Samsung Galaxy A22 5G: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Bagi kamu penikmat film dan gaming di hp, Samsung Galaxy A22 5G ini cocok untukmu. Terlebih kamu bisa mendapatkannya dengan harga 3 jutaan.

INDIFFS.COM – Rilis pada bulan Juni 2021 tahun lalu, HP Samsung Galaxy A22 5G ini hadir dengan spesifikasi yang lebih baik dari versi sebelumnya. Yang mana, ponsel ini merupakan penerus dari Galaxy A21 yang dirilis pada April 2020.

Selain itu, Samsung Galaxy A22 5G ini merupakan penawaran termurah pada kategori 5G yang dijual di pasar Indonesia. Bagaimana tidak, dengan harga 3 jutaan, smartphone yang satu ini telah menyuguhkan sederet fitur yang menarik.

Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G

Smartphone terbaru yang satu ini hadir dengan spesifikasi yang lebih baik dari versi sebelumnya. Yang mana, salah satunya peningkatan dari sisi dukungan network.

  • Network: 2G, 3G, 4G, 5G
  • OS: Android 11, One UI 3.1
  • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 6 GB
  • Storage: 128 GB
  • Dimensi: 167.2 x 76.4 x 9 mm (6.58 x 3.01 x 0.35 in), 203g
  • Layar: 6,6 inci FHD+ PLS Infinity-V Display, refresh rate 90Hz.
  • Kamera Utama: 48MP wide, kamera ultra wide 5MP, dan depth 2MP
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.2, (wide)
  • Baterai: Li-Ion 5000 mAh, Fast charging 15W
  • Warna: Violet, Gray
  • Harga: Rp 3.299.000

Mengusung layar LCD seluas 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus. Di bagian atas layar, terdapat poni (notch) bergaya Infinity-V yang memuat kamera selfie 8 MP. Layar Galaxy A22 5G sudah mendukung refresh rate 90 Hz.

Smartphone ini juga ditenagai chipset MediaTek Dimensity 700 5G berikut RAM 4 GB dan memori internal 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 1 TB. Spesifikasi lainnya mencakup konektivitas 5G, baterai 5.000 mAh, serta sistem operasi Android 11 yang dibalut antarmuka One UI Core 3.1 khas Samsung.

Selain itu, terdapat tiga kamera dibagian belakangnya yang berbentuk persegi berikut LED Flash. Yang mana, konfigurasinya terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Kelebihan Samsung Galaxy A22 5G

Dikenal dengan HP yang memiliki harga terjangkau, smartphone yang satu ini juga memiliki berbagai spesifikasi lain yang menjadi kelebihannya.

1. Desain nya yang Trendi

Mempunyai tampilan eksterior yang terbilang trendi di kelas harganya, opsi warnanya juga menarik, salah satunya Violet yang paling populer. Terlebih bagian yang paling mencolok ialah kamera belakang yang memiliki 4 mata (3 kamera + 1 flash) dengan susunan persegi.

2. Baterai yang Tahan Lama

Berkapasitas 5.000 mAh tentunya sudah sangat mencukupi untuk menemani aktivitas kamu seharian penuh. Terlebih, baterai ponsel hanya akan berkurang sedikit saat digunakan untuk bermain game berat.

Saat menunjang aktivitas video playback dari baterai 100%, perangkat bisa bertahan selama 19 jam 37 menit hingga baterai nya habis. Disisi lain juga, dengan waktu 30 menit pemakaian baterai hanya berkurang 9% saja. Tentunya ini merupakan ketahanan baterai yang terbilang luar biasa.

3. Hadirkan Kamera Ultrawide

Dengan menghadirkan kamera ultrawide, tentunya membuat HP ini unggul dibandingkan dengan HP 5G entry level lainnya, seperti Realme 8 5G, Redmi Note 10 5G, ataupun OPPO A53 5G. Terlebih, HP ini juga dilengkapi dengan setup Triple Camera yang terdiri atas lensa utama 48 MP, lensa ultrawide 5 MP 115 derajat, serta sensor depth dengan resolusi 2 MP.

4. Ukuran Layar Lebar

Menghadirkan layar berukuran 6,6 inci pada resolusi Full HD Plus 1080p, membuat tampilan layar ini cukup lebar. Tak hanya itu, pada layar Galaxy A22 5G yang turut hadirkan pixel density sebesar 399 ppi yang bisa membuat pandangan lebih tajam. Jelas ini cukup untuk memanjakan mata dalam penggunaan sehari-hari.

5. Salah Satu HP Gaming Terbaik

Mediatek dimensity 700 merupakan chipset yang kencang di kelasnya. Bahkan, memainkan game Mobile Legends dengan setting grafis High dan mode HFR pastinya bukan masalah. Hal ini karena, Galaxy A22 5G mampu menjalankan game berat seperti PUBG mobile dengan lancar di setting Smooth-Ultra.

Kekurangan Samsung Galaxy A22 5G

Hadir dengan berbagai kelebihan, tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone keluaran dari Samsung ini terdapat kekurangannya.

1. Mempunyai Body yang Berat

Jika dilihat dari persaingan bobot Samsung varian ini akan kalah, karena memiliki berat 203 gram. Pasalnya, dengan kompetitor nya seperti Realme 8 5G yang hanya punya bobot ringan 185 gram dan  OPPO A55 5G dengan berat 186 gram.

2. Charging Agak Lambat

Meskipun terbilang memiliki daya baterai yang tahan lama, kemampuan charging-nya hanya 15W saja yang menggunakan charger bawaan. Bahkan, untuk mengisi daya hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit.

3. Speaker Masih Mono

Pasalnya, HP 3 jutaan sudah banyak yang gunakan stereo speaker, sehingga bisa menghasilkan suara nendang saat menonton film. Namun, sayangnya pada galaxy A22 5G ini masih mono saja dan belum dual-speaker stereo. Tentunya, dengan menghadirkan mono speaker atau single-firing speaker, pengalaman gaming ataupun keperluan multimedia lainnya mungkin tidak akan maksimal.

4. Tidak Ada NFC

NFC berfungsi selayaknya Bluetooth, bisa digunakan untuk mengirimkan file antar perangkat. Namun bedanya, NFC hanya perlu di-tap pada perangkat lain dan langsung kirimkan file dengan instan. Meskipun sudah mendukung Wifi 5 dual band dan koneksi 5G, tapi sayang nya ponsel yang satu ini tidak menyediakan NFC.

Itulah spesifikasi dari HP Samsung Galaxy A22 5G, yang telah rilis pada tahun 2021 lalu. Tentunya dengan spesifikasi diatas kamu bisa mengetahui lebih detail mengenai ponsel yang satu ini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru