnya

Cara Membuat Taiyaki:

  1. Untuk membuat isian kacang merahnya, rendam kacang selama semalam sebelumnya agar mengembang dan empuk.
  2. Cuci bersih dan rebus hingga empuk. Blender hingga halus. Tuang ke dalam teflon masak bersama garam dan gula hingga habis airnya dan kental.
  3. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air, kemudian tuang ke dalam kacang merah, lalu aduk rata dan masak hingga matang memadat. Setelah itu, angkat.
  4. Untuk adonan kuenya, kocok telur di mangkuk terpisah, tuang susu lalu aduk hingga tercampur rata.
  5. Campurkan terigu, gula, vanili dan baking powder. Tuang adonan telur, aduk rata dengan tepung hingga tidak ada yang menggumpal.
  6. Siapkan cetakan taiyaki, panaskan dan oles minyak. Jika sudah panas, kecilkan api hingga yang paling kecil.
  7. Tuang adonan hingga setengah cekungan. Kemudian isi tengahnya dengan pasta kacang merah. Isi lagi dengan adonan hingga penuh, kemudian tutup.
  8. Masak hingga kue matang kecoklatan. Angkat.

Nah, itulah resep taiyaki yang dapat kamu coba buat dirumah. Lebih nikmat bila disantap saat masih hangat. Sebagai catatan, jika kamu menyukai tekstur taiyaki yang renyah, hilangkan telur dan sesuaikan jumlah cairan untuk adonan.  Membuat taiyaki sangat mirip dengan membuat wafel. Satu-satunya yang menjadi istimewa adalah isiannya yang beragam.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru