Rumah Mewah Ibu Eny yang Terbengkalai Kini Viral, Cek Faktanya!

Dini NHaH 0 Komentar

Viral kisah Ibu Eny tinggal di rumah mewah yang sudah terbengkalai. Rumah tersebut tak terawat selama 12 tahun tanpa listrik dan air.

di INDIFFS.COM – Ibu Eny merupakan pemilik rumah mewah yang terbengkalai tanpa listrik dan air bersih selama 12 tahun. Adapun alamat rumah mewah milik Ibu Eny yang viral itu berada di kawasan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur.

Setelah kisahnya viral di media sosial, berbagai pihak turun membantu Ibu Eny dan anaknya, Tiko. Salah satunya Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur (Gulkarmat Jaktim) yang membantu membersihkan rumah Ibu Eny.

Pasalnya, rumah mewah itu tampak usang dan terlihat angker karena lebatnya daun dan pohon-pohon yang tumbuh, seperti rumah tak berpenghuni.

Selain itu, Purwono menambahkan ia tidak mengetahui dengan pasti soal kondisi rumah mewah milik Ibu Eny yang tidak terawat. Ia menyebut bahwa pihak yang mengetahui hanyalah RT/RW dan Kelurahan.

Berikut ini fakta dibalik rumah mewah terbengkalai Ibu Eny di Jaktim.

1. 12 Tahun Alami Depresi

Kehidupan Ibu Eny dan anaknya yang bernama Tiko berhasil menyita perhatian publik. Karena, mereka tinggal di rumah mewah tanpa listrik dan air selama puluhan tahun.

Diketahui, bahwa Tiko merawat sang ibu yang diduga mengalami depresi selama 12 tahun di rumah mewahnya yang terbengkalai tersebut.

Eny diduga mengalami depresi sejak ditinggal oleh suaminya pada 2010. Untuk bertahan hidup di rumah tanpa air dan listrik, Tiko dan ibunya menadah air hujan untuk keperluan mandi dan masak.

2. Sensitif dengan Orang Asing

Ibu Eny diketahui sangat sensitif dengan orang asing, bahkan ia beberapa kali menyerang orang yang datang ke rumahnya. Hal tersebutlah yang menjadikan rumah tersebut tidak terurus dengan baik.

3. Keluarga Kaya

Mengenai latar kehidupannya, Tiko mengungkapkan dahulu hidupnya bisa dibilang sangatlah mapan. Ia hidup serba kecukupan sejak kecil. Hal tersebut pun turut dibenarkan oleh para tetangga.

Keluarga Ibu Tiko dikenal kaya raya. Ayahnya yang bernama Herman Moedji Susanto dikenal merupakan seorang pejabat.

“Waktu pindahan datang, sosok pak Herman mirip dengan wajah Pak Soehatro mantan presiden. Usianya sekitar 70an tahun dan membawa tongkat,” ungkap tetangga.

4. Tidak Mau Menjual Rumah Mewah Tersebut

Meski kesusahan merawatnya, Tiko tak mau menjual rumah mewah yang ia tempati bersama Ibu Eny. Tiko beralasan jika rumah mewah tersebut merupakan peninggalan orang tua. Kini, ia belum ada pikiran untuk menjualnya.

5. Rumah Ibu Eny Dibersihkan

Kepala Seksi (Kasi) Operasional Sudin Gulkarmat Jaktim Gatot Sulaeman mengatakan, kegiatan pembersihan rumah Ibu Eny itu dilakukan setelah ada permintaan dari kelompok relawan yang prihatin dengan kondisi Ibu Eny.

Gatot mengatakan, meski rumah itu ditinggali, kondisinya sudah tidak layak huni lantaran tidak terawat.

“Di dalam memang kondisinya debu sangat tebal, rumahnya sudah tidak terawat,” ucap Gatot, Rabu (4/1/2023), seperti dilansir dari Antara.

Untuk membersihkan rumah dua lantai itu, Gulkarmat mengerahkan 12 personel dan satu unit mobil pompa. Anggota petugas Penanganan Prasarana & Sarana Umum (PPSU) dan kelompok relawan juga turut membantu.

Tak hanya pembersihan dalam rumah, tanaman liar yang tumbuh di halaman juga disiangi. Setelah halaman bersih, Gatot merasakan perbedaan, di mana udara lebih leluasa masuk ke dalam rumah.

“Untuk tanaman liar sebagian sudah dibersihkan sehingga udara segar mulai masuk. Tadi awal kita masuk, tertutup semuanya,” ucap Gatot.

Nah itulah fakta dibalik rumah mewah yang terbengkalai di kawasan Cakung. Gimana menurutmu?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru