Resep Waffle Tempe Super Gurih, Unik dan Mudah Dibuat

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Waffle tempe ini merupakan salah satu kreasi dari waffle dengan menggunakan tempe sebagai bahan utama yang menghasilkan cita rasa yang gurih.

INDIFFS.COMWaffle merupakan makanan yang berasal dari Eropa yang sering dijadikan sebagai makanan hidangan manis. Namun, seiring berkembangnya zaman, waffle dibuat beragam dengan kreasi kekinian misalnya croffle yang merupakan perpaduan dari waffle dan croissant. Tak hanya itu, baru baru ini youtuber Indonesia mengunggah video yang mencoba kreasi waffle dengan bahan tempe. 

Meskipun terdengar aneh, namun waffle tempe ini mempunyai rasa yang tak kalah enak di banding jenis waffle lainnya. Penasaran bagaimana cara membuatnya? berikut resepnya.

Waffle Tempe Kriuk

Waffle Tempe Kriuk

Waffle Tempe Kriuk – Dapur KOBE

Berikut beberapa bahan yang diperlukan serta beberapa cara yang dilakukan untuk membuat waffle kriuk.

Bahan-bahan:

  • 100 ml air
  • Garam Secukupnya
  • 15 gram daun bawang (iris halus)
  • 1/2 papan tempe (potong tipis melebar)
  • 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk (70gram)

Cara Membuat:

  1. Adapun langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah, menuangkan tepung Kobe tempe dan beri campuran air di salam satu wadah, serta aduk hingga merata.
  2. Selanjutnya, tambahkan daun bawang yang telah diiris ke dalam campuran tepung serta air. Aduk hingga rata, dan tak lupa untuk memberi taburan garam secukupnya di dalam adonan tersebut.
  3. Selanjutnya, panaskan cetakan waffle yang telah disediakan, jika sudah tuangkan adonan tepung tersebut di atas cetakan waffle.
  4. Jika adonan sudah di tuangkan, beri potongan tempe yang telah di potong tipis di atas adonan serta tuangkan kembali adonan di atas potongan tipis tempe.
  5. Tutup cetakan tempe dan tunggu hingga matang kecokelatan. Jika sudah matang, sajikan di atas piring saji dan waffle tempe kriuk siap untuk di nikmati.

Waffle Tempe Super Gurih

Waffle Tempe Gurih

Waffle Tempe Gurih – Cookpad

Berikut beberapa bahan yang diperlukan serta beberapa cara yang dilakukan untuk membuatnya: 

Bahan-bahan:

  • 200 gram Tempe (dipotong dadu)
  • Air (secukupnya)
  • 3 sendok makan tepung beras 
  • 1 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Bubuk kunyit secukupnya
  • Bawang putih (yang telah di bubukan)
  • Lada bubuk 
  • Kaldu bubuk 

Cara Membuat:

Adapun untuk membuat waffle tempe super gurih dan renyah ini ialah:

  1. Pertama haluskan tempe yang sudah dipotong dadu dengan blender atau food processor, dan tambahkan air secukupnya agar bisa mengental.
  2. Jika sudah di blender, tuangkan adonan tersebut ke dalam wadah kosong lalu bumbui adonan tersebut dengan garam, lada, kunyit, bawang putih, dan telur. Aduk hingga merata, pastikan adonan tersebut mengental dan tercampur rata.
  3. Selanjutnya, Panaskan cetakan waffle yang telah di sediakan. Jika sudah tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan, kemudian ratakan permukaan tersebut agar hasilnya bagus.
  4. Setelah itu tutup cetakan dan tunggu hingga matang, Jika sudah matang kamu bisa menyajikannya di atas piring saji. Kamu juga bisa menambahkan mayonaise sebagai toping nya sesuai selera, agar menambah rasa gurih pada waffle tersebut. 

Itulah beberapa kreasi cara membuat waffle tempe yang bisa kamu lakukan di rumah. Bagaimana mudah bukan? Tertarik mencobanya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru