Sejarah dan Fakta Kuala Kencana, Kota Modern di Indonesia!

Hani Hnsa 0 Komentar

Kuala Kencana merupakan salah satu distrik di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Bagaimana sejarahnya? Dan apa saja fakta Kuala Kencana?

IndiffsFakta Kuala Kencana – Kuala Kencana merupakan salah satu distrik di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Kota seluas 511 kilometer persegi ini memiliki populasi penduduk sekitar 2.010 jiwa. Kota mandiri ini terdiri dari satu kelurahan dan enam kampung, yakni kelurahan Kuala Kencana, Kampung Iwaka, Kampung Naena Muktipura, Kampung Karang Serang, Kampung Mulia Kencana, Kampung Utikina baru dan Kampung Bhintuka.

Lokasi Kuala Kencana berjarak sekitar 15 menit dari Timika dan menjadi salah satu pusat administrasi dan pemukiman pekerja PT Freeport Indonesia. Dahulu, kota ini bernama kota Baru, tetapi pada 1995 diubah menjadi Kuala Kencana atau Belanga Emas oleh Presiden Soeharto.

Sejarah Kuala kencana

Kuala Kencana adalah suatu kawasan atau distrik yang berada di Kabupaten Mimika, Kota Timika, Papua, Indonesia. Dilansir dari laman resmi Distrik Kuala Kencana, berikut adalah penjelasan singkat sejarah Kuala Kencana di Timika, Papua.

Kuala Kencana diresmikan pada tanggal 5 Desember 1995 oleh Presiden Soeharto. Lokasi kuala Kencana terletak di daerah Kontrak Karya kawasan PT. Freeport Indonesia. Distrik Kuala Kencana merupakan salah satu dari 18 distrik yang berada di Kabupaten Mimika, dan merupakan pemekaran dari Distrik Mimika Baru.

Distrik Kuala Kencana dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Mimika Nomor 12 Tahun 2011. Distrik Kuala Kencana terdiri dari 2 kelurahan dan 8 kampung. Kuala Kencana merupakan wilayah administrasi Pemerintahan Kabupaten Mimika yang terletak di areal perkotaan, yang dulunya merupakan satuan pemukiman transmigrasi, saat Timika masih dibawah pemerintahan Kabupaten Fakfak.

Fakta Menarik

1. Kawasan Rumahan dengan Gaya Barat

Fakta Kuala Kencana yang pertama yaitu Kuala Kencana termasuk dalam kawasan perumahan yang berbeda dari perumahan biasanya. Kuala kencana mengusung desain dengan gaya barat. Rumah-rumah di daerah ini dibangun tanpa pagar dan dilengkapi dengan halaman yang luas, dengan bangunan bergaya barat modern. Tata letak perumahan di Kuala Kencana juga diatur agar menyatu dengan kondisi alam di dataran rendah.

2. Daerah yang Menerapkan Utilitas Bawah Tanah

Daerah ini menjadi kawasan modern yang sudah menerapkan utilitas bawah tanah. Jaringan listrik, komunikasi dan distribusi air bersih, dan pengolahan limbah tertanam rapi di dalam tanah. Kuala kencana menjadi daerah dengan jaringan listrik bawah tanah pertama di Indonesia.

3. Kuala Kencana Adalah Daerah Terlarang

Kuala Kencan bukanlah sebuah kawasan wisata melainkan sebuah kecamatan di Kabupaten Mimika yang didalamnya terdapat sebuah komplek perumahan dengan fasilitas yang lengkap. Setiap orang yang masuk ke kawasan Kuala Kencana harus menunjukkan kartu identitas atau surat izin tertentu agar bisa masuk. Kawasan daerah ini dijaga ketat oleh petugas yang berjaga di Timika-Kuala Kencana.

4. Wilayah Asri yang Mempesona

Daerah ini dikelola denga baik dan tertata oleh PTFI. Sehingga penataan wilayah di Kuala Kencana tampak sangat asri, bersih dan rapi. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai taman dengan rumput hijau dan pepohonan di area tersebut.

5. Dataran Rendah Tanpa Pantai Didominasi Hutan

Distrik Kuala Kencana dapat digolongkan sebagai daerah dataran rendah yang tidak memiliki pantai dengan ketinggian 200-1600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Wilayah Kuala Kencana pada umumnya didominasi oleh hutan primer dan hutan sekunder. Lahan di distrik daerah ini terdiri dari hutan, lahan terbuka, permukiman dan pertanian lahan kering. Luas wilayah daratan distrik Kuala Kencana sendiri adalah 860,74 km2.

6. Kota Pertama di Indonesia Tanpa Tiang Listrik

Kuala Kencana adalah kota pertama di Indonesia yang telah menggunakan sistem underground utilities untuk saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih dan pengolahan limbah yang terpusat. Di Kuala Kencana tidak ada tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon yang terlihat karena semuanya tertanam rapi di dalam tanah.

7. Fasilitas Modern dengan Sistem Pengolahan Air Kotor

Fakta Kuala Kencana yang terakhir yaitu Kuala Kencana memiliki fasilitas yang sangat kompleks dan cukup modern. Selain sebagai kota pertama di Indonesia dengan sistem underground utilities, Kuala Kencana juga menjadi kota pertama di Indonesia yang memiliki sistem pengolahan air kotor.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru