Apa Itu Retinol? Yuk, Kenali Manfaat Dan Efeknya Untuk Kulit

Resa Azzahra 0 Komentar

Retinol merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk kecantikan, namun juga memiliki kekurangan. Berikut manfaat dan efeknya untuk Kulit!

IndiffsRetinol atau retinoid merupakan zat yang dibuat dari Vitamin A dan Zat ini mulanya digunakan sebagai obat jerawat pada tahun 1970 dan para peneliti menemukan bahwa bahan ini tak hanya bisa jadi obat jerawat, melainkan fungsinya menjadi salah satu obat pencegah penuaan.

Retinol sering menjadi salah satu bahan utama dalam produk kecantikan, karena memiliki kemampuan yang merangsang produksi kolagen serta dapat mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi lebih halus.

Bahan retinol ini dapat di temukan dalam toner, serum atau pelembab. Maka, tak heran jika retinol memiliki banyak penggemar dari para penggiat kecantikan.

Manfaat Retinol

1. Menghilangkan Jerawat

Pori-pori yang tersumbat adalah biang dari terjadinya jerawat. Manfaat retinol ini dapat membuka pori-pori, sehingga kulit dapat menyerap obat jerawat dengan baik dan jerawat pun akan hilang secara cepat. Selain itu, retinoid juga dapat mencegah jerawat muncul kembali dengan mengurangi produksi minyak berlebih serta meredakan peradangan pada kulit. Dengan begitu, tidak akan terjadi penyumbatan pada pori-pori yang merupakan awal munculnya jerawat.

2. Menghilangkan Milia

Milia adalah benjolan berwarna putih yang umumnya tubuh di bagian wajah, seperti pipi, hidung dan di bawah mata. Milia dapat dialami oleh siapapun, namun sering dialami pada bayi yang baru lahir. Milia terjadi karena terbentuknya sel kulit mati terperangkap di bawah permukaan kulit. Milia ini sangat sulit untuk di hilangkan sehingga diperlukan obat untuk menghilangkannya.

Kamu bisa menggunakan serum retinoid yang khusus dari jenis tretinoin. Senyawa ini membantu mengikis dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru.

3. Gunakan Pada Kulit Kering

Jika kamu menggunakan dalam kulit lembap, retinoid justru akan berisiko dan membuat kulit lebih cepat mengering. Ada baiknya, kamu menggunakan produk ini dalam kondisi kulit yang masih kering. Dengan menggunakan pelembab sebelum retinoid dan tunggu sampai terserap pada kulit.

Efek Samping Retinol

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu tentang efek maupun risiko yang ada salam kandungan retinoid. Dengan memperhatikan dosis dan cara pakai retinoid dengan benar. Jika penggunaan tidak sesuai dengan aturan. Beberapa efek sampingnya:

  • Perubahan pada warna kulit
  • Kulit kering & iritasi
  • Kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV
  • Kulit jadi bengkak, keras kemerahan dan bahkan bisa jadi melepuh.

Penggunaan ini sebaiknya di hindari untuk ibu hamil, karena di dalamnya terdapat zat turunan Vitamin A yang sangat berisiko, dapat mengganggu perkembangan janin di dalam kendungan dan dapat menimbulkan kelainan pada tulang belakang serta wajah bayi yang lahir. Efek ini sangat berbahaya jika ibu hamil menggunakan krim retinoid secara berlebihan dan untuk jangka waktu yang lama.

Hindari sinar matahari saat sedang menggunakan krim ini, terutama antara pukul 10 pagi dan 2 siang. Bila ingin keluar rumah, sebaiknya, gunakan pelembab dan tabir surya minimal SPF 30 bisa lebih tinggi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru